07 Februari 2024

18 Pantangan Suami saat Istri Hamil Menurut Islam dan Adat Jawa!

Pantangan-pantangan ini merupakan simbol kehati-hatian
18 Pantangan Suami saat Istri Hamil Menurut Islam dan Adat Jawa!

Saat menemani belahan jiwa saat berbadan dua, berseliweran pantangan suami saat istri hamil.

Tapi, benarkah hal tersebut? Ataukah hanya kepercayaan yang tidak berdasar semata?

Jurnal Mediasas yang meneliti masih adanya pandangan masyarakat tentang larangan membunuh saat istri sedang hamil di Aceh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat berpandangan bahwa membunuh hewan saat istri hamil adalah perbuatan yang dilarang karena berdampak pada ibu dan anak yang lahir cacat.

Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang pantangan suami saat istri hamil, dilihat dari penilaian agama dan juga tradisi di Indonesia.

Baca Juga: 8 Penyebab Bercak Putih Pada Wajah Bayi, Seberapa Berbahaya? Begini Cara Mengatasinya

Pantangan Suami saat Istri Hamil Menurut Agama Islam

Suami dan Istri
Foto: Suami dan Istri

Ketika istri sedang mengandung, ternyata terdapat beberapa amalan jdan juga pantangan suami saat istri hamil menurut agama Islam.

Pantangan tersebut tidak boleh dilakukan karena bahaya yang dimilikinya, baik untuk ibu dan janin, juga untuk seluruh keluarga. Beberapa pantangan suami saat istri hamil di antaranya:

1. Menafkahi dengan Sesuatu yang Haram

Dilansir dari channel Youtube QDR Multimedia, Ustad Adi Hidayat menjelaskan bahwa pantangan suami saat istri hamil yang pertama, jangan memberikan sesuatu yang haram sesuai dengan ketentuan dari Allah SWT dan bukan termasuk mitos. Apa saja?

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقۡنَٰكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِلَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172)

Dengan ayat ini, Ustad Adi mengingatkan pentingnya memberikan nafkan dengan cara dan jenis yang halal untuk keluarga, termasuk untuk ibu hamil.

"Jangan sekali-kali membawa yang haram ke dalam rumah," ungkapnya.

Sebab, pantangan suami saat istri hamil menurut Islam ini mengandung bahaya yang sangat merugikan. Ustad Adi menjelaskan jika yang masuk ke perut istri adalah hasil sogokan, hasil penipuan, hasil riba misalnya.

Kemudian dimasak jadi makanan, ditelan oleh istri, dan masuk ke dalam makanan yang diserap janin, yang terjadi seolah-olah suami sedang memasukkan bara neraka dalam perut istri dan janin.

Selain istilah tersebut, disebutkan pula bahwa makanan haram mengakibatkan doa yang dipanjatkan sulit terkabul karena terhalang hal yang haram.

Kemudian, akan menimbulkan sekat dalam jiwa. "Kalau semakin banyak masuknya, jadilah seperti ini. Bukan Allah tidak mengabulkan doanya. Sudah diberikan (tapi) mantul," jelasnya.

Lebih buruk lagi, jika barang haram bercampur dengan darah dan menjadi daging, ini akan mematikan satu persatu indera sehingga tidak merasakan panggilan iman dan terus dekat dengan maksiat.

2. Meninggalkan Salat Wajib

Meski menemani istri yang sedang hamil memiliki tantangan tersendiri, suami tidak boleh sampai meninggalkan salat wajib, ini adalah pantangan suami saat istri hamil selanjutnya.

Bahkan bila perlu harus memperbanyak salat sunnah sebagai cara untuk berdoa agar istri dapat menjalankan kehamilan dengan baik hingga melahirkan nanti.

Menilai tidk bolehnya meninggalkan salat wajib, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang seseorang yang sakit wasir, sehingga sulit berdiri ketika salat.

Beliau mengatakan: “Salatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring.” (HR Bukhari)

Baca Juga: 22 Film Horor Indonesia Terseram, Rasa Takutnya Tak Hilang Usai Menonton!

3. Bergunjing dan Berkata Buruk

Sama seperti petuah Jawa, menurut islam pantangan suami saat istri hamil adalah boleh berkata buruk, seperti menghina, menggunjing atau menjelek-jelekan orang lain.

Takutnya apa yang dijelekan justru menimpa anaknya sendiri.

Selain itu, perbuatan menjelekkan atau bergunjing juga dilarang agama. Dalam Alquran Allah SWT berfirmann:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱجۡتَنِبُواْ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ ٱلظَّنِّ إِثۡمٞۖ وَ لَا تَجَسَّسُواْ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًاۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمۡ أَن يَأۡكُلَ يَأۡكُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتٗا فَكَرِهۡتُمُوهُۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٞ رَّحِيمٞ

Artinya:

“Hai orang orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain.

Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah Maha penerima taubat lagi Maha penyayang.“ (QS Al Hujurat: 12)

Dalam hadist juga dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda:

“Tahukah kalian apa itu ghibah (menggunjing)? Para sahabat menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu. Kemudian beliau Saw bersabda: Ghibah adalah engkau membicarakan tentang saudaramu sesuatu yang dia benci.

Ada yang bertanya, ‘Wahai Rasulullah bagaimana kalau yang kami katakana itu betul-betul ada pada dirinya?’ Beliau menjawab: Jika yang kalian katakan itu betul, berarti kalian telah berbuat ghibah. Dan jika kalian katakan tidak betul, berarti kalian telah memfitnah.” (HR Muslim)

4. Melakukan Syirik-syirik Kecil

Ada banyak ritual-ritual kehamilan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat.

Pantangan suami saat istri hamil, sebaiknya suami menghindari acara ritual tersebut apabila tidak ada tuntunannya dari Alquran atau hadis.

Baca Juga: Apotek BPJS: Cara Daftar, Lokasi, Fasilitas hingga Manfaatnya bagi Masyarakat

Pantangan Suami saat Istri Hamil Menurut Adat Jawa

Hamil
Foto: Hamil

Bukan hanya menurut Islam, ada juga pantangan suami saat istri hamil menurut adat Jawa.

Ini adalah kepercayaan turun menurut dari suku Jawa yang masih dilakukan hingga kini.

Apa saja pantangan suami saat istri hamil? Yuk, kita tengok.

Menurut adat Jawa, pantangan suami saat istri hamil, suami pantang membunuh hewan karena dapat...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb