14 Oktober 2022

6 Obat Gusi Bengkak Alami yang Ampuh agar Cepat Sembuh

Ketahui selengkapnya obat gusi bengkak alami yang bisa diaplikasikan di sini!
6 Obat Gusi Bengkak Alami yang Ampuh agar Cepat Sembuh

Tahukah kamu jika ada obat gusi bengkak alami yang ampuh atasi masalah tersebut? Nah, berbagai obat ini tanpa bahan kimia, sehingga senantiasa aman untuk digunakan kapan pun. Untuk tahu lebih lengkapnya, baca di sini!

Baca Juga: 7 Jenis Antibiotik untuk Gusi Bengkak

Berbagai Obat Gusi Bengkak Alami yang Perlu Diketahui

obat gusi bengkak alami
Foto: obat gusi bengkak alami (nationaldentalcare.com.au)

Gusi yang bengkak adalah masalah yang cukup umum terjadi. Meski sepele, beberapa orang dapat kesulitan untuk makan saat mengalami gusi bengkak.

Berikut obat gusi bengkak alami yang dapat menjadi solusi untuk mengobati gusi yang bengkak.

Lalu, apa sih penyebab terjadinya gusi bengkak?

Banyak hal yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, seperti jamur, penumpukan plak, hingga cara menyikat gigi yang salah.

Bagi wanita, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, kehamilan, menopause, serta saat sedang menstruasi.

Namun, sebagian besar gusi bengkak disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga.

Moms dan Dads dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan mulut dengan cara menggunakan obat kumur, menghindari minuman beralkohol, dan menghindari produk yang mengandung tembakau.

Serta, hal yang paling utama adalah menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang tidak mengiritasi gusi, dan sikat secara perlahan.

Nah, berikut adalah beberapa obat gusi bengkak alami tersebut:

1. Air garam

air garam
Foto: air garam (chopra.com)

Cara paling mudah dan aman untuk mengatasi gusi yang bengkak adalah dengan berkumur air garam.

Ibu menyusui dan ibu hamil yang tidak boleh sembarangan minum obat dapat mencoba cara yang satu ini lho jika sedang mengalami gusi bengkak.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Lalu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, ulangi sebanyak 3 kali sehari.

Air garam memang sudah dikenal khasiatnya untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, begitu pula untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Larutan air garam yang digunakan untuk berkumur dapat mengubah kondisi mulut menjadi kering, sehingga bakteri penyebab sakit gigi tidak dapat berkembang dengan mudah.

Namun, tidak disarankan untuk terlalu sering berkumur dengan air garam ya Moms, karena dapat merusak enamel gigi.

Baca Juga: Obat Radang Gusi Alami dan yang Tersedia di Apotik!

2. Air lemon

Selain larutan air garam, air lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak alami lho Moms. Biasanya gusi yang bengkak disebabkan oleh gigi yang berlubang.

Nah, air larutan lemon ini bisa digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang tersebut. Kandungan asam pada lemon juga mampu membantu mengatur tingkat keseimbangan pH pada mulut.

Cara penggunaan air lemon ini mirip dengan air garam, cukup peras lemon, bisa 1 buah atau setengahnya. Kemudian, campurkan perasan lemon tersebut dengan segelas air hangat.

Gunakan larutan tersebut untuk berkumur, dan ulangi 2 hingga 3 kali dalam sehari.

3. Air rebusan jambu biji

Saat gusi bengkak, cara yang paling ampuh adalah dengan berkumur. Baik itu menggunakan air putih, maupun dengan campuran berbagai larutan.

Selain dengan air garam dan air lemon, air rebusan jambu biji juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Caranya adalah dengan merebus daun jambu biji lalu biarkan airnya hingga dingin. Kemudian gunakan cairan tersebut untuk berkumur.

4. Kunyit

kunyit
Foto: kunyit (medicalnewstoday.com)

Kunyit atau Curcuma Domestica adalah tanaman rempah yang banyak ditemukan di Asia.

Selain digunakan sebagai bumbu untuk masakan, ternyata kunyit juga memiliki banyak khasiat lain, seperti menghambat pertumbuhan tumor, mengobati sakit perut, menurunkan kolesterol, serta mencegah radang usus besar.

Namun ternyata, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak alami lho. Ada tiga cara penggunaan kunyit untuk mengatasi gusi yang bengkak, yaitu:

  • Mengoleskan pasta atau bubuk kunyit langsung ke area gusi yang bengkak. Biarkan menempel sekitar 5-10 menit, lalu bilas.
  • Berkumur dengan air kunyit. Gunakan larutan air kunyit untuk berkumur selama 30 detik atau lebih.
  • Minum teh kunyit. Caranya adalah dengan menambahkan bubuk kunyit pada minuman teh, cara ini cukup ampuh bagi yang tidak suka dengan aroma dan rasa kunyit.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat melindungi serta meringankan masalah mulut, lho. Salah satunya adalah untuk mengurangi peradangan pada gusi yang bengkak.

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area gusi yang bengkak, lakukan sambil memijat secara perlahan. Tindakan seperti ini bisa dilakukan beberapa kali sehari dan secara rutin.

Lidah buaya juga dapat mengontrol bakteri yang berkembang biak dalam mulut, sehingga dapat meningkatkan penyembuhan.

Baca Juga: Gusi Hitam, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

6. Kompres air hangat dan dingin

Cara terakhir yang termasuk obat gusi bengkak alami adalah kompres air hangat atau air dingin. Cara ini terbilang sangat aman karena tidak memakai bahan-bahan yang digunakan langsung di mulut.

Penerapannya adalah dengan mengompres area wajah (pipi) bagian luar dari gusi yang bengkak.

Bisa dengan menggunakan handuk atau waslap yang direndam di air hangat, atau bisa juga menggunakan kompres air es. Kompres sekitar 5 menit, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Pastikan untuk menerapkan obat gusi bengkak alami ini agar gangguan pada gigi lebih cepat sembuh. Pembuatan berbagai obat ini juga tidak mudah, sehingga bisa segera dilakukan saat dirasa gigi sedang tidak nyaman.

  • https://www.healthline.com/health/quick-relief-from-gum-pain#overview
  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-swollen-gums#home-care
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/326107

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb