ADVERTISEMENT

OLAHRAGA & KEBUGARAN
06 November 2022

12 Manfaat Yoga Ashtanga, Bantu Tubuh Menjadi Lentur

Bisa mengecilkan perut
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Budhi

Yoga adalah salah satu bentuk olahraga yang dilakukan untuk menenangkan pikiran. Salah satu jenisnya adalah yoga ashtanga.

Sebagian orang mungkin merasa asing mendengar istilah yoga satu ini.

Apakah yoga ashtanga itu? Lalu, apa manfaatnya untuk kesehatan dan tubuh kita? Yuk, ketahui bersama, Moms.

Baca Juga: 9 Manfaat Hot Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Yoga Ashtanga

Diambil dari bahasa Sansekerta, yoga ashtanga artinya tungkai tubuh yang berjumlah 8.

Di mana pada gerakan yoga ini, membutuhkan gerakan tubuh dan gaya pernapasan untuk melatih fisik menjadi lebih stabil.

ADVERTISEMENT

Tentunya, ada beragam manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan olahraga satu ini.

Berikut di bawah ini manfaat-manfaat dari yoga ashtanga, seperti:

1. Menguatkan Kekuatan Otot Kaki

Foto: Kaki (Orami Photo Stocks)

ADVERTISEMENT

Gerakan yoga satu ini manfaatnya dapat dirasakan bagi wanita yang menjelang pramenopause.

Journal of Sport Sciences & Medicine menemukan bahwa, sejumlah wanita merasakan ada peningkatan kekuatan pada otot kakinya. Hal ini diketahui dari latihan yoga ashtanga 2 kali dalam seminggu.

Terlihat, otot kaki mereka menjadi lebih kencang dibandingkan yang tidak melakukan yoga.

Pastinya ini menjadi impian setiap wanita untuk memiliki kaki yang kencang bukan, Moms?

ADVERTISEMENT

2. Pola Makan Lebih Teratur

Foto: Pola Makan Sehat (Orami Photo Stock)

Memiliki tubuh yang ideal pasti menjadi keinginan setiap orang.

Nah, manfaat yoga ashtanga kali ini dikaitkan dengan pola makan yang menjadi lebih teratur, lho!

Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa sebagian besar wanita kulit putih yang melakukan yoga secara teratur, pola makannya menjadi lebih terjadwal.

Artinya, tubuh dapat memberikan sinyal kapan waktu yang tepat untuk lapar atau tidak.

Tentunya, ini dibarengi dengan kesadaran dan niat penuh dari dalam diri, Moms.

Yuk, rasakan manfaat ini sebagai alternatif program diet yang sedang dijalani.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 10 Wisata Bandungan Semarang yang Paling Hits

3. Meningkatkan Fleksibilitas

Foto: Pose Yoga (yogadailytips.com)

Seperti diketahui, manfaat yoga ashtanga secara bertahap akan meningkatkan fleksibilitas tubuh dari waktu ke waktu.

Ini tidak dapat diperoleh dalam waktu yang singkat ya, Moms.

Fleksibilitas tubuh akan meningkat setelah beberapa minggu latihan yoga secara rutin.

Tidak bisa menyentuh jari kaki sendiri? Yoga ashtanga dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel.

Ingat, selalu 'dengarkan' kemampuan diri sendiri dan jangan dipaksakan, ya.

ADVERTISEMENT

4. Lebih Fokus Berkonsentrasi

Foto: Perempuan Bekerja (Orami Photo Stocks)

Yoga ashtanga adalah olahraga yang terbilang ampuh untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya yakni meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada otak.

Kesulitan berkonsentrasi dalam bekerja tak boleh disepelekan, Moms. Mungkin, pemicunya karena tubuh kurang bergerak atau berolahraga.

Nah, manfaat yoga ashtanga satu ini bisa dirasakan jika melakukannya secara rutin.

Gerakan yoga dengan ritme yang stabil akan melancarkan aliran darah di dalam tubuh, terutama yang menuju otak.

5. Mengurangi Gejala Depresi

ADVERTISEMENT

Foto: Depresi (Orami Photo Stocks)

Studi yang diterbitkan dalam Springer Link menemukan bahwa melakukan yoga ashtanga 2 kali dalam seminggu dapat menjaga kesehatan mental.

Hal ini dapat mencegah kita dari gejala depresi. Apa sajakah gejala dari seseorang yang mengalami depresi? Berikut rinciannya:

Untuk merasakan khasiat ini, lakukan latihan yoga dengan rutin selama 9 minggu untuk tahapan pertama, Moms.

6. Mengatasi Sakit Punggung

Foto: Sakit Punggung Tengah (Orami Photo Stocks)

Manfaat yoga ashtanga lainnya adalah dapat mengatasi gejala sakit pada anggota tubuh.

Sakit punggung adalah salah satu penyakit yang sering dialami sejumlah orang.

Pemicunya bisa beragam, seperti terlalu lama duduk, kurang bergerak, cedera ataupun pengaruh gaya hidup.

ADVERTISEMENT

Nah, dengan melakukan gerakan yoga ini, dapat mengatasi nyeri akibat sakit punggung.

Baca Juga: Mengenal Meditasi, Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Stres, Yuk Coba!

7. Menjaga Fungsi Saraf

Foto: Duduk dengan Nyaman (Orami Photo Stocks)

Saraf adalah salah satu jaringan dalam tubuh yang tidak bisa dilihat dengan kasat masa.

Meskipun begitu, kesehatan saraf juga perlu menjadi perhatian kita.

Manfaat dari yoga ashtanga berikutnya ini dapat mengontrol gerakan tubuh, pola napas, serta menenangkan sistem saraf pusat.

Secara tidak langsung, khasiatnya dapat mencegah kita dari berbagai jenis gangguan saraf.

Selain itu, saraf yang stabil akan berpengaruh pada fungsi kerja jantung dan tekanan darah yang lebih baik.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Foto: Periksa Tekanan Darah (Orami Photo Stocks)

Dalam yoga ashtanga, adanya teknik pernapasan yang dikenal sebagai Ujjayi.

Ini merupakan cara bernapas dengan menggunakan belakang tenggorokan dan hidup yang ditarik bersama-sama.

Gaya pernapasan ini akan menciptakan suara seperti 'angin'.

Nah, setiap embusan napas ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan tenang.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa gerakan ini dapat menurunkan tekanan darah dari waktu ke waktu.

9. Mengurangi Cedera

Foto: Kaki Sakit (Orami Photo Stocks)

Ashtanga membuat tubuh menjadi lebih kuat, fleksibel, dan rentan cedera dalam beraktivitas.

Seiring bertambahnya usia, tubuh menjadi lebih rentan terhadap cedera bukan?

Nah, manfaat yoga ashtanga ini dapat membuat tubuh menjadi tetap bugar dan mencegah kita dari kemungkinan cedera.

Ini sekaligus dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

10. Meningkatkan Energi Spiritual

Foto: Gerakan Yoga (Orami Photo Stocks)

Mengulangi pose yang sama dalam urutan yang benar, manfaatnya tidak hanya untuk fisik, lho.

Yoga ashtanga dapat membangkitkan energi spiritual dalam diri kita, Moms.

Seperti diketahui sebelumnya, gerakan yoga ini membutuhkan 8 anggota tubuh untuk bergerak.

Nah, 4 anggota badan pertama mengajari tubuh untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar.

Sedangkan, 4 anggota badan lainnya meningkatkan cara kita berkomunikasi dengan 'pikiran' dan diri sendiri.

Ketenangan batin akan terasa apabila melakukan yoga dengan teratur dan benar.

11. Menjaga Kesehatan Organ Vital

Foto: Ilustrasi Jantung Sehat (Orami Photo Stocks)

Manfaat lain dari yoga ashtanga yakni untuk menjaga kesehatan fungsi organ vital kita, Moms.

Secara tak langsung, ini mencegah kita dari berbagai penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Gaya pernapasan yang benar akan membantu detak jantung bergerak lebih stabil.

Tak perlu menghabiskan waktu terlalu lama. Cukup lakukan gerakan yoga setiap 30 menit per minggunya, ya.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi Pernikahan Outdoor, Salah Satunya Rustic!

12. Menurunkan Berat Badan

Foto: Berat Badan Ideal (Orami Photo Stocks)

Tahukah Moms, bahwa gerakan yoga dapat membakar lemak dalam tubuh?

Manfaat yoga ashtanga ini yakni sebagai salah satu cara dalam menurunkan berat badan dengan stabil.

Karena banyak mengandalkan kekuatan otot, tentu ini baik dalam 'membuang' lemak di sekitar perut kita.

Ini adalah impian setiap wanita untuk memiliki postur tubuh yang ideal, bukan?

Bagaimana Moms, semakin tidak sabar untuk mencoba gerakan yoga ashtanga?

Lakukan dengan ahlinya untuk mengurangi cedera yang mungkin ditimbulkan saat latihan, ya.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3737865/
  • https://jandonline.org/article/S0002-8223(09)00628-2/fulltext
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s12671-017-0703-4

Sebelumnya

10 Unsur Kebugaran Jasmani dan Latihan untuk Meningkatkannya
Rizky • 31 Okt 2022

Selanjutnya

12 Gerakan Senam Lantai, Termasuk Sikap Lilin, Roll Depan, Roll Belakang, hingga Kayang
Defara Millenia • 07 Nov 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT