13 Januari 2023

13+ Manfaat Kopi untuk Tubuh, Bukan Cuma untuk Meningkatkan Energi, Lho!

Pastikan tidak minum berlebihan juga, ya!
13+ Manfaat Kopi untuk Tubuh, Bukan Cuma untuk Meningkatkan Energi, Lho!

Bagi Moms pecinta kopi, tentu ingin mencari tahu seperti apa manfaat kopi untuk kesehatan dan juga ginjal.

Apalagi, banyak yang beranggapan bahwa kopi memberikan efek tertentu pada ginjal.

Dalam jurnal Planta Medica, para peneliti telah melihat manfaat minum kopi untuk kondisi seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit radang usus, dan penyakit hati.

Kopi mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, di antaranya riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Beberapa ahli juga menyarankan bahwa kandungan dalam kopi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia dengan berbagai cara.

Mari simak apa saja manfaat kopi untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Kopi sebelum Olahraga!

Manfaat Kopi untuk Ginjal

Perempuan minum kopi (Orami Photo Stocks)
Foto: Perempuan minum kopi (Orami Photo Stocks) (Freepik.com/author/pressfoto)

Apakah benar ada manfaat kopi untuk penderita penyakit ginjal? Sebab, mitos yang beredar, kopi justru buruk untuk kesehatan ginjal.

Ketika orang mengetahui bahwa mereka memiliki penyakit ginjal dan harus melakukan perubahan pola makan, salah satu pertanyaan pertama yang mereka tanyakan adalah, "apakah saya harus berhenti minum kopi?"

Jawaban utamanya adalah tidak. Kopi tidak membawa efek buruk untuk para pecinta kopi yang menderita penyakit ginjal.

Meskipun banyak yang menganggap bahwa mengonsumsi kopi memberikan dampak tertentu pada ginjal, ternyata justru ada manfaat kopi untuk ginjal, lho.

Cari tahu informasinya berikut ini.

1. Menurunkan Risiko Kematian

Moms, ternyata ada manfaat kopi untuk ginjal yang membuatnya direkomendasikan dokter untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Disease).

Menurut sebuah penelitian terbaru dalam Nephrology Dialysis Transplantation mengenai ginjal dan kopi, mengonsumsi lebih banyak kafein dapat menurunkan risiko kematian bagi pasien penyakit ginjal.

Para peneliti percaya bahwa dampak positif dari kafein terkait dengan efek vaskular, karena kafein telah diketahui meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Menurut penelitian baru yang melibatkan hampir 5.000 orang dengan penyakit ginjal kronis, kenaikan asupan kafein setiap hari mampu menurunkan kemungkinan kematian dini.

"Bahkan setelah mempertimbangkan faktor-faktor penting lainnya seperti usia, jenis kelamin, ras, merokok, penyakit lain dan diet," kata Miguel Bigotte Vieira, salah satu penulis utama penelitian dari North Hospital Hospital Center di Portugal.

Meskipun penelitian ini tidak dapat membuktikan sebab dan akibatnya, hal ini menemukan bahwa asupan kafein yang lebih besar dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih besar untuk orang dengan penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Simak Penjelasannya, Moms!

2. Merangsang Ginjal Mengeluarkan Cairan

Manfaat kopi untuk ginjal selanjutnya adalah sifat diuretiknya.Minuman satu ini merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak cairan, membuat penderita penyakit ginjal lebih butuh pergi ke toilet.

“Ini karena kafein mengganggu cara cairan diserap kembali ke dalam darah,” kata Profesor Chris Eden, konsultan urologis di Royal Surrey County Hospital di Guildford.

Kopi kaya akan oksalat, senyawa yang berikatan dengan kalsium dalam darah untuk membuat kalsium oksalat, komponen utama batu ginjal.

Menurut sebuah penelitian dalam Institute of Medicine Amerika Serikat, orang-orang dengan riwayat penyakit ginjal mengalami peningkatan kadar kalsium dalam urin mereka setelah minum 2 cangkir kopi setiap hari.

"Kopi adalah netral kesehatan bagi orang-orang yang sehat, tetapi perlu diperlakukan dengan hati-hati. jika Anda memiliki masalah kesehatan," kata Profesor Eden.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Secangkir kopi
Foto: Secangkir kopi (Freepik.com/teksomolika)

Selain bermanfaat untuk ginjal, ada juga manfaat kopi lainnya untuk kesehatan tubuh. Yuk, baca lebih lanjut manfaatnya berikut ini.

3. Meningkatkan Energi

Kopi telah lama dikenal sebagai pengusir rasa kantuk karena kemampuannya dapat meningkatkan energi.

Menurut jurnal Neuropsychobiology, kopi dapat membantu orang merasa kurang lelah dan meningkatkan tingkat energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein.

Setelah Moms minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan kemudian berjalan ke otak. Di otak, kafein memblokir adenosin neurotransmitter penghambat.

Ketika hal ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain, seperti norepinefrin dan hormon dopamin meningkat yang mengarah pada peningkatan penembakan neuron.

Selain itu, banyak penelitian yang menemukan bahwa kopi juga dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak.

Misalnya, memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi mental secara umum.

Baca Juga: Pecinta Kafein Wajib Tahu, Ini Dia Sejarah Kopi di Indonesia

4. Kopi Memberikan Rasa Bahagia

Satu studi dari beberapa tahun yang lalu menegaskan apa yang diyakini banyak dari kita secara intuitif: manfaat kopi adalah merupakan minuman yang memberikan kebahagiaan.

Mengutip Alpha Galileo, ditemukan bahwa minum kopi terkait dengan emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, ketenangan, dan kebahagiaan.

Temuan juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang terkait dengan konsumsi kopi.

Sementara, studi dalam jurnal Harvard lainnya terhadap lebih dari 50.000 wanita menemukan bahwa risiko depresi menurun saat konsumsi kopi berkafein meningkat.

Studi lain pada 208.424 orang yang dilakukan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk meninggal karena bunuh diri.

5. Meningkatkan Performa Fisik

Olahraga tangan
Foto: Olahraga tangan (Freepik.com/benzoix)

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang sistem saraf sehingga memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh yang membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar.

Selain itu, kopi juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang merupakan hormon fight-or-flight untuk mempersiapkan tubuh melakukan aktivitas fisik yang intens.

Penelitian dari International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%

Oleh sebab itu, banyak ahli yang menyarankan untuk tidak meminum kopi sebelum tidur karena bisa membuat Moms tetap terjaga semalaman.

Sebaliknya, minumlah kopi pada siang hari sebelum menghadapi aktivitas fisik yang intens, seperti sebelum pergi ke gym.

Minum kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi, kekuatan otot, daya tahan, dan kekuatan, serta meminimalisir rasa sakit.

Hal ini dapat membantu Moms olahraga dengan lebih semangat dan menghasilkan peningkatan kekuatan dan/atau daya tahan otot yang lebih baik.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Ini 11+ Manfaat Ampas Kopi dan Teh!

6. Kopi Mengandung Antioksidan

Biji kopi sebenarnya adalah biji di dalam buah kecil berwarna merah atau kuning cerah. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan.

Faktanya, satu penelitian dalam jurnal The Journal of Nutrition, menemukan manfaat kopi sebagai kontributor terbesar untuk asupan antioksidan.

Hal ini mungkin terjadi karena 65% orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka minum kopi.

Sementara hanya satu dari 10 orang yang mengonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari.

Meskipun demikian, antioksidan dalam kopi telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan.

Asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti mengurangi peradangan, dan mungkin memainkan peran kunci dalam perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

Selain itu, buah kopi juga bisa diubah menjadi kompos, atau dikeringkan dan diseduh sebagai teh. Itu juga digunakan dalam produk seperti minuman energi, karena buahnya juga mengandung kafein.

7. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sebuah meta-analisis tahun 2018 dari 30 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews, menyimpulkan bahwa manfaat kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Peneliti menemukan bahwa peluang terkena penyakit ini menurun sebesar 6 persen untuk setiap cangkir per hari peningkatan konsumsi kopi.

Para ilmuwan mengatakan kemungkinan alasannya termasuk efek antioksidan dan anti-inflamasi kopi, kemampuan meningkatkan pembakaran kalori, dan berdampak pada kandungan dan keragaman mikroba usus yang sehat.

Baca Juga: Efek Kopi Bikin Fokus, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Ahli

8. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Pasangan lansia
Foto: Pasangan lansia (Freepik.com/pressfoto)

Hampir dua pertiga orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer adalah wanita.

Menutip Hopkins Medicine, manfaat kopi yang mengandung kafein dapat memberikan perlindungan terhadap perkembangan kondisi Alzheimer, dengan minum dua cangkir kopi.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun ke atas yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia secara umum.

9. Mencegah Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, selaian Alzheimer. Penyakit ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak.

Sama halnya dengan Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui untuk mengatasi penyakit Parkinson. Oleh sebab itu, setiap orang perlu melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan minum kopi.

Studi yang dikutip dari Healthline menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko mulai dari 32-60%.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari American Journal of Epidemiology, penurunan risiko penyakit Parkinson ini terkait dengan kandungan kafein di dalam kopi.

Sementara itu, orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki risiko Parkinson yang lebih rendah.

Dalam jurnal Neurology juga disebutkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu mengontrol gerakan pada orang yang menderita penyakit Parkinson.

Jadi tak hanya mencegah, tetapi juga dapat meringankan gejala.

Baca Juga: Fantastis, Ini 5 Deretan Kopi Termahal di Dunia Mencapai Jutaan Rupiah!

10. Tidak Sebabkan Dehidrasi Jika Konsisten

Menuang kopi (Orami Photo Stocks)
Foto: Menuang kopi (Orami Photo Stocks) (Pexels.com/Burst)

Kafein telah lama dikritik karena berkontribusi pada dehidrasi karena efek diuretiknya, yang memicu kehilangan cairan.

Namun, penelitian terbaru dari Public Library of Science menunjukkan bahwa setelah sekitar 4 hari asupan kafein yang konsisten, tubuh bisa menyesuaikan, dan meniadakan efek dehidrasi.

Triknya untuk merasakan manfaat kopi ini adalah, Moms harus konsisten.

Dengan kata lain, jika Moms terkadang minum 1 cangkir kopi di pagi hari, terkadang 3, atau jika sesekali minum kopi di sore hari, Moms mungkin merasakan efek samping diuretik, seperti sakit kepala dan energi rendah.

11. Menurunkan Risiko Kanker

Siapa sangka, minum kopi juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Menurut Cleveland Clinic, para peneliti telah menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker hati dan kanker kolorektal, yang merupakan dua penyebab utama kematian akibat kanker di dunia.

International Journal of Cancer menyebutkan bahwa, peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah.

The American Journal of Clinical Nutrition yang melakukan penelitian pada 489.706 orang juga menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Minum kopi sambil bekerja
Foto: Minum kopi sambil bekerja (Freepik.com/freepik)

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, ada juga manfaat kopi untuk kecantikan. Mengutip Ipsy, simak daftarnya berikut ini.

12. Sebagai Eksfolian Alami

Alih-alih membuang bubuk kopi, tambahkan bubuk kopi tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Manfaat kopi untuk kulit dapat sangat efektif dalam mengelupas sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi munculnya selulit.

Terakhir, kopi juga dapat digunakan untuk mengelupas area sensitif yang rentan pecah-pecah, seperti bibir, dengan lembut.

Moms bisa membuat campuran bubuk kopi dan minyak kelapa agar bibir tetap lembut dan kenyal, dan cobalah untuk tidak tergoda untuk memakan scrub saat mengoleskannya.

13. Dapat Mengurangi Lingkaran Hitam

Masker kopi
Foto: Masker kopi (Freepik.com/wayhomestudio)

Jika Moms memiliki lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, maka coba gunakan kopi. Ada manfaat kopi untuk mengurangi lingkaran hitam mata.

Alih-alih menggunakan lebih banyak concealer, pertimbangkan produk dengan kafein. Kafein dalam kopi meningkatkan sirkulasi dan bekerja untuk mengencangkan kulit.

Itulah mengapa sangat efektif untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga: Manfaat Kopi Hijau untuk Diet, Mitos atau Fakta?

14. Memiliki Efek Anti Penuaan

Moms mungkin sadar telah memiliki tanda penuaan yang terlihat, seperti bintik freckles, kemerahan, dan garis halus. Hebatnya, manfaat kopi dikaitkan dengan pengurangan efek penuaan dini.

Namun, ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, ya.

Studi dari National Institutes of Health mengungkapkan, takaran minum kopi yang aman setiap hari setidaknya tiga cangkir kopi.

Selain itu, perhatikan juga kandungan gula yang dimasukkan ke dalamnya.

15. Menenangkan Kulit yang Meradang

Jika Moms memiliki kulit kemerahan dan peradangan, maka manfaat kopi dapat membantu menenangkan kulit yang radang.

Berkat kandungan flavonoid dalam kopi, Moms dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan mendapatkan kesehatan yang optimal.

Flavonoid adalah antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit karena membantu mencegah kulit terbakar dan penuaan dini.

Namun, juga bisa mengatasi kemerahan yang bisa diakibatkan karena terlalu lama di bawah sinar matahari atau merupakan reaksi alergi.

Baca Juga: 9 Resep DIY Masker Kopi, Bikin Wajah Kencang dan Awet Muda, Yuk Coba!

Pedoman Minum Kopi yang Tak Berlebihan

Minum kopi bersama teman
Foto: Minum kopi bersama teman (Freepik.com/tirachardz)

Moms sudah mengetahui apa saja yang menjadi manfaat kopi bagi ginjal dan tubuh. Namun, selalu ingat agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

Cynthia Sass, MPH, RD, editor nutrisi kontribusi dari laman Health, menyarankan untuk menjaga konsistensi, dan jangan berlebihan.

"Minumlah tidak lebih dari 5 cangkir sehari (setara 2,5 cangkir ukuran grande dari Starbucks).

Hindari juga penambahan yang tidak diinginkan seperti pemanis buatan atau gula tambahan dalam jumlah besar," saran Cynthia.

Jika Moms minum kopi biasa, maka jangan gabungkan dengan stimulan lain, dan hentikan asupan kafein.

Setidaknya 5 jam sebelum tidur untuk mengoptimalkan tidur, meskipun bagi Moms itu tidak memengaruhi tidur.

Seperti banyak hal yang berhubungan dengan nutrisi, saran terbaik adalah mendengarkan tubuh.

"Jika Anda mencurigai bahwa kafein memicu beberapa efek yang tidak diinginkan atau membatasi kinerja Anda, maka cobalah kopi tanpa kafein.

Jangan lupakan konsumsi air, yang harus selalu menjadi minuman utama dan paling banyak dikonsumsi," tutupnya.

Sekarang, Moms sudah paham manfaat kopi untuk ginjal dan tubuh, bukan? Jadi, jangan takut untuk mengonsumsinya.

Namun, ingat, jangan sampai minum berlebihan juga, ya.

  • https://www.thieme-connect.com/products/ejournals/html/10.1055/s-0043-115007
  • https://academic.oup.com/ndt/article/34/6/974/5063554
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK56060/
  • https://www.alphagalileo.org/en-gb/Item-Display/ItemId/101364?returnurl=https://www.alphagalileo.org/en-gb/Item-Display/ItemId/101364
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3296361/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29590460/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14988447/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8604958/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8232842/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8604958/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15522854/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15657469/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/ijc.20989
  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-reasons-why-the-right-amount-of-coffee-is-good-for-you
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3886980/
  • https://www.nih.gov/news-events/news-releases/nih-study-finds-coffee-drinkers-have-lower-risk-death
  • https://health.clevelandclinic.org/the-health-benefits-of-coffee/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb