25 April 2018

Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Guru di Sekolah

Jaga silaturahmi dengan guru, bantu prestasi anak
Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Guru di Sekolah

 

Apakah selama ini Moms mengenal guru si kecil di sekolah dengan baik? Atau Moms baru akan mengobrol dengan gurunya ketika mengambil rapor anak di akhir semester? Nah, berbagai penelitian menunjukkan bahwa menjaga silaturahmi dan komunikasi yang positif dengan guru anak sangat baik untuk membantu prestasinya di sekolah.

Seberapa penting sih berkomunikasi dengan guru anak dan bagaimana cara melakukannya tanpa canggung? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

Pentingnya Menjaga Komunikasi dengan Guru di Sekolah

Guru memang ahlinya bidang pendidikan dan agenda belajar-mengajar di kelas. Namun, hanya Moms lah yang paling ahli soal buah hati Moms. Menggabungkan dua keahlian ini dengan cara berkomunikasi dan bekerja sama dengan guru si kecil di sekolah bisa jadi modal untuk memaksimalkan pengalaman belajar anak.

Kalau Moms rutin berkomunikasi dengan guru-guru si kecil, Moms jadi tahu apa tepatnya kekuatan dan kelemahan anak dalam belajar. Misalnya anak pandai menyerap pelajaran tetapi sangat sulit berkonsentrasi dan mudah bosan. Moms pun jadi bisa menyesuaikan dan membantu anak mengatasi kelemahan sekaligus mengasah kekuatannya di rumah.

Selain itu, anak juga bisa merasakan sendiri bahwa Moms begitu memprioritaskan kesuksesan pendidikannya. Semangat anak untuk belajar pun akan semakin terpacu jika ia melihat Moms dan para guru selalu mendukungnya.

Kadang guru juga bisa membantu Moms dalam mengenal pribadi si kecil lebih dalam. Contohnya akhir-akhir ini anak cenderung banyak diam dan susah makan tanpa alasan yang jelas. Mungkin gurunya di sekolah lebih tahu bahwa sebenarnya si kecil sedang ada masalah dengan teman-temannya di kelas. Moms pun jadi bisa membantu anak mencari solusi terbaik.

Baca juga: Menghadapi Berbagai Keluhan Anak Soal Sekolah

Cara Bijak Berkomunikasi dengan Guru Anak

Supaya Moms bisa berkomunikasi dengan guru si kecil dengan efektif, perhatikan poin-poin berikut ini.

  • Cari waktu yang tepat. Buatlah janji untuk mengobrol bersama guru si kecil. Kalau Moms langsung mendatangi gurunya ketika Moms menjemput atau mengantar anak ke sekolah, para guru pasti sedang sibuk.
  • Minta kontak guru atau wali kelas anak. Bila Moms dan guru sekolah anak cukup sibuk, minta kontak beliau misalnya lewat e-mail atau aplikasi chatting. Dengan begitu pihak sekolah juga bisa mengirimkan pengumuman, jadwal ulangan umum, atau kalender akademis anak tahun itu.
  • Bertanya dengan jelas. Jangan hanya bertanya bagaimana perilaku anak di kelas. Coba beri pertanyaan yang lebih spesifik. Contohnya seperti apa strategi belajar-mengajar di kelas, seberapa tingkat partisipasi dan inisiatif anak dalam kelas, atau apakah anak bisa memahami perintah guru dengan baik.

 

Itu dia macam-macam alasan Moms harus senantiasa berkomunikasi dengan guru anak dan cara melakukannya. Moms punya strategi lain untuk menjaga silaturahmi dengan guru sekolah si kecil? Bagikan di bagian komentar, ya!

<IA>

 

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb