25 April 2022

Terlihat Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Selaput Dara dan Darah Haid

Selaput dara setiap orang punya bentuk yang berbeda, sementara darah haid bentuknya cenderung sama
Terlihat Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Selaput Dara dan Darah Haid

Hal paling umum saat haid dan pecahnya selaput dara adalah munculnya darah dari vagina. Namun, Moms perlu tahu bahwa tentu saja keduanya berbeda. Cara termudah untuk mengetahui perbedaan selaput dara dan darah haid adalah dengan memeriksa konsistensi dan warnanya. Akan tetapi, bagaimana melakukannya?

Hal paling pertama yang perlu dilakukan adalah memahami perbedaan selaput dara dan darah haid, meski keduanya sama-sama keluar dari lubang vagina. Melansir Everyday Health, selaput dara adalah selaput tipis yang biasanya menutupi bagian pembukaan vagina.

Lubang selaput dara biasanya akan melebar saat usia seorang gadis mendekati pubertas. Selama ini, selaput dara kerap identik dengan keperawanan seseorang, terlebih salah satu penyebab robeknya selaput dara adalah hubungan seksual.

Namun, faktanya beberapa gadis dilahirkan tanpa selaput dara. Selain berhubungan seksual, selaput dara juga bisa robek saat pemasangan tampon, kegiatan olahraga dan juga prosedur medis.

Sementara dalam Cleveland Clinic dijelaskan, haid adalah peluruhan bulanan lapisan rahim wanita. Haid juga dikenal dengan istilah menstruasi, masa haid, dan siklus.

Darah haid, yang sebagian darah dan sebagian jaringan dari bagian dalam rahim, mengalir dari rahim melalui leher rahim dan keluar dari tubuh melalui vagina.

Baca Juga: Darah Haid Menggumpal dan Berwarna Hitam, Ketahui Penyebab dan Pengobatannya

Perbedaan Selaput Dara dan Darah Haid

darah haid
Foto: darah haid (Orami Photo Stocks)

Foto: india.com

Untuk mengetahui perbedaan selaput dara dan darah haid secara lebih detail, Moms bisa membaca artikel ini sampai selesai. Dan berikut adalah 10 perbedaan selaput dara dan darah haid:

1. Datang Setiap Bulan

Perbedaan selaput dara dan darah haid adalah, darah haid akan keluar setiap bulan dan berlangsung selama tiga sampai lima hari. Beberapa orang mengalami masa menstruasi hanya dua hari, beberapa selama 6 atau 7 hari.

Tidak ada aturan karena semua orang berbeda. Setiap orang mengalami menstruasi mereka secara berbeda.

Meski begitu, beberapa perempuan mengalami haid yang tidak teratur. Hal itu biasanya terjadi pada perempuan yang kegemukan, sedang menyusui, perimenopause, atau sedang tertekan. Selain itu, menstruasi juga biasanya diikuti dengan rasa sakit yang parah.

2. Sel Telur

Darah haid yang keluar merupakan siklus alami yang terjadi setiap bulan. Ini juga merupakan tanda bahwa sel telur akan matang dan siap dibuahi oleh sel sperma, selepas siklus menstruasi selesai.

Saat hal itu terjadi, hormon otomatis akan memberi tahu ovarium Moms untuk melepaskan sel telur yang matang dan proses ini disebut ovulasi. Ketika sel telur meninggalkan ovarium, ia bergerak melalui salah satu saluran tuba menuju rahim.

Sementara jika Moms tidak hamil, tubuh tidak membutuhkan lapisan tebal di rahim. Lapisan Moms akan rusak, dan darah, nutrisi, dan jaringan mengalir keluar dari tubuh melalui vagina Moms.

Ini juga menjadi salah satu perbedaan selaput dara dan darah haid.

Baca Juga: 12 Penyebab Terlambat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

3. Selaput Dara Bukan Bagian yang Menutupi Vagina

Perbedaan selaput dara dan darah haid lainnya adalah, selaput dara bukanlah bagian datar dari jaringan yang menutupi vagina, yang tertusuk selama hubungan seksual. Jika demikian, anak perempuan tidak akan bisa haid sebelum kehilangan keperawanannya karena tidak ada tempat keluarnya darah haid.

Biasanya, selaput dara terlihat seperti pinggiran jaringan di sekitar lubang vagina. Itu bukan sepotong jaringan utuh yang menutupinya. Beberapa gadis dilahirkan tanpa selaput dara, yang lain hanya memiliki sedikit jaringan.

4. Selaput Darah Setiap Orang Berbeda

Perbedaan selaput dara dan darah haid lainnya adalah bentuk selaput dara setiap orang berbeda. Ini sama seperti bentuk mata, hidung, payudara setiap orang.

Bahkan beberapa perempuan tidak dilahirkan dengan selaput dara. Tidak ada yang bisa mengetahui apakah selaput dara akan rusak karena bermain sepeda atau berhubungan seksual dengan seseorang.

Meski begitu, selaput dara yang rusak seringkali diikuti dengan pendarahan. Meski sering jadi fokus, namun faktanya banyak wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim tidak mengeluarkan darah saat pertama kali berhubungan karena selaput daranya sudah rusak.

Baca Juga: Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum

5. Selaput Dara Tidak Pecah

Perbedaan selaput dara dengan darah haid yang lain adalah selaput dara tidak akan pecah saat melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya. Yang terjadi, selaput dara mungkin akan meregang, karena selaput dara sudah berlubang.

Kita tahu, tampon dan jari bisa masuk ke saluran vagina tanpa selaput dara menghilang. Ini bertentangan dengan banyak bahasa yang kita kenal ketika kita berbicara tentang keperawanan. Pada kenyataannya, tidak ada fisik yang hilang, dan saat pertama kali berhubungan seks tidak ada perubahan biologis pada tubuh seseorang.

6. Meninggalkan Noda Pink

Selaput dara juga dikenal dengan cherry. Saat rusak, selaput dara akan meninggalkan lingkaran 'tanda' merah muda kecil di ujung bawah vagina yang dikenal sebagai tanda dara, yang biasanya menyusut seiring waktu.

Namun hal itu tak terjadi pada darah haid. Saat haid, darah yang keluar akan lebih dari sekedar tanda kecil dan itu akan berlangsung selama beberapa hari. Kondisi ini juga yang menjadi perbedaan antara selaput dara dan darah haid.

7. Sindrom Premenstruasi (PMS)

Perbedaan selaput dara dengan darah haid juga bisa dilihat dari PMS. Perempuan yang akan memasuki masa haidnya akan mengalami gejala seperti sakit kepala, kelelahan, kembung, lekas marah, selama satu atau dua minggu sebelum haid datang.

Semantara perempuan yang mengalami kerusakan selaput dara tidak akan mengalami gejala-gejala tersebut. Bahkan, saat melakukan hubungan seks pertama yang konon disebut menjadi penyebab rusaknya selaput dara pun tidak akan terasa menyakitkan seperti saat datang bulan.

Baca Juga: Mengenal Selaput Dara, Hal yang Sering Jadi Perdebatan

8. Menoragia

Menoragia adalah perdarahan menstruasi yang sangat banyak. Periode khas menghasilkan 2 sampai 3 sendok makan darah menstruasi.

Orang dengan menoragia dapat menghasilkan lebih dari dua kali jumlah itu. Lebih dari 10 juta wanita Amerika memiliki kondisi ini, seperti perkiraan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat negara tersebut. Kondisi tersebut menjadi salah satu perberdaan selaput dara dan darah haid.

9. Gangguan Disforik Pramenstruasi (PMDD)

Perempuan yang haid juga biasanya mengalami PMDD. Gejala yang mirip dengan PMS, tetapi lebih parah.

Gejala ini menyebabkan depresi, ketegangan, perubahan suasana hati yang parah, kemarahan atau iritabilitas yang bertahan lama. Para ahli memperkirakan sekitar 5% wanita mengalami PMDD.

Kondisi ini juga tidak akan dialami oleh perempuan yang mengalami kerusakan selaput dara. Hal itu juga menjadi perbedaan selaput dara dan darah haid.

10. Endometriosis

selaput dara
Foto: selaput dara (everydayhealth.com)

Foto: everydayhealth.com

Endometriosis juga merupakan perbedaan selaput dara dan darah haid. Endometriosis menyebabkan jaringan rahim tumbuh di luar rahim. 

Selama periode, hormon membuat jaringan yang salah tempat ini menyakitkan dan meradang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, kram, dan menstruasi yang berat.

Baca Juga:Berhubungan Seks di Awal Haid, Bisakah Hamil?

Uji Keperawanan Tidak Diakui Secara Medis

selaput dara
Foto: selaput dara (steadyhealth.com)

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang bisa mengetahui apakah seorang wanita telah melakukan hubungan seks atau tidak hanya dengan melihat vaginanya. Seperti yang dibahas sebelumnya, setiap selaput dara terlihat berbeda, jadi tidak ada standar yang ditetapkan untuk menemukan bukti penetrasi.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan tes keperawanan merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang perbedaan selaput dara dan darah haid. Sudah tidak bingung lagi kan? Semoga bermanfaat!

  • https://www.everydayhealth.com/imperforate-hymen/guide/
  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10132-normal-menstruation
  • https://www.codevnet.org/blogs/30-10-must-know-facts-about-menstruation
  • https://www.ourbodiesourselves.org/book-excerpts/health-article/what-exactly-is-a-hymen/
  • https://www.naturalcycles.com/cyclematters/what-is-the-hymen
  • https://www.healthline.com/health/facts-statistics-menstruation#Menstrual-health-and-complications
  • https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/a-woman-can-have-two-hymens-and-other-facts-about-hymen-b0917-519356/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb