17 November 2021

Petekie, Bintik Merah seperti Ruam di Kulit

Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, penderita petekie sebaiknya tetap mencari apa penyebab dari munculnya ruam merah tersebut
Petekie, Bintik Merah seperti Ruam di Kulit

Apakah Moms melihat bintik-bintik merah di kulit sekitar lengan, kaki, perut, dan bokong? Tampak seperti ruam? Bisa jadi itu adalah petekie.

Petekie adalah bintik-bintik kecil berwarna ungu, merah, atau coklat pada kulit. Moms mungkin juga menemukannya di dalam mulut atau di kelopak mata. Bintik-bintik tepat ini bisa menjadi tanda dari banyak kondisi yang berbeda.

Melansir Healthline, petekie memang terlihat seperti ruam. Akan tetapi, sebenarnya kondisi itu disebabkan oleh pendarahan di bawah kulit.

Salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan menekan titik-titiknya. Petekie tidak akan menjadi putih saat Moms menekannya, berbeda dengan ruam yang akan berubah menjadi pucat saat Moms menekannya.

Petekie umum terjadi dan dapat menunjukkan sejumlah kondisi, mulai dari yang ringan hingga yang sangat serius. Kondisi itu terjadi ketika pembuluh darah kecil yang disebut kapiler pecah.

Ketika pembuluh darah ini pecah, darah bocor ke kulit. Infeksi dan reaksi terhadap obat adalah dua penyebab umum Petekie. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan petekie, seperti mengejan berkepanjangan, obat-obatan, dan kondisi medis.

Baca Juga: Bintik di Lidah: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Petekie

petekie
Foto: petekie (mavcure.com)

Foto: mavcure.com

Ada banyak hal berbeda yang jadi penyebab petekie. Meski sebagian kasus petekie tidak berbahaya, namun ada beberapa kasus membuat Moms perlu menindaklanjutinya ke dokter.

Jika Moms atau anak Moms menderita petekie yang menyebar dengan cepat, atau jika Moms memiliki bintik-bintik plus gejala lainnya, jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis.

Berikut adalah penyebab petekie, seperti dilansir dari Healthline dan Cleveland Clinic.

1. Cytomegalovirus (CMV)

CMV adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala lain termasuk kelelahan, demam, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

2. Endokarditis

Infeksi lapisan dalam jantung ini mencakup gejala seperti demam, kedinginan, kelelahan, nyeri sendi dan otot, sesak napas, batuk, dan kulit pucat.

3. Sindrom Paru Hantavirus

Infeksi virus ini menyebabkan gejala seperti flu dan masalah pernapasan. Gejala lain termasuk kelelahan, demam, dan nyeri otot.

Baca Juga: 15+ Jenis Bintik Merah pada Bayi, Mulai dari Ringan Hingga Berisiko!

4. Cedera

Kerusakan pada kulit, seperti karena benda tumpul (misalnya kecelakaan mobil), tergigit, atau terbentur dapat menyebabkan terbentuknya Petekie.

Gesekan pada kulit karena membawa tas/ransel yang berat atau tali yang ketat dari pakaian dapat menyebabkan Petekie. Terbakar sinar matahari juga dapat menyebabkan Petekie.

5. Leukemia

Leukemia adalah kanker sumsum tulang. Gejala lain termasuk demam, kedinginan, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak disengaja, pembengkakan kelenjar, pendarahan, memar, mimisan, dan keringat malam.

6. Meningococcemia

Ini adalah infeksi bakteri pada saluran pernapasan. Gejala lain termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, dan mual.

7. Mononucleosis (Mono)

Mono adalah infeksi virus yang ditularkan melalui air liur dan cairan tubuh lainnya. Gejala lain termasuk kelelahan ekstrim, sakit tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, amandel bengkak, dan sakit kepala.

8. Rocky Mountain Spotted Fever (RMSF)

RMSF adalah infeksi bakteri yang ditularkan oleh kutu. Gejala lain termasuk demam tinggi, menggigil, sakit kepala parah, nyeri otot, mual, dan muntah.

9. Demam Berdarah

Infeksi bakteri ini dapat berkembang pada orang-orang setelah mereka mengalami radang tenggorokan. Gejala lain termasuk ruam, garis merah pada kulit, muka memerah, lidah merah, demam, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Bintik Merah DBD pada Bayi, Harus Diwaspadai Moms!

10. Penyakit Kudis

Penyakit kudis disebabkan oleh terlalu sedikit vitamin C dalam makanan. Gejala lain termasuk kelelahan, gusi bengkak, nyeri sendi, sesak napas, dan memar.

11. Sepsis

Ini adalah infeksi darah yang mengancam jiwa. Gejala lain termasuk demam tinggi, detak jantung cepat, dan kesulitan bernapas.

12. Mengejan

Aktivitas yang menyebabkan Moms mengejan dapat merobek pembuluh darah di wajah, leher, dan dada. Aktivitas tersebut antara lain menangis, batuk, muntah, mengangkat beban, atau melahirkan.

13. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Gejala lain termasuk amandel bengkak, kelenjar bengkak, demam, sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri tubuh.

14. Trombositopenia

Trombositopenia adalah suatu kondisi di mana Moms memiliki terlalu sedikit trombosit – sel darah yang membantu pembekuan darah. Gejala lain termasuk memar, pendarahan dari gusi atau hidung, darah dalam urin atau tinja, kelelahan, dan kulit dan mata kuning.

15. Vaskulitis

Vaskulitis ditandai dengan pembengkakan, penyempitan, dan jaringan parut pada pembuluh darah. Gejala lain termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, penurunan berat badan, sakit dan nyeri, keringat malam, dan masalah saraf.

16. Demam Berdarah Virus

Infeksi seperti demam berdarah, Ebola, dan demam kuning semua demam berdarah virus. Infeksi ini membuat darah seseorang lebih sulit untuk membeku. Gejala lain termasuk demam tinggi, kelelahan, pusing, nyeri, pendarahan di bawah kulit, dan kelemahan.

Petekie juga bisa disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu. Berikut adalah beberapa contoh obat yang dapat menyebabkan petekie.

  • Antibiotik nitrofurantoin (Macrobid), penisilin
  • Desipramine antidepresan (Norpramin)
  • Obat anti kejang carbamazepine (Carbatrol, Epitol, Tegretol, lain-lain)
  • Pengencer darah warfarin, heparin
  • Obat irama jantung atropin (Atropen)
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) indometasin (Indocin), naproxen (Aleve, Anaprox, Naprosyn)
  • Obat penenang kloral hidrat.

Baca Juga: Muncul Bintik Merah pada Kulit Bayi Setelah Demam, Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Cara Mengatasi Petekie

petekie
Foto: petekie (britannica.com)

Foto: britannica.com

Meski sebagaian petekie tidak berbahaya, tetapi sebaiknya Moms segera menghubungi dokter untuk mengetahui, apakah petekie yang Moms alami serius atau ringan.

Moms tidak akan mendapat jawaban yang diinginkan, sampai dokter mendiagnosis petekie yang Moms alami. Selain itu, Moms juga harus segera menghubungi dokter ketika memiliki petekie diikuti gejala serius seperti demam tinggi, kesulitan bernapas, kebingungan, perubahan kesadaran.

Namun, sebelum merekomendasikan perawatan, dokter akan mengidentifikasi apa yang menyebabkan petekie dan gejala lainnya. Jika infeksi bakteri atau virus menyebabkan petekie, kulit Moms harus dibersihkan setelah infeksi membaik.

Jika obat yang menyebabkan petekie, gejala ini akan hilang setelah Moms berhenti minum obat. Periksa petekie sesering mungkin untuk melihat apakah mereka berubah.

Jika jumlah bintik meningkat, Moms mungkin mengalami gangguan pendarahan. Untuk mengatasi petekie, dokter mungkin meresepkan beberapa ini untuk mengobati penyebab bintik-bintik:

  • Antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri
  • Kortikosteroid untuk menurunkan peradangan
  • Obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, seperti azathioprine (Azasan, Imuran), methotrexate (Trexall, Rheumatrex), atau cyclophosphamide
  • Kemoterapi, terapi biologis, atau radiasi untuk mengobati kanker.

Baca Juga: Pipi Anak Berbintik Kemerahan? Jangan-jangan Itu Gejala Rosacea

Cara Mengatasi Petekie di Rumah

petekie
Foto: petekie (medicaldaily.com)

Foto: medicaldaily.com

Beberapa cara mengatasi petekie juga bisa Moms lakukan dengan beberapa cara sederhana di rumah. Namun sebelumnya, Moms cukup memastikan, petekie yang Moms alami cukup ringan hingga tak perlu segera mengunjungi dokter.

Untuk meredakan gejala petekie di rumah, Moms bisa beristirahat dan minum obat pereda nyeri seperti Advil, Motrin, atau Tylenol. Moms juga bisa mencoba minum cairan ekstra untuk mencegah dehidrasi.

Cara Mencegah Petekie

ruam-HIV.jpg
Foto: ruam-HIV.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mencegah Petekie, Moms perlu menghindari penyebab petekie. Meski begitu, Moms juga tidak dapat mencegah semua kemungkinan yang jadi penyebab petekie.

Jika Moms pernah mengalami reaksi terhadap satu obat di masa lalu, jangan ragu untuk memberi tahu dokter. Dokter mungkin akan menyarankan Moms menghindari obat tersebut di masa mendatang.

Sementara untuk mencegah infeksi yang dapat menyebabkan petekie, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Cobalah untuk menjauh dari siapa pun yang tampak sakit.
  • Jangan berbagi gelas, peralatan makan, dan barang pribadi lainnya.
  • Bersihkan meja dan permukaan umum lainnya.
  • Lakukan seks yang aman.
  • Oleskan penolak serangga yang mengandung DEET sebelum pergi ke daerah berhutan atau berumput.
  • Kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang, dan selipkan celana ke dalam kaus kaki. Periksa seluruh tubuh ketika Moms kembali ke rumah.

Baca Juga: Mengenal Bintik Merah DBD, Timbul saat Pasien Demam di Hari Kedua

Karena petekie biasanya terjadi akibat dari kondisi lain, satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari kondisi yang menyebabkannya.

Mencoba untuk tetap bugar dan sehat, menghindari infeksi, mempraktikkan kebersihan yang baik dan seks yang aman, dan menghindari pengobatan yang menyebabkan petekie adalah cara yang baik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya petekie, Moms.  

  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/Petekie/basics/definition/sym-20050724
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/Petekie/basics/causes/sym-20050724
  • https://www.healthline.com/health/Petekie#prevention

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb