02 Januari 2023

Mengenal Pillow Talk, Percakapan Intim di Ranjang untuk Tingkatkan Gairah Hubungan

Manfaatnya bisa menjaga cinta antara Moms dan Dads tetap membara, lho!
Mengenal Pillow Talk, Percakapan Intim di Ranjang untuk Tingkatkan Gairah Hubungan

Apakah Moms merasa sedang ada jarak dengan suami sendiri, baik secara fisik maupun emosional? Mungkin Moms dan Dads membutuhkan pillow talk.

Kita semua tahu bahwa membangun koneksi membutuhkan waktu dan usaha. Ini juga membutuhkan kemauan untuk saling terbuka dan saling menerima kritik satu sama lain.

Dengan hidup Moms yang mungkin penuh dengan pekerjaan di kantor dan tanggung jawab keluarga yang tak ada habisnya, Moms bisa menyisihkan waktu untuk memiliki quality time dengan pasangan melalui pillow talk.

Apa itu pillow talk? Yuk kita kenali lebih lanjut, Moms.

Baca Juga: 5 Posisi Seks Nyaman untuk Ibu Baru Melahirkan

Apa Itu Pillow Talk?

Apa Itu Pillow Talk?
Foto: Apa Itu Pillow Talk? (the-postillon.com)

Pillow talk alias membicarakan banyak hal setelah melakukan seks adalah salah satu rutinitas yang paling sering dilakukan pasangan.

Namun alih-alih ngobrol, ada juga pasangan yang lebih memilih untuk bergumul manja hingga tertidur lelap tanpa harus berbicara banyak hal.

"Pillow talk adalah percakapan yang intim, otentik, dan bebas terjadi antara dua pasangan," jelas Alisa Ruby Bash, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

Menurutnya jenis koneksi dan komunikasi yang aman, penuh kasih, dan tulus ini biasanya terjadi di tempat tidur atau saat berpelukan.

Ini juga dapat terjadi sebelum atau setelah berhubungan seks dengan pasangan. Tetapi sebenarnya seks tidak harus menjadi persyaratan dalam melakukan pillow talk.

Allen Wagner, spesialis dalam pasangan dan hubungan, mengatakan percakapan ini sering kali tidak melibatkan kontak mata, yang memungkinkan Moms berbicara lebih bebas, tidak menyadari isyarat nonverbal pasangan.

Salah satu alasan pillow talk berhasil adalah karena memungkinkan percakapan yang lebih mendalam tanpa sensor diri.

Bagi sebagian orang, jenis percakapan ini mungkin terjadi secara alami.

Tetapi bagi orang lain, mungkin lebih sulit untuk dilakukan karena tidak terbiasa mengobrol secara terbuka bersama pasangan.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Suami Kangen Istri, Moms Pernah Mengalaminya?

Manfaat Pillow Talk dalam Hubungan Pasangan

Manfaat Pillow Talk dalam Hubungan Pasangan
Foto: Manfaat Pillow Talk dalam Hubungan Pasangan

Jika kehidupan seks Moms dan pasangan tidak begitu intim akhir-akhir ini, pillow talk dapat membantu meningkatkan aktivitas Moms dan pasangan di ranjang.

"Pillow talk pada akhirnya membuat kedua pasangan merasa mereka bisa lebih bebas dan merasa lebih dekat, yang meningkatkan cinta satu sama lain serta cinta kepada diri," kata Bash.

Karena sebagian besar pillow talk terjadi saat kita tengah berbaring, sedang relaksasi, dan berpelukan dengan pasangan, merupakan hal yang umum untuk merasakan peningkatan dalam hormon oksitosin, hormon kebahagiaan sekaligus hormon peningkat cinta antar pasangan.

Hormon ini secara alami membantu dua orang merasa lebih dekat dan terhubung dan membantu menumbuhkan perasaan jatuh cinta.

Pada akhirnya, pillow talk sebenarnya membantu para pasangan untuk lebih menstabilkan hubungan.

Cara ini bisa menjadi jembatan antara seks dan kasih sayang, karena hubungan emosional kita pada akhirnya yang membuat pasangan tetap bersama dan merasa saling mencintai.

Tapi bukan hanya pillow talk sebelum berhubungan seks yang meningkatkan hubungan ya Moms, apa yang kita lakukan dan katakan setelah itu juga penting, jika tidak lebih.

Faktanya, sebuah penelitian dalam jurnal Archives of Sexual Behavior, menunjukkan bahwa meringkuk, berbicara, dan gerakan kecil seperti membelai pasangan, semuanya berkontribusi pada hubungan seks yang lebih baik dan peringkat kepuasan hubungan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Topik dan Tips untuk Memulai Pillow Talk

Topik dan Tips untuk Memulai Pillow Talk
Foto: Topik dan Tips untuk Memulai Pillow Talk

Untuk memulai pillow talk, dikatakan bahwa pasangan terkadang perlu merencanakan beberapa hal terlebih dahulu sebelumnya.

“Sebagai konselor pasangan, saya sering menyarankan percakapan terencana selama 10 menit, di mana Moms dan pasangan tidak dapat membicarakan masalah dengan hubungan, pekerjaan masing-masing, teman (atau hubungan mereka), anak-anak, anggota keluarga lainnya, politik, media sosial, dan sebagainya, ”jelas Wagner.

Dia melihat ini sebagai waktu untuk kembali kepada sosok kita yang dulu dan mencari tahu apa yang mengubah kita, apa yang mengganggu kita, dan apa yang kita cita-citakan sebagai pasangan.

Meskipun keintiman bisa jadi menakutkan bagi sebagian orang, terutama pada tahap awal suatu hubungan, ini adalah cara terpenting untuk menjaga hubungan untuk berlangsung harmonis dalam jangka panjang.

Berikut topik pillow talk yang bisa Moms bicarakan bersama suami:

  • Membicarakan apa yang Moms dan Dads sukai dari satu sama lain
  • Mendiskusikan mimpi masa depan, tujuan traveling, dan hal-hal yang ingin dicoba berdua sebagai pasangan
  • Mengingat momen-momen spesial, seperti kencan pertama, film pertama yang ditonton bersama, dan sebagainya
  • Membicarakan ketakutan dalam hidup, lalu saling memberikan kenyamanan
  • Membicarakan sifat-sifat positif pasangan untuk saling meningkatkan kepercayaan diri

Beberapa cara untuk membantu kita melakukan pillow talk adalah:

Baca Juga: Pantaskah Membicarakan Aktivitas Seks Pasutri pada Sahabat? Pahami Batasannya!

Topik Pillow Talk yang Sebaiknya Dihindari

Topik Pillow Talk yang Sebaiknya Dihindari
Foto: Topik Pillow Talk yang Sebaiknya Dihindari (stayathomemum.com.au)

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam topik pillow talk.

Termasuk topik pillow talk yang tidak boleh dibicarakan setelah berhubungan seks agar sesi pendinginan setelah seks tidak rusak hanya karena salah satu membicarakan hal yang menyinggung perasaan pasangannya.

Lantas apa saja yang sebaiknya tidak boleh dibicarakan dalam pillow talk setelah berhubungan seks?

1. Mengkritik Performa Pasangan

Menurut terapis seks Eliza Boquin, founder dari The Flow & Ease Healing Center, perasaan manusia akan menjadi rapuh dan sensitif saat dan setelah melakukan seks.

Inilah sebabnya kita perlu menghindari topik pillow talk tertentu yang bisa melukai pasangan secara emosional dan membuatnya rendah diri.

Kecuali jika kritikan itu jujur dan tujuannya membantu atau jika pasangan memang meminta saran, sebaiknya hindari untuk mengkritik performa pasangan saat melakukan seks.

Kritikan yang tidak bermanfaat akan membuat pasangan rendah diri dan akan membuat kepercayaan diri mereka turun drastis.

Hindari juga mengkritik anggota tubuhnya yang tidak kita sukai, karena akan semakin merusak kepercayaan dirinya.

Toh kita semua punya kekurangan masing-masing, apa salahnya menerima kekurangan pasangan sama seperti pasangan menerima setiap inci kekurangan dari tubuh kita sendiri?

Baca Juga: Perlukah Buang Air Kecil Sebelum dan Setelah Berhubungan Seks?

2. Mengungkit Permasalahan

Masalah rumah tangga, masalah mertua, masalah finansial, dan masalah lainnya sebaiknya dihindari untuk dibicarakan saat pillow talk setelah berhubungan seks.

Selain akan merusak suasana hati pasangan, masalah-masalah seperti ini memang tidak seharusnya dibahas di tempat tidur.

Ada waktu dan tempat tersendiri yang memang sudah harus dibahas sebelumnya dan disepakati bersama.

Akan tidak lucu jika tiba-tiba membicarakan mertua yang bermasalah sementara baru beberapa menit yang lalu Moms & Dads melakukan aktivitas seks yang luar biasa.

Nikmati waktu bersama pasangan sebaik mungkin, terlebih setelah melakukan seks.

Sesi pendinginan setelah berhubungan seks ini bisa dimanfaatkan dengan pembicaraan ringan seperti nostalgia awal-awal pertemuan Moms & Dads dulu.

3. Meminta Sesuatu

Topik pillow talk ini bisa membuat suami merasa dimanfaatkan dan dimanipulasi.

Suami bisa menganggap bahwa kita melakukan hubungan seks hanya karena menginginkan sesuatu.

Dan kita sebenarnya tak ingin membicarakan hal-hal serius setelah seks, bukan?

Apa yang Membuat Pillow Talk Berbeda?

Pasangan di Tempat Tidur
Foto: Pasangan di Tempat Tidur (Freepik.com/wayhomestudio)

“Mampu berbicara secara terbuka dan akrab sangat penting dalam membangun hubungan yang baik,” jelas Kiana Reeves, Pakar Seks Somatik, Doula dan Direktur Pendidikan Foria.

Menurutnya, selalu ada sesuatu hal yang dapat menginspirasi percakapan jujur antara dua orang ketika kita membicarakannya di tempat tidur. Ia berkata bahwa tempat tidur secara simbolis dan secara harfiah adalah tempat kita berbagi momen paling intim.

Jadi masuk akal jika ruang ini memunculkan keamanan dan keterhubungan satu sama lain. Seringkali saat lampu sudah padam, atau kita berbaring berdampingan dengan pasangan, atau saat berpelukan kita bisa menyampaikan hal-hal istimewa dan intim.

Nah, itulah hal-hal harus Moms dan pasangan perhatikan dalam melakukan pillow talk setelah berhubungan seks. Lebih mengerti akan perasaan Dads, ya, Moms.

Semoga dengan melakukan aktivitas ini, hubungan Moms dan Dads akan semakin hangat dan harmonis, ya!

  • https://www.healthline.com/health/healthy-sex/what-is-pillow-talk
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24777441/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb