23 Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya dan Bulan Islam yang Lain

Berikut nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang cantik. Ada nama yang dikhususkan dengan bulan lain juga lho!
23 Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya dan Bulan Islam yang Lain

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa dalam agama Islam. Karenanya banyak orang tua yang mencari nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya.

Beberapa nama yang sesuai nama bulan seperti Ramadhan, Ramadhania, Ramadona, Romadon pun menjadi beberapa pilihan nama bayi lahir di bulan ramadhan beserta artinya.

Nah, jangan sampai nggak tahu, berikut nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya selain yang sudah disebutkan di atas!

Baca Juga: Moms, Ketahui 4 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya

nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya
Foto: nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya

Foto: Orami Photo Stock

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, ampunan dan juga karuniya. Berikut berbagai inspirasi nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya!

1. Yahya

Nama bayi lahir di bulan ramadhan beserta artinya yang sangat baik pertama adalah Yahya. Dalam sejarah Islam, Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria. Hal tersebut pun hadir dan dituliskan dalam Surat Maryam ayat 7.

Nabi Yahya sendiri dikaruniai oleh hikmah serta ilmu yang sangat banyak ketika ia masih menginjak usia anak-anak.

Dalam bahasa Arab sendiri, Yahya memiliki arti hidup. Nama Yahya sendiri adalah nama bayi lahir di bulan Ramadhan yang sering dipakai umat Islam dari waktu ke waktu.

2. Harun

Nama bayi lahir di bulan ramadhan beserta artinya yang baik nomor 2 adalah Harun. Harus sendiri adalah saudara nabi Musa.

Karuniya atau berkah yang diberikkan oleh Allah pada dirinya adalah kemampuan berbicara dan berdebat yang sangat baik.

Dalam bahasa Mesir Kuno, nama Harun sendiri memiliki arti prajurit kuat dan tangguh.

Dalam memberi nama bayi, Moms akan mendapat inspirasi dari banyak hal. Ada yang mendapat ide dari nama selebritis, pahlawan, karakter kartun, dan sebagainya. Pernahkah Moms yang muslim berfikir untuk memberi nama bayi berdasarkan bulan kalender islam?

Selain anti-mainstream, Moms juga harus berkreasi memadu padankan namanya agar sesuai dengan bulan lahir, peringatan kegiatan tertentu, dan tentunya lebih enak untuk didengar.

Baca Juga: Yuk Cek 30+ Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Sansekerta dengan Arti yang Indah!

3. Sanai

nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya
Foto: nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya (Foto: Shutterstock)

Foto: Orami Photo Stock

Nama bayi lahir di bulan ramadhan beserta artinya yang Indah nomor 3 adalah Sanai. Sanai adalah sebuah nama seorang penyair Islami yang berasal dari Persia. Sanai sendiri hidup di abad ke-11.

Sanai sendiri memiliki salah satu karya terbesar yang membuat relung hati umat Islam tersentuh dengan judul The Hadiqat Al Haqiqah.

Sanai sendiri memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membuat syair dan susunan kata yang indah dan memiliki makna mendalam.

Tokoh ini pun akhirnya membuat Sanai dikuliki sebagai guru para sufi Persia. Nah coco banget dijadikan sebagainama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang indah, bukan?

Nama Sanai sendiri pun berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kecerdasat atau cemerlang.

Jika Moms menginginkan anak laki-laki yang bisa menuliskan kata-kata indah menyejukan hati, nama ini bisa menjadi doa seumur hidup yang cocok.

4. Ramzah

Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang luar biasa lainnya adalah Ramzah. Ramadhan yang juga dikenal sebagai Ramzan adalah bulan yang sangat luar biasa tahun bagi umat Islam. Jika bayi perempuan Moms lahir selama bulan Ramadhan, Ramzah akan menjadi pilihan yang menawan yang memiliki arti "tanda" atau "simbol".

5. Rameez

Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang selanjutnya adalah Rameez. Sama seperti Ramzah, Rameez adalah nama versi laki-laki dari Ramzah.

Rameez adalah nama bayi yang terdengar indah untuk anak laki-laki Muslim yang berarti dihormati dan terhormat. Kedua nama tersebut terdengar indah dan layak disematkan sebagai nama untuk Si Kecil.

Ya, sama seperti Ramzah nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang luar biasa ini memiliki makna "simbol".

Doa yang sangat tepat jika Moms ingin Si Kecil tumbuh menjadi panutan, ya!

6. Daud

Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya
Foto: Nama Bayi Lahir di Bulan Ramadhan Beserta Artinya (shutterstock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang baik lain adalah Daud, Moms! Seperti yang sudah kita ketahui, bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat melantunkan ayat-ayat Al-Quran lebih sering.

Nabi Daud sendiri dikenal sebagai pribadi yang memiliki keberanian. Tak sampai sana, Nabi Daud sendiri memiliki kemampuan yang lain yakni suara yang sangat merdu.

Jika Moms ingin memiliki anak dengan suara merdu, Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang luar biasa inni bisa mejadi pilihan.

Daud sendiri secara etimologi dikenal sebagai anak laki-laki Islam yang memiliki arti sahabat tersayang.

Itu dia Moms beberapa nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya yang sangat luar biasa.

Nah, tahukah Moms, kalau aplikasi Orami Parenting memiliki fitur Baby Name Finder, lho! Di fitur Baby Name Finder ini, Moms bisa menemukan ribuan nama bayi menarik dengan ragam tema dan arti yang bisa Moms pilih. Coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

Nama Bayi Berdasarkan Bulan Islam yang Lain

Nah, usai mengetahui nama bayi lahir di Bulan Ramadhan beserta artinya, yuk ketahui nama bayi yang lahir di bulan lain. Apa saja rekomendasi nama bayi berdasarkan bulan Islam yang bisa Moms coba? Yuk kita lihat nama-namanya di bawah ini, Moms!

7. Reyah (Bulan Safar)

Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya bukan satu-satunya yang terbaik, Moms! Nama-nama di bulan Islam yang lain pun banyak yang memiliki arti indah.

Ketika kalender Islam dibentuk, bulan Safar dilambangkan dengan siulan angin sesuai dengan kondisi cuaca. Reyah, yang merupakan kata dari Al-Quran, adalah nama yang sangat cocok untuk anak perempuan dan laki-laki yang lahir di bulan Safar. Itu berarti angin dan kekuatan.

Menempatkan nama Safar sebagai nama bayi sesuai dengan bulan kalender Islam juga akan terdengar menarik, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Perempuan Islami Modern dari Huruf A, Cantik!

8. Rabiy (Bulan Rabiul Awwal)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Foto: Orami Photo Stock

Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat terkenal dalam Islam karena menunjukkan awal musim semi dan juga merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad (SAW).

Rabiy akan menjadi pilihan yang menggemaskan jika Moms menyukai pesona dan kegembiraan musim semi, tentunya sebagai salah satu inspirasi nama bayi berdasarkan bulan islam.

9. Sanie (Bulan Rabiul Tsani atau Rabiul Akhir dan Jumadi Tsani atau Jumadil Akhir)

Nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya bukan satu-satunya yang memiliki arti luar biasa, Moms! Sanie adalah nama pendek dan terdengar lembut yang berarti agung dan cemerlang dalam bahasa Arab.

Jika Si Kecil lahir di bulan ini, Sanie akan menjadi nama yang berharga untuk mendoakan kepribadiannya. Siapa yang tidak suka menyebut anak mereka brilian, meskipun dalam bahasa yang berbeda?

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Islami Berawalan Huruf C, Unik!

10. Khamis (Bulan Jumadil Awwal atau Jumadil Ula)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam (themuslimvibe.com)

Orami Photo Stock

Khamis, yang berarti "lima" dalam bahasa Arab adalah nama yang baik untuk anak-anak yang lahir di bulan Jumail Awwal, karena ini adalah bulan kelima dari kalender lunar Islam.

Nama bayi berdasarkan bulan islam yang satu ini adalah nama yang tidak biasa dan berarti baik yang diharapkan akan membuat kepribadian Si Kecil menonjol di antara teman-temannya yang lain, dan juga mudah dikenal.

11. Rajab (Bulan Rajab)

Mengetahui nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya tentu saja tidak cukup kan Moms! Sekarang saatnya untuk mengetahui nama baik pada bulan.

Tidak ada nama yang lebih baik dari Rajab selain Rajab sendiri untuk bulan ini.

Mengapa tidak memberi nama Si Kecil dengan nama Rajab jika bayi Moms lahir bertepatan dengan bulan itu? Selain menandakan bulan ketujuh, kata Rajab dalam bahasa arab juga berarti "hebat" dan "luar biasa".

Baca Juga: 10 Ide Nama Bayi Perempuan Islami dari Istri Nabi Muhammad SAW

12. Sha'aba dan Shaban (Bulan Sha'ban)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Sha'ban adalah bulan Islam yang paling penting karena memiliki Shab-e-Barat di dalamnya.

Jadi, jika Moms memiliki bayi perempuan, Moms dapat memberinya nama Sha'aba. Sha'aba berarti “bercabang” dan merupakan nama yang menggemaskan dan langka.

Shaban berasal dari Sha'aba sebuah kata kerja dalam bahasa Arab, dan merupakan nama pendek dan manis untuk anak laki-laki yang lahir di bulan ini.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami dari Anak-anak Artis Indonesia

13. Fitrah dan Fitri (Bulan Syawal)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Orami Photo Stock

Shawwal merupakan tanda mulainya hari Idul Fitri, yang karenanya tidak ada nama yang lebih baik dari Fitrah dan Fitri untuk bayi yang lahir di bulan Syawal.

Fitrah berarti sifat bawaan manusia yang sehat sedangkan Fitri berarti pembukaan (sesuatu). Moms bisa menggunakan kedua pilihan ini sebagai inspirasi nama bayi berdasarkan bulan islam.

14. Sakhr atau Sakhrah (Bulan Dzul Qa'dah)

Dzul Qa'dah adalah bulan suci Islam yang melarang perang dan merujuk pada gencatan senjata.

Rasulullah SAW tidak pernah melakukan perang apapun selama bulan ini.

Tidak ada yang lebih baik daripada menjaga nama yang berarti "perdamaian" dan "keamanan". Oleh karena itu, Sakhr untuk bayi laki-laki dan Sakhra untuk bayi perempuan adalah nama yang sempurna untuk memperingati bulan ini.

Baca Juga: 40 Nama Bayi Laki-laki Bertema Islami yang Unik dan Punya Arti Bermakna

15. Tawaf (Bulan Dzul Hijjah)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam (brookings.edu)

Foto: Orami Photo Stock

Karena Dzul Al Hijjah adalah bulan Islam yang paling suci dan penting dan berkaitan dengan ibadah haji, Tawaf adalah salah satu nama uniseks terbaik untuk bayi yang lahir pada bulan ini.

Tawaf berarti mengelilingi sekitar Kabah yang wajib dilakukan saat melakkukan ibadah haji. Tawaf adalah nama yang sangat lembut, religius dan bermakna.

16. Yasmin Soraya Sabina (Bulan Muharram)

Usai mengetahui nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya, tak ada salahnya untuk mengetahui nama bayi yang lahir di bulan Muharram.

Nama bayi berdasarkan bulan Islam di Muharram adalah Yasmin soraya sabina. Nama ini adalah kata Islami yang mampu juga dijadikan sebagai ide nama bayi perempuan 1 muharram Moms.

Arti namanya adalah perempuan dengan keindahan ahlak yang dimilikinya, memiliki nama yang dikenal harum diseluruh penjuru dunia dan pastinya memiliki paras cantik dan anggun.

17. Zakir Faisal Ridwan (Bulan Muharram)

solat.jpg
Foto: solat.jpg (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Nama bayi berdasarkan bulan Muharram lainnya untuk laki-laki ini memiliki makna laki-laki yang beriman kepada Allah yang selalu kuat dalam menjalankan ujian kehidupan serta merupakan laki-laki calon penjaga surga.

Arti ini didapatkan dari kata Zakir yang memiliki makna seorang yang beriman kepada Allah, Faisal memiliki arti kuat, sedangkan Ridwan adalah penjaga pintu surga.

Baca Juga: Yuk Cek 57 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Laki-laki dengan Arti yang Indah!

18. Nabilah Muharam Mawaddah (Bulan Muharram)

Moms juga bisa menggunakan susunan nama 3 kata yang islami dari Nabilah Muharam Mawaddah. Nabilah artinya cerdas, pandai, dan mahir; Muharam adalah bulan Muharam; sedangkan Mawaddah adalah kasih sayang.

Arti keseluruhan dari nama bayi berdasarkan bulan islam yang cantik ini yaitu anak perempuan lahirnya bertepatan dengan momen 1 muharram, menjadi anak cerdas dan penuh kasih sayang.

19. Aafia Hasna Karimah (Bulan Muharram)

Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam
Foto: Ide Nama Bayi Sesuai Bulan Kalender Islam

Foto: Orami Photo Stock

Nama bayi perempuan 1 muharram lainnya yang bisa Moms pilih adalah Aafia Hasna Karimah. Yang mana dimasing nama-nama ini punya arti yg sangat religius untuk sang buah hati. Arti namanya adalah anak perempuan yang diberikan raga nan sehat, sangat dermawan dan hidupnya dalam serba kecukupan.

20. Azlan Gohar Omar (Bulan Muharram)

Azlan Gohar Omar adalah nama islami yang keren untuk putra Moms. Nama ini bermakna laki-laki yang kuat seperti singa dan memiliki sikap yang sangat baik dan berharga bagaikan berlian serta memiliki umur yang panjang. Arti ini didapatkan dari kata Azlan yang memiliki makna singa, sedangkan Gohar bermakna berlian dan Omar berarti berumur panjang.

Nama Azlan Gohar Omar walaupun nama bayi berdasarkan bulan islam yang ada sejak dulu, nama ini cocok sekali untuk Moms yang tidak ingin nama bayi yang sudah sering digunakan. Nama ini pun juga termasuk nama yang tetap eksis walaupun digunakan di era modern seperti sekarang ini.

21. Syahida Bahithah Asyura (Bulan Muharram)

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan.jpg
Foto: Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan.jpg (Hello-pet.com)

Foto: Orami Photo Stock

Berikutnya Moms juga dapat menyelipkan nama anak perempuan 1 muharram dari nama Syahida Bahithah Asyura. Dari nama cantik ini mengandung sebuah doa anak perempuan yang dilahirkan di bulan muharram agar kelak bisa menjadi sosok wanita yang jujur, dapat diandalkan dan senantiasa mengajarkan hal dalam kebajikan.

Baca Juga: 49 Nama Bayi Perempuan Bernuansa Islami yang Indah dan Tidak Pasaran

22. Aidan Fakhrul Habib (Bulan Muharram)

Berikutnya ada Aidan Fakhrul Habib. Nama ini merupakan nama islami yang sangat modern, sehingga cocok untuk Moms yang ingin nama bayi tampak lebih kekinian.

Dalam bahasa Arab Aidan memiliki makna yaitu cerdas, sedangkan Fakhrul bermakna bangga dan Habib memiliki arti tercinta. Jika digabungkan, makna nama Aidan Fakhrul Habib yaitu seorang lelaki tercinta yang bangga karena lahir tepat 1 muharram dan memiliki sikap yang sangat cerdas di dalam kehidupannya.

23. Ashr untuk laki-laki dan Ashura untuk Perempuan (Bulan Muharram)

Muharram dianggap sebagai bulan yang sangat suci dalam Islam, dan hari kesepuluh yang memperingati meninggalnya Husain, cucu Rasulullah sering dikenal sebagai Ashura.

Ashura dan Ashr keduanya berarti "kesepuluh" dan "sepuluh" masing-masing. Jadi, jika Anda ingin memberikan nama yang tidak biasa kepada Si Kecil untuk mengingat pengorbanan para pemimpin Islam, Ashura adalah nama yang indah untuk anak perempuan dan Ashr adalah nama yang indah untuk anak laki-laki.

Moms juga bisa saja memberikan nama tengah Muharam sebagai nama unisex yang bisa disimpan sebagai nama tengah atau belakang.

Nama bayi berdasarkan bulan kalender Islam dan bulan Muharram ini cukup kreatif dan inspiratif ya Moms!

Nah itu dia nama bayi lahir di bulan Ramadhan beserta artinya dan juga bulan-bulan lain dalam kalender Islam.

Nah, tahukah Moms, kalau aplikasi Orami Parenting memiliki fitur Baby Name Finder, lho! Di fitur Baby Name Finder ini, Moms bisa menemukan ribuan nama bayi menarik dengan ragam tema dan arti yang bisa Moms pilih. Coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb