24 April 2019

Obat Kedaluwarsa Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Yuk, cek kebenarannya Moms!
Obat Kedaluwarsa Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Kita pasti pernah diberikan obat oleh dokter atau membeli obat di apotek dan menemukan ada tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Kemudian, ketika sudah memasuki tanggal kedaluwarsa tersebut dan kebetulan kita sakit sehingga harus meminum obat tersebut kita jadi ragu untuk mengonsumsinya.

Namun, hal itu sekarang sudah tidak perlu Moms pertanyakan lagi karena kita pada dasarnya masih bisa mengonsumsi obat yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Berikut ini beberapa fakta tentang obat dengan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya.

1.Aman Mengonsumsi Obat yang Sudah Melewati Tanggal Kedaluwarsa

r0 115 2250 1385 w1200 h678 fmax
Foto: r0 115 2250 1385 w1200 h678 fmax

Foto: greatlakesadvocate

Satu hal yang pasti bahwa obat yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya aman untuk kita kon-sumsi. Bahkan, di dalam laporan yang diterbitkan di Journal of American Medical Association atau JAMA, obat-obatan dapat mempertahankan manfaatnya hingga 4 dekade lamanya.

Hal itu bahkan berlaku pada sebagian besar obat sehingga otoritas medis yang ada di dunia secara seragam menyatakan bahwa aman menggunakan obat yang sudah melewati tanggal kedaluwar-sanya.

Jadi, jangan takut mengonsumsi obat yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa ya Moms!

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

2.Arti Tanggal Kedaluwarsa pada Kemasan Obat

dreamstime m 98770365
Foto: dreamstime m 98770365

Foto: health.harvard.edu

Di Amerika Serikat (AS), tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan obat merupakan syarat hukum yang telah diberlakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA sejak tahun 1979.

Tanggal kedaluwarsa tersebut dapat diartikan sebagai tanggal produsen masih bisa menjamin potensi penuh dan keamanan obat. Penelitian dari FDA bahkan menemukan bahwa 90% dari 100 lebih obat-obatan baik dengan resep maupun tanpa resep masih bisa dengan baik dikonsumsi bahkan hingga 15 tahun setelah melewati tanggal kedaluwarsanya.

3.Manfaat Obat-Obatan yang Lewat Tanggal Kedaluwarsa Masih Terjaga

97e304f0 8d68 0133 f1eb 0e8e20b91aa1
Foto: 97e304f0 8d68 0133 f1eb 0e8e20b91aa1

Foto: monthlygift

Berbeda dengan makanan atau minuman yang apabila dikonsumsi melewati tanggal kedaluwarsanya akan menjadi racun bagi tubuh, obat-obatan justru sebaliknya. Segala macam manfaat dan kegunaan di dalamnya tidak akan tergerus meski sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Riset dari JAMA yang melibatkan analisis terhadap 8 obat berbeda dengan 14 bahan aktif berbeda menunjukkan kebenaran hal tersebut. Obat-obatan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa 28-40 tahun yang lalu itu terbukti masih memiliki bahan aktif sebesar 90%.

Itu artinya, obat-obatan yang tanggal kedaluwarsanya telah lewat ber-puluh tahun lamanya tidak kehilangan khasiatnya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

4. Jenis Obat yang Tidak Bisa Digunakan Melewati Tanggal Kedaluwarsa

051916 pillmill thumb large
Foto: 051916 pillmill thumb large

Foto: healthline

Meskipun beberapa penelitian menyatakan bahwa obat-obatan aman dikonsumsi setelah melewati tanggal kedaluwarsa, ada beberapa jenis obat yang tetap tidak boleh dikonsumsi jika sudah ked-aluwarsa.

Tetrasiklin yang merupakan antibiotik ini tidak bisa digunakan setelah melewati tanggal kedaluwar-sa. Pasalnya, antiobiotik tersebut akan kehilangan efektivitasnya setelah tanggal kedaluwarsa. Na-mun, para ilmuwan masih melakukan penelitian mendalam soal hal tersebut.

Jenis obat-obatan lainnya yang tidak bisa dikonsumsi setelah melewati tanggal kedaluwarsanya ada-lah Nitrogliserin yang diminum sebagai obat jantung. Kemudian Insulin dan Antibiotik cair.

Itu dia beberapa fakta tentang obat yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Penting halnya bagi Moms dan keluarga sekalian untuk tetap melakukan pertimbangan sebelum mengonsumsi obat yang sudah melewat tanggal kedaluwarsa ya.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb