ADVERTISEMENT

KESEHATAN MENTAL
12 Januari 2021

Menyendiri Tak Selalu Menyedihkan, Ini Dia Manfaatnya!

Tidak selamanya sendirian itu berarti kesepian, lho
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Widya Citra Andini

Kesepian memang terasa menyedihkan, bahkan dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Namun, hal ini berbeda jika kita memutuskan untuk menyendiri.

Bahkan hal ini merupakan kegiatan yang baik, karena dapat memperbaiki hubungan sosial, meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri, serta membantu Moms dalam mengatur emosi sehingga dapat lebih baik menghadapi situasi yang merugikan.

"Bukan berarti kesendirian itu selalu baik, tetapi bisa jadi hal yang baik, jika kita terbuka untuk menolak beberapa ajakan yang tidak kita sukai,” tutur Thuy-vy Nguyen, asisten profesor di departemen psikologi di Universitas Durham, yang mempelajari tentang hal ini.

Dilansir dari jurnal artikel “Me time” sounds good, but when exactly? idealnya, me time yang kita butuhkan, jaraknya berkisar, dari 30 menit dalam total waktu 24 jam, dan minimal, butuh 5 kali waktu menyendiri.

Baca Juga: Jangan Ragu Lagi, Ini 10 Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri

Manfaat Menyendiri

Apa saja manfaat baik dari menyisakan waktu untuk sendiri? Simak yuk, Moms.

1. Kondisi Mental, Sosial, dan Emosi Menjadi Lebih Baik

ADVERTISEMENT

Foto: me time (theactivetimes.com)

Foto: Orami Photo Stock

Memilih untuk menyendiri dan melakukan hal yang Moms sukai, secara tidak langsung akan meningkatkan kondisi mental emosional, hingga sosial.

ADVERTISEMENT

Ketika Moms sering bingung saat merasa sendirian karena kesepian, kemampuan untuk menghargai waktu sendiri ini justru mencegah diri dalam memproses pengalaman sebagai hal negatif.

“Bahkan, bisa kita manfaatkan untuk mengisi ulang energi dan berefleksi untuk membantu kita menangani emosi dan pengalaman negatif dengan lebih baik, seperti stres dan kelelahan,” kata Emily Roberts, seorang psikoterapis.

2. Bisa Meningkatkan Kreativitas

Foto: manfaat me time

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Menurut Susan Cain, penulis buku Quiet, mengatakan kepada Scientific American, memiliki waktu sendiri akan meningkatkan kreativitas.

"Kesendirian adalah unsur penting (namun juga disepelekan) untuk kreativitas,” jelasnya.

Sementara brainstorming sering disebut-sebut sebagai solusi untuk menghasilkan ide-ide kreatif, beberapa dekade penelitian menunjukkan bahwa hal ini justru dapat berubah menjadi bumerang.

Orang mungkin merasa terbatas dalam kelompok, khawatir tentang apa yang orang lain akan pikirkan tentang ide-ide mereka, atau tidak termotivasi untuk mengeksplorasi sesuatu secara mendalam.

Sendiri, baik itu di rumah, di kafe, di jalan, atau di alam justru akan membuka pikiran Moms untuk menemukan ide baru.

Baca Juga: Tips Berdamai dengan Diri Sendiri, Bantu Tenangkan Jiwa dan Pikiran

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Foto: memiliki waktu sendiri

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari jurnal American Psychological Association saat Moms bekerja berkelompok, mungkin berupaya lebih sedikit untuk menghafal informasi karena diri sendiri hanya berasumsi bahwa orang lain dalam kelompok itu akan mengisi kekosongan, sebuah fenomena yang dikenal sebagai social loafing.

Namun, mengerjakan hal-hal sendirian dapat membantu Moms dalam memusatkan perhatian, yang dapat meningkatkan retensi serta daya ingat.

Oleh karena itu, coba lakukanlah hal-hal yang Moms sukai ketika waktu luang atau saat istirahat.

Dengan begitu, Moms bisa membuat otak lebih rileks dan merasa lebih baik untuk fokus menemukan solusi.

Sementara jika Moms terlalu memaksakan diri untuk fokus menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah, sering kali tidak menemukan apa-apa dan justru hanya membuat diri merasa lelah.

4. Mengurangi Stres dan Jadi Lebih Rileks

ADVERTISEMENT

Foto: manfaat menyendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat meluangkan waktu untuk menyendiri juga dapat mengurangi stres sehingga Moms pun bisa menjadi lebih rileks.

Hal ini karena me time membuat Moms menjadi lebih tenang dan tidak akan terburu-buru dalam menjalani rutinitas.

Jadi, usahakan untuk meluangkan waktu sejenak untuk bernapas dan mengisi ulang kembali daya tubuh Moms, ya.

Jangan sampai Moms terus berada di bawah tekanan terus-menerus karena hal tersebut akan meningkatkan tingkat stres dan akhirnya menyebabkan kelelahan.

Dengan mengurangi stres, daya tahan tubuh Moms pun akan menjadi lebih kuat.

Hal ini karena berdasarkan penelitian di bidang psikoneuroimunologi (ilmu yang mempelajari pengaruh pikiran terhadap kesehatan dan ketahanan terhadap penyakit), saat stres, tubuh lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

ADVERTISEMENT

Selain itu, me time dapat mencegah dan meredakan nyeri kronis. Pasalnya, stres terus-menerus cenderung menyebabkan sakit dan nyeri.

Maka, penting bagi Moms untuk membiarkan tubuh beristirahat dan memulihkan diri.

Baca Juga: Pentingnya Me-Time untuk Kebahagiaan Moms

5. Membuat Diri Sendiri Lebih Produktif

Foto: produktif

Foto: Orami Photo Stock

Dengan menyediakan waktu luang untuk diri sendiri, Moms pun memiliki kesempatan untuk melepaskan diri sedikit dari rutinitas yang padat dan mengambil napas sehingga akan mulai berpikir dengan pikiran yang lebih jernih.

Pada akhirnya, Moms akan menjadi lebih berenergi, termotivasi, dan produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Diri Moms pun akan lebih siap untuk bekerja.

ADVERTISEMENT

Sebaliknya, jika tubuh Moms selalu diforsir untuk bekerja tanpa jeda, hal tersebut justru memicu kelelahan yang dapat menurunkan efektivitas kerja.

Ingatlah bahwa otak manusia tidak dibangun untuk fokus dalam jangkat waktu yang lama. Moms perlu istirahat secara teratur jika ingin tetap produktif.

Maka, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan saat waktu istirahat agar tubuh Moms kembali segar dan siap untuk mengerjakan sesuatu.

6. Mencegah Munculnya Pikiran Negatif

Foto: me time membuat bahagia

Foto: Orami Photo Stock

“Ketika kita berada pada tingkat stres yang tinggi tanpa turun, itu mempengaruhi kemampuan kita untuk berpikir dan kita cenderung menggunakan distorsi kognitif. Kita cenderung berpikir dengan cara yang lebih negatif,” jelas Elizabeth Lombardo, Ph.D.

Bahkan tak jarang, munculnya pikiran negatif memicu seseorang untuk melakukan hal-hal yang negatif juga. Misalnya, cenderung beralih ke alkohol dan perilaku merugikan lainnya.

Oleh sebab itu, Moms membutuhkan waktu luang untuk menyendiri agar tidak memiliki pikiran negatif yang bisa memengaruhi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Jadi, cobalah pertimbangkan untuk melakukan hal-hal yang disukai di sela-sela rutinitas Moms. Dengan demikian, kebutuhan emosional Moms tersalurkan dengan baik dan akan lebih berpikir positif.

Baca Juga: 7 Kumpulan Doa untuk Diri Sendiri, Wajib Diketahui!

7. Bantu Menemukan Diri Sendiri

Foto: me time bisa menemukan diri sendiri (123rf.com)

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms meluangkan waktu untuk menyendiri, hal ini dapat membantu Moms dalam menemukan diri sendiri.

Misalnya, menyadari seberapa berharga diri Moms. Moms juga akan bisa menemukan hobi yang mungkin selama ini tak pernah terpikirkan.

Dengan begitu, Moms pun akan merasa lebih bahagia karena menemukan nilai dalam diri sendiri.

8. Meningkatkan Hubungan dengan Orang Lain

Foto: Me time meningkatkan kualitas hubungan

Foto: Orami Photo Stock

Menyisihkan waktu untuk menyendiri di tengah rutinitas harian juga dapat membantu Moms memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Pasalnya, dengan menghilangkan stres yang terpendam melalui me time kemungkinan besar Moms akan memiliki lebih sedikit keluhan sehingga dapat lebih fokus pada hal-hal positif ketika berkumpul atau pergi bersama teman dan keluarga.

Dengan demikian, Moms bisa meminimalisir terjadinya konflik dengan orang lain. Selain itu, me time akan membuat Moms lebih menghargai diri sendiri.

Baca Juga: 10 Tempat Menyendiri di Jakarta yang Cocok untuk Menikmati Kesendirian

Itu dia Moms, beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika meluangkan waktu untuk me time di sela-sela rutinitas harian. Jadi, menyendiri tak selalu berarti kesepian dan menyedihkan.

  • https://www.health.harvard.edu/blog/me-time-sounds-good-but-when-exactly-2018020513212
  • https://psycnet.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Fbul0000071
  • http://www.howto-simplify.com/2016/02/5-reasons-to-schedule-me-time.html
  • https://www.nymetroparents.com/article/me-time-is-good-for-health-and-relationships
  • https://www.awards4u.com/blog/4-benefits-me-time

Sebelumnya

Benarkah Board Games dapat Mencegah Penurunan Kognitif?
Sabrina • 27 Okt 2020

Selanjutnya

Mengenal Philophobia alias Fobia Jatuh Cinta: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Agnes • 23 Apr 2021

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT