16 June 2018

Pentingnya Mencuci Sayur dan Buah

Jangan sepelekan bakteri Listeria!
Pentingnya Mencuci Sayur dan Buah

Menjadi seorang vegetarian merupakan pilihan tepat untuk mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat. Namun, upaya tersebut akan sia-sia selama Moms tidak waspada dengan kualitas sayur dan buah yang masuk ke dalam perut.

Moms tidak pernah tahu pasti bagaimana kondisi sayur dan buah yang Moms beli dari pasar tradisional ataupun supermarket, seperti berapa banyak bakteri yang menempel dan siap menggerogoti tubuh Moms?

Jangan sepelekan masalah kebersihan, cuci dengan air mengalir sebelum mengonsumsinya, karena terdapat bakteri seperti Listeria Monocytogenes yang sanggup bertahan dalam suhu panas sekaligus dingin. Inilah 4 fakta tentang bakteri Listeria yang wajib Moms ketahui:

Ciri-ciri

Bakteri ini tidak membentuk spora tetapi biofilm jadi ketika menempel pada sayur dan buah berupa lapisan lendir pada permukaannya. Bakteri ini kenal terhadap suhu panas, dingin, begitu pula dengan kadar asam dan garam.

Gejala

Infeksi Listeria membutuhkan waktu sekitar 3-70 hari untuk melihat dampaknya secara pasti. Namun, infeksi ini diawali dengan flu ringan, demam, atau mual usai mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Keguguran

Bakteri Listeria mudah menyerang manusia dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, salah satunya ibu hamil. Satu dari tujuh wanita mengalami infeksi listeria selama masa kehamilan. Apabila tidak dilakukan tindakan yang tepat, maka risiko terbesar adalah membahayakan keselamatan janin.

Pencegahan

Cuci sayur atau buah dengan air mengalir hingga terasa kesat. Bila perlu bilas dua kali sebelum dimasak. Untuk meminimalisir risiko, masak sayur dalam air panas dengan suhu 75 derajat celsius.

 

(SR)

Foto: ourtimetolearn

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb