ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
08 Oktober 2021

Tak Hanya Kaya Antioksidan, Inilah 7 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan

Antioksidan dalam buah goji berry dapat menjaga sistem imun pada tubuh dan melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas

Foto: shutterstock.com

Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Moms mungkin sudah tak asing lagi dengan goji berry, bukan?

Ya, goji berry merupakan buah yang telah lama dikenal kaya akan manfaat. Hal ini karena goji berry memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Menurut US National Library of Medicine goji berry banyak ditemukan di wilayah Asia, terutama wilayah barat laut China.

Secara tradisional, goji berry akan dimasak hingga keing sebelum dikonsumsi dan biasanya digunakan dalam sup Cina dan sebagai teh herbal.

Namun tak hanya itu, goji berry ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, lho, Moms.

Dengan potensi antioksidannya yang tinggi, goji berry dapat berperan dalam mengurangi stres oksidatif.

Sehingga memberikan banyak manfaat perlindungan kesehatan seperti mencegah radikal bebas merusak DNA, lipid, dan protein.

ADVERTISEMENT

Mari simak kandungan nutrisi dan manfaat goji berry selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

Kandungan Nutrisi Goji Berry

ADVERTISEMENT

Foto: goji berry.jpg (www.sunwarrior.com)

Foto: www.sunwarrior.com

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan, goji berry juga mengandung banyak vitamin dan mineral, berikut di antaranya:

ADVERTISEMENT

Buah goji berry juga mengandung delapan asam amino esensial. Dalam satu porsi goji berry berukuran 1 ons menyediakan hampir 10% protein untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein harian.

Untuk jenis buah, hal ini cukup mengejutkan dan Moms dapat memilih goji berry sebagai asupan protein yang sangat baik.

Kandungan serat atau karbohidrat kompleks yang lebih tinggi dalam goji berry, dapat membuat gula darah meningkat lebih lambat sehingga mengurangi risiko penurunan gula setelahnya.

Zat besi dalam goji berry adalah mineral penting yang terlibat dalam transportasi oksigen dan produksi sel darah merah.

Sementara itu, vitamin A dan C memainkan peran sentral dalam fungsi kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan merupakan senyawa yang membantu menetralkan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, jadi kerusakan sel dapat dicegah.

Studi Toxicology Reports menemukan, merawat sel dengan ekstrak goji berry secara signifikan dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi beberapa penanda stres oksidatif.

International Journal of Biomedical Science pun menunjukkan bahwa meningkatkan asupan antioksidan akan mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi kronis.

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Misalnya saja kanker penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: 19 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Goji Berry

Foto: 03_GojiBerry_Amazing-Benefits-of-Goji-Berries_157598057_baibaz-760x506.jpg (www.thehealthy.com)

Foto: www.thehealthy.com

Kandungan nutrisi yang sangat luar biasa membuat goji berry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat goji berry yang perlu Moms ketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

ADVERTISEMENT

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Mata

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari MedicalNewsToday, goji berry dipercaya sebagai buah yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

Hal ini karena goji berry dapat membantu penglihatan berkat kandungan antioksidan sehatnya yang sangat tinggi, terutama zeaxanthin.

Antioksidan yang sama juga dapat menghentikan kerusakan mata yang disebabkan sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif.

Satu studi yang dilaporkan dalam jurnal Optometry and Vision Science menemukan, lansia yang minum jus goji berry selama 90 hari meningkatkan zeaxanthin dan tingkat antioksidan lainnya secara signifikan.

Studi Drug Design, Development and Therapy juga menunjukkan goji berry melindungi retina dari sel ganglion yang bertanggung jawab atas glaukoma.

Glaukoma merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 7+ Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Rabun Jauh Lho!

2. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Imunitas

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang telah Moms ketahui sebelumnya, goji berry kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh.

Antioksidan juga dikenal karena kualitasnya yang dapat meningkatkan kekebalan dan kemampuannya untuk melawan radikal bebas hingga pembengkakan berbahaya.

Selain itu, goji berry mengandung banyak vitamin A dan C.

Vitamin A dan C ini sangat penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip laman WebMD, buah goji berry juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah PubMeds yang juga menemukan bahwa minum jus goji berry dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan kesehatan pencernaan.

Dalam studi ini, partisipan dewasa yang sehat mengonsumsi 120 mililiter jus goji berry setiap hari atau minuman plasebo selama 14 hari.

Mereka menyelesaikan kuesioner untuk mencatat perasaan sejahtera, kesehatan neurologis dan psikologis, gejala muskuloskeletal, dan keluhan pencernaan dan kardiovaskular, serta efek samping jus setiap hari.

Para peneliti melakukan pengukuran untuk mencatat tekanan darah, massa tubuh, berat badan, denyut nadi, dan penglihatan setiap peserta sebelum dan setelah studi selama 14 hari.

Kelompok yang diberi jus goji berry melaporkan peningkatan energi, kemampuan untuk fokus, peningkatan kinerja atletik, ketajaman mental, dan perasaan tenang dan kepuasan pada hari ke-15.

Studi tersebut juga menunjukkan peningkatan kualitas tidur pada mereka yang mengonsumsi jus goji berry.

Selain itu, mereka juga tidak ada yang mengalami efek negatif terkait meminum jus tersebut.

Baca Juga: Sehat dan Lezat, Cari Tahu Manfaat Jus Seledri Ini Moms!

4. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan serat atau karbohidrat kompleks yang tinggi dalam goji berry dapat membuat gula darah meningkat lebih lambat sehingga mengurangi risiko penurunan gula setelahnya.

Hal ini pun membuat goji berry dapat membantu dalam mengontrol pelepasan gula ke dalam darah.

Medicinal Chemistry Shariqah menunjukkan bahwa goji berry dapat menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

Tak hanya itu, studi yang sama juga mengaitkan goji berry dengan peningkatan kadar HDL pada orang dengan diabetes tipe 2. HDL dikenal sebagai kolesterol baik.

Baca Juga: Diabetes pada Anak, Kenali Tanda dan Risiko Komplikasinya sejak Dini

5. Goji Berry Kaya akan Serat

Foto: GojiBerries.jpg (www.standard.co.uk)

Foto: www.standard.co.uk

"Goji berry kaya akan serat, nutrisi yang 95 persen tidak tercukupi oleh orang Amerika ," kata ahli gizi yang berbasis di Los Angeles, Mascha Davis, MPH, RD, seperti yang dikutip dari laman The Healthy.

Serat dalam goji berry memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko kanker tertentu dan membantu mengurangi serta menghilangkan kelebihan kolesterol.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Buah Berry untuk Camilan Balita

6. Memiliki Kadar Zat Besi Tinggi

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Wanita

Foto: Orami Photo Stock

"Buah beri ini juga merupakan sumber zat besi yang baik," kata Davis.

Tiga sendok makan goji beri kering menyediakan sekitar 3 mg atau 15 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention anemia dan defisiensi zat besi adalah salah satu kekurangan yang lebih umum di A.S., terutama di kalangan wanita.

Tak hanya pada wanita di Amerika Serikat, banyak wanita di negara lain juga mengalami masalah yang sama.

Padahal, seluruh wanita di dunia membutuhkan asupan zat besi yang cukup karena mereka kehilangan banyak darah saat periode menstruasi.

Perlu Moms ketahui bahwa wanita dari usia 19 hingga 50 tahun perlu mendapatkan 18 mg zat besi setiap hari.

Sedangkan pria pada usia yang sama sebaiknya mendapatkan zat besi sebanyak 8 mg.

"Menambahkan goji berry ke dalam makanan Anda bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan mineral penting ini," tambah Davis.

Baca Juga: Anemia saat Menstruasi, Kenapa Bisa Terjadi?

7. Merawat Kecantikan Kulit

Foto: Manfaat Goji Berry untuk Kecantikan Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang cukup familiar dengan beragam produk perawatan kulit mungkin sudah tidak asing dengan kandungan goji berry di dalamnya.

Goji berry mengandung beta-karoten, yang merupakan fitokimia tanaman penting.

Beta-karoten dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Jadi, ekstrak goji berry memang banyak digunakan sebagai bahan baku dalam produk skincare.

Beta-karoten adalah bahan yang biasanya digunakan dalam krim kulit.

Tujuannya, untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi iritasi kulit, mengelola efek sinar matahari, dan mengelola dampak penuaan.

Itulah manfaat dari buah goji berry yang bisa Moms dapatkan jika mengonsumsinya.

Buah berwarna oranye kemerahan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, bukan?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6343173/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5977381/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614697/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322693#seven-scientifically-proven-benefits
  • https://journals.lww.com/optvissci/Abstract/2011/02000/Goji_Berry_Effects_on_Macular_Characteristics_and.12.aspx
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25552899
  • https://www.webmd.com/diet/goji-berries-health-benefits-and-side-effects
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18447631/
  • https://www.thehealthy.com/nutrition/amazing-benefits-of-goji-berries/
  • https://www.cdc.gov/nutrition/micronutrient-malnutrition/micronutrients/index.html

Sebelumnya

Stres Oksidatif: Pengertian, Penyebab, Bahaya, hingga Cara Mencegahnya
Dresyamaya Fiona • 08 Okt 2021

Selanjutnya

8 Cara Relaksasi Paling Ampuh untuk Meredakan Stres dan Penat
Anggia Hapsari • 09 Okt 2021

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT