ADVERTISEMENT

PROGRAM HAMIL
08 Desember 2019

Pelupa Waspada Infertilitas! Jangan Tinggalkan Sarapan ya, Moms!

Tidak hanya jenis makanan, pemilihan waktu makan juga pengaruhi fertilitas
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sarapan pagi yang menyehatkan tentu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi seharian dan sekaligus memaksimalkan fertilitas.

Namun, tidak hanya jenis sarapannya saja yang penting untuk diperhatikan. Karena pemilihan waktu makan besar dalam satu hari, juga sama pentingnya untuk kesuburan. Saat Moms sering melewatkan sarapan, maka pelupa waspada infertilitas. Berikut penjelasannya:

1. Penelitian Terhadap Waktu Makan dan Fertilitas

Foto: pelupa waspada infertilitas

Foto: thelist.com

Sebuah penelitian mencoba untuk membuktikan bahwa mengonsumsi sarapan memberi efek positif bagi wanita yang berjuang dengan infertilitas.

Penelitian ini dilakukan oleh Hebrew University of Jerusalem dan Tel Aviv University terhadap 60 wanita, usia 25-39 tahun dengan masalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dan memiliki indeks massa tubuh di bawah 23.

ADVERTISEMENT

Penelitian yang hasilnya mengingatkan pentingnya sarapan dan bagi pelupa waspada infertilitas ini, dilakukan selama 12 minggu. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing diperbolehkan untuk mengonsumsi 1,800 kalori setiap hari.

Perbedaannya, satu kelompok wanita mengonsumsi porsi paling besarnya sebagai sarapan. Kelompok sisanya mengonsumsi makan besarnya sebagai makan malam.

Baca Juga: Gangguan Makan Penyebab Infertilitas?

ADVERTISEMENT

2. Hasil Penelitian

Foto: pelupa waspada infertilitas

Foto: sheknows.com

Dari penelitian di atas ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makan besarnya sebagai sarapan mengalami penurunan glukosa dan tingkat insulin hingga 8%, dibandingkan dengan kelompok sisanya yang terlihat tidak mengalami perubahan sama sekali.

ADVERTISEMENT

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa kelompok sarapan pagi mengalami penurunan level testosteron hingga 50%.

Namun dari semuanya, hasil penelitian yang paling penting adalah bahwa wanita berovulasi lebih tinggi jika mengonsumsi makan besarnya sebagai sarapan pagi.

“(Penelitian ini) jelas menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari sangat penting, tetapi pemilihan waktu untuk mengonsumsi makanan tersebut bahkan lebih penting,” ungkap Professor Oren Froy yang menjadi salah satu ketua penelitian ini, seperti dikutip dari thebump.com.

Untuk itu, sangat penting untuk menyantap sarapan dan bagi pelupa waspada infertilitas.

Baca Juga: 8 Hal yang Dapat Memengaruhi Fertilitas, Apa Saja Ya?

3. Rekomendasi Menu Sarapan

ADVERTISEMENT

Foto: pelupa waspada infertilitas

Foto: orogold.com

Selain melihat pentingnya waktu sarapan dan bagi pelupa waspada infertilitas, jenis makanan yang dikonsumsi sebagai sarapan pagi juga dapat memaksimalkan fertilitas.

Kabar baiknya, bagi penggemar sereal, ini adalah salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai sarapan pagi. Pilih sereal dengan tinggi zat besi tinggi, karena diet kaya zat besi dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi, menurut Academy of Nutrition and Dietetics seperti dikutip dari eatright.org.

Jika Moms sering mengonsumsi yoghurt sebagai sarapan, pilihlah yoghurt full fat. “Kami menemukan bahwa semakin banyak produk susu rendah lemak (low fat) dalam menu makan wanita, maka semakin sulit wanita untuk dapat hamil,” ungkap Walter Willett, M.D., Profesor Nutrisi dan Epidemiologi di Harvard School of Public Health untuk Fit Pregnancy seperti dikutip dari romper.com.

Baca Juga: Kontrasepsi Mengganggu Fertilitas? Ketahui Faktanya

Beberapa jenis makanan lain yang dapat memaksimalkan kesuburan, antara lain telur, salmon, alpukat, dan buah beri.

Bagi Moms yang sedang merencanakan kehamilan, pastikan untuk selalu menyisihkan waktu untuk sarapan pagi, karena pelupa waspada infertilitas. Pemilihan makanan untuk sarapan pun akan memaksimalkan kesuburan.

GS

Sebelumnya

Gangguan pada Vagina, Menghambat Kehamilan?
Orami • 06 Des 2019

Selanjutnya

Tips Pasang Spiral, Ini Do's dan Dont's yang Perlu Diketahui
Amelia Puteri • 09 Des 2019

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT