30 Mei 2020

Asuh Anak Tanpa Pasangan? Tak Masalah! Ini Tips Jadi Single Parent

Jadi orang tua tunggal dapat menjadi sesuatu yang menantang
Asuh Anak Tanpa Pasangan? Tak Masalah! Ini Tips Jadi Single Parent

Menjadi seorang single parent di mana harus membesarkan anak sendirian bisa menjadi sebuah tantangan dan dapat membuat stres.

Namun, perlu diingat bahwa Moms atau Dads tidak sendiri. Ada cara untuk mengelola tantangan yang akan dihadapi saat harus mengasuh anak tanpa pasangan. Ketahui seperti apa tips menjadi single parent yang baik.

Perlu diketahui, bahwa bukan hal yang tidak mungkin bahwa meskipun Si Kecil tidak memiliki sosok ayah atau ibu, Si Kecil dapat dibesarkan menjadi anak yang bahagia dan sehat.

Mengutip Mayo Clinic, berikut beberapa tips menjadi single parent yang baik dan bijak dalam membesarkan anak.

Tantangan Umum Menjadi Single Parent

buat anak menjadi mandiri dengan 5 tips merawat rambut sendiri 1
Foto: buat anak menjadi mandiri dengan 5 tips merawat rambut sendiri 1

Membesarkan anak bisa sulit dalam situasi apa pun. Tanpa pasangan, sebagai orang tua tunggal Moms atau Dads memiliki tanggung jawab penuh untuk merawat anak setiap hari.

Menjadi orang tua tunggal dapat menghasilkan tekanan tambahan, stres dan kelelahan.

Mengutip American Psychological Association, orang tua tunggal mungkin merasa kewalahan oleh tanggung jawab dalam merawat anak-anak, mempertahankan pekerjaan, dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Jika orang tua terlalu lelah atau merasa terganggu untuk mendisiplinkan anak secara konsisten, masalah perilaku mungkin dapat muncul.

Baca Juga: Mengenal Pola Asuh Hyper Parenting Dan Dampaknya Bagi Anak

Tips Menjadi Single Parent dan Lebih Positif dalam Merawat Anak

Untuk mengurangi stres sebagai orang tua tunggal, Moms atau Dads dapat melakukan beberapa tips menjadi single parent berikut ini:

1. Tunjukkan Kasih Sayang

3- Do Kenalkan anak dengan pengasuh lain.jpeg
Foto: 3- Do Kenalkan anak dengan pengasuh lain.jpeg

Ingatlah untuk memuji Si Kecil. Pastikan ia mendapatkan kasih sayang, cinta dan dukungan tanpa syarat dari orang tua tunggalnya.

Sisihkan waktu setiap hari untuk bermain, membaca atau sekadar duduk bersama Si Kecil sehingga ia memiliki momen-momen yang menenangkan ketika bersama orang tuanya.

2. Buat Jadwal Terstruktur

Pelajari 5 Cara Asyik Membacakan Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur
Foto: Pelajari 5 Cara Asyik Membacakan Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur

Meskipun menjadi single parent penuh waktu dapat menyita banyak waktu, penting untuk menetapkan jadwal rutin dan terstruktur sebagai tips menjadi single parent.

Misalnya, seperti jadwal makan dan waktu tidur yang dijadwalkan secara teratur dan konsisten. Ini membantu anak tahu apa yang ia harapkan.

Baca Juga: Bisakah Pola Tidur Bayi Disesuaikan dengan Jadwal Normal?

3. Temukan Penitipan Anak yang Berkualitas

Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 01.jpg
Foto: Apa Beda Daycare dan Preschool Ini Dia 4 Penjelasannya 01.jpg (americanprogress.org)

Carilah pengasuh atau penitipan anak yang memenuhi syarat dan berada di lingkungan aman. Jangan mengandalkan anak yang lebih besar sebagai satu-satunya pengasuh bayi.

Selain itu, sebagai tips menjadi single parent, berhati-hatilah untuk meminta teman atau pasangan baru untuk mengawasi anak. Buat aturan jika memang diperlukan.

4. Tetapkan Batas dengan Tegas

rabun jauh pada anak
Foto: rabun jauh pada anak

Jelaskan aturan rumah kepada anak, seperti berbicara dengan hormat, dan tegaskan batas tersebut sebagai tips dalam menjadi single parent.

Moms atau Dads juga bisa bekerja sama dengan pengasuh lain dalam kehidupan Si Kecil untuk mendisiplinkan anak dengan lebih konsisten.

Evaluasi kembali batas-batas aturan yang sudah dibuat, seperti waktu bermain ponsel, atau menonton televisi, terutama ketika ia sudah mampu menerima lebih banyak tanggung jawab.

5. Jangan Lupa Merawat Diri Sendiri

self1.jpg
Foto: self1.jpg

Karena terlalu sibuk mengurus anak sendirian, jangan sampai Moms atau Dads lupa pentingnya merawat diri sendiri. Ini merupakan tips menjadi single parent yang mungkin kerap dilewatkan.

Hal sederhana seperti melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian, makan makanan yang sehat dan mendapatkan tidur yang cukup.

Atur waktu untuk melakukan aktivitas yang disukai atau bersama teman.

Baca Juga: Apa Itu Self Care dan Bagaimana Cara Melakukannya?

6. Tetap Positif

4 cara membesarkan balita dengan citra diri positif 1
Foto: 4 cara membesarkan balita dengan citra diri positif 1

Menjadi single parent, tidak apa-apa untuk jujur ​​dengan anak jika Moms atau Dads mengalami kesulitan dalam merawat anak, tetapi ingatkan dia bahwa semuanya akan menjadi lebih baik.

Beri anak tingkatan tanggung jawab yang sesuai usia, daripada mengharapkannya untuk dapat berperilaku seperti "orang dewasa yang kecil."

Dalam Journal of Social Sciences, mayoritas ibu tunggal melaporkan bahwa mereka merasa kesepian, tidak berdaya, putus asa, kurang identitas dan kurang percaya diri.

Namun, dengan menunjukkan cinta dan rasa hormat pada anak, berbicara jujur ​​dan tetap positif, Moms atau Dads dapat mengurangi stres dan membantu anak untuk berkembang, dan bisa menjadi single parent yang baik.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb