24 April 2018

Mengajarkan Anak Merawat Barang-barangnya

Anak harus mulai belajar bertanggung jawab
Mengajarkan Anak Merawat Barang-barangnya
mengajarkan anak merawat barang
Foto: mengajarkan anak merawat barang

Apakah barang-barang milik si kecil selalu hilang atau rusak? Itu tandanya buah hati Moms belum belajar untuk merawat barang-barang pribadinya. Padahal, merawat barang-barangnya adalah sebuah bentuk tanggung jawab dan rasa syukur sudah diperbolehkan punya barang tertentu. Lalu bagaimana caranya agar anak lebih berhati-hati dan bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya? Ini dia tips-tips yang bisa langsung Moms terapkan!

  1. Ingatkan Anak Apa Saja Tanggung Jawabnya

Kalau anak minta dibelikan pensil warna baru, ingatkan sebelum membeli barang tersebut bahwa anak harus menjaganya baik-baik. Tidak boleh hilang dan tidak boleh dirusak. Ingatkan kalau Moms mau membelikan si kecil pensil warna karena Moms percaya padanya. Dengan begitu, sebelum minta dibelikan barang baru anakpun terbiasa berpikir ulang, apakah nanti ia akan mampu merawatnya?

  1. Berikan Konsekuensi Sepadan Kalau Anak Lalai

Kalau anak menghilangkan atau merusakkan tempat makannya tanpa sengaja, sebaiknya berikan konsekuensi atau hukuman yang sepadan. Tak perlu membentak-bentak anak. Cukup tegaskan bahwa Moms tidak mau lagi membelikannya tempat makan yang lucu.

Anak bisa membawa bekal ke sekolah dengan tempat makan seadanya. Kemudian perhatikan sikapnya. Bila anak sudah mulai menunjukkan perubahan, barulah Moms bisa ‘mencabut’ kembali hukuman tersebut.  

  1. Sediakan Tempat Khusus untuk Barang-barangnya

Supaya anak lebih semangat merawat barang-barang miliknya, sediakan tempat khusus untuk menyimpan hal-hal tertentu. Misalnya, laci khusus alat tulis anak, kotak mainan untuk menyimpan boneka si kecil, atau rak mini untuk memajang koleksi mobil-mobilan anak.

Dengan begitu, anak akan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab untuk merawat barang-barangnya. Nantinya anak juga akan merasa bangga dengan barang-barang yang berhasil ia jaga dengan baik.

  1. Ajari Anak Menghargai Barang

Bila selama ini Moms selalu memberikan barang-barang yang diinginkan si kecil tanpa usaha, tak heran kalau anak jadi teledor. Ia tak mengerti kalau untuk mendapatkan barang tersebut tak mudah. Maka, kalau anak minta dibelikan mainan, misalnya, jangan langsung kabulkan.

Dorong anak untuk menabung uang jajannya sampai ia bisa membeli mainan yang ia sukai. Setelah akhirnya membeli, anak pasti menjaga dan merawat mainan itu dengan baik karena ia sudah merasakan perjuangan mendapatkannya.

  1. Jadi Teladan yang Baik

Perhatikan, apakah selama ini Moms juga kesulitan merawat barang-barang Moms? Hati-hati, perilaku ini bisa dicontoh anak tanpa sadar, lho. Jadi sebaiknya Moms belajar lebih teliti saat menyimpan barang.

Bila Moms kehilangan sesuatu, jangan panik dan cari barangnya baik-baik. Dari sini anak akan belajar bagaimana caranya bersikap ketika ia merusak atau menghilangkan barang miliknya.

Itu dia berbagai tips yang bisa Moms contek untuk mengajarkan anak merawat barang. Moms punya tips jitu lainnya? Bagikan di bagian komentar, yuk!

(IA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb