08 September 2022

Rahang Berbunyi saat Mengunyah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gangguan rahang berbunyi ini ternyata akibat gangguan pada sendi temporomandibular
Rahang Berbunyi saat Mengunyah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah Moms atau Dads pernah mengalami gejala seperti rahang berbunyi saat mengunyah. Kalian pun mungkin bertanya-tanya, apakah gejala rahang berbunyi berbahaya atau tidak?

Dalam dunia medis, gangguan ini bisa menandakan adanya gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ). Ia adalah sendi yang bertindak seperti engsel geser, menghubungkan tulang rahang ke tengkorak.

Jika Moms atau Dads mengalami gangguan pada sendi temporomandibular ini, maka kalian akan merasakan nyeri pada sendi rahang dan otot yang mengontrol gerakan rahang.

Sejauh ini, penyebab pasti gangguan TMJ sering kali sulit ditentukan. Rasa sakit juga mungkin disebabkan oleh kombinasi faktor, seperti genetika, radang sendi, atau cedera rahang.

Beberapa orang yang mengalami nyeri rahang ini juga cenderung mengalami bruxism atau kebiasaan menggertakan gigi saat tidur di malam hari.

Namun, banyak juga orang yang mengalami bruxism tetapi tidak mengalami gangguan rahang berbunyi ini.

Yuk, Moms, cari tahu lebih dalam mengenai gangguan rahang berbunyi ini dan cara mengatasinya dengan tepat berikut!

Baca Juga: Sakit Rahang: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Faktor Risiko Rahang Berbunyi

Rahang Berbunyi
Foto: Rahang Berbunyi

Foto Ilustrasi Rahang Berbunyi saat Mengunyah (Orami Photo Stock)

Sendi temporomandibular menggabungkan aksi engsel dengan gerakan geser.

Bagian-bagian tulang yang berinteraksi dalam sendi ini ditutupi dengan tulang rawan dan dipisahkan oleh cakram penyerap goncangan kecil, yang biasanya membuat gerakan tetap lancar.

Gangguan TMJ ini bisa menyebabkan rahang berbunyi saat makan atau lainnya. Rasa sakit pun bisa dirasakan, jika:

  • Disk terkikis atau bergerak keluar dari keselarasan yang tepat.
  • Tulang rawan sendi rusak karena radang sendi.
  • Sendi rusak karena pukulan atau benturan lainnya.

Namun, dalam banyak kasus, penyebab gangguan TMJ tidak jelas.

Sementara itu, ada beberapa faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan gangguan TMJ ini, antara lain:

  • Berbagai jenis radang sendi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
  • Cedera rahang.
  • Menggerinda atau mengepalkan gigi dalam jangka panjang (kronis).
  • Penyakit jaringan ikat tertentu yang menyebabkan masalah yang dapat mempengaruhi sendi temporomandibular.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan gangguan TMJ bersifat sementara dan dapat dikurangi dengan perawatan mandiri atau perawatan non-bedah.

Pembedahan biasanya merupakan pilihan terakhir setelah tindakan konservatif gagal, tetapi beberapa orang dengan gangguan TMJ dapat mengambil manfaat dari perawatan bedah.

Baca Juga: 11+ Penyebab Nyeri Rahang saat Hamil yang Kerap Moms Alami, Yuk Cek!

Diagnosa yang Bisa Dilakukan

Rahang Berbunyi
Foto: Rahang Berbunyi (healthtuition)

Foto Pemeriksaan Rahang (Orami Photo Stock)

Dokter atau dokter gigi akan mendiskusikan gejala rahang berbunyi dan akan memeriksa rahang. Dokter mungkin akan melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mendengarkan rahang saat Moms membuka dan menutup mulut.
  • Mengamati rentang gerak di rahang.
  • Tekan area di sekitar rahang untuk mengidentifikasi lokasi nyeri atau ketidaknyamanan
  • Jika dokter atau dokter gigi mencurigai adanya masalah, Moms mungkin perlu melakukan beberapa hal, seperti:
  • Rontgen gigi untuk memeriksa gigi dan rahang.
  • CT scan untuk memberikan gambar rinci dari tulang yang terlibat dalam sendi.
  • MRI untuk mengungkapkan masalah dengan cakram sendi atau jaringan lunak di sekitarnya
  • Artroskopi TMJ kadang-kadang digunakan dalam diagnosis gangguan TMJ. Selama artroskopi TMJ, dokter akan memasukkan tabung tipis kecil (kanula) ke dalam ruang sendi, dan kamera kecil (artroskop) kemudian dimasukkan untuk melihat area tersebut dan untuk membantu menentukan diagnosis.

Baca Juga: Ingin Operasi Rahang? Cari Tahu Dulu Jenis dan Prosedur Operasinya, Moms

Cara Mengatasi Gangguan Rahang Berbunyi

Rahang Berbunyi
Foto: Rahang Berbunyi (Orami Photo Stock)

Foto Ilustrasi Operasi Rahang (Orami Photo Stock)

Dalam beberapa kasus, gejala gangguan rahang berbunyi saat mengunyah dapat hilang tanpa pengobatan.

Namun jika gejala menetap, dokter mungkin merekomendasikan berbagai pilihan pengobatan, sering kali lebih dari satu untuk dilakukan pada waktu yang sama.

1. Obat-Obatan

Seiring dengan perawatan non-bedah lainnya, pilihan pengobatan ini dapat membantu meringankan rasa sakit. Beberapa obat yang bisa diresepkan antara lain:

  • Pereda Nyeri dan Anti Inflamasi. Jika obat pereda nyeri yang dijual bebas tidak cukup untuk meredakan nyeri, dokter atau dokter gigi mungkin akan meresepkan pereda nyeri yang lebih kuat untuk waktu yang terbatas, seperti ibuprofen.
  • Antidepresan Trisiklik. Obat-obatan ini, seperti amitriptyline, sebagian besar digunakan untuk depresi, tetapi dalam dosis rendah, kadang-kadang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, kontrol bruxism, dan sulit tidur.
  • Relaksan Otot. Jenis obat ini kadang-kadang digunakan selama beberapa hari atau minggu untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan TMJ yang disebabkan oleh kejang otot.

2. Terapi

Terapi non-obat untuk gangguan ini antara lain:

  • Belat Mulut atau Pelindung Mulut (Peralatan Oklusal). Sering kali, orang dengan nyeri rahang akan mendapat manfaat dari memakai perangkat lunak atau keras yang dimasukkan ke gigi mereka, tetapi alasan mengapa perangkat ini bermanfaat tidak dipahami dengan baik.
  • Terapi Fisik. Seiring dengan latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot rahang, perawatan mungkin termasuk ultrasound, panas-lembap dan es.
  • Penyuluhan. Pendidikan dan konseling dapat membantu Moms memahami faktor dan perilaku yang dapat memperburuk rasa sakit, sehingga Moms dapat menghindarinya. Contohnya termasuk mengatupkan atau menggertakkan gigi, bersandar pada dagu, atau menggigit kuku.

3. Pembedahan atau Prosedur Lainnya

Ketika metode lain tidak membantu, dokter mungkin menyarankan prosedur seperti:

  • Artrosentesis. Arthrocentesis adalah prosedur invasif minimal yang melibatkan penyisipan jarum kecil ke dalam sendi sehingga cairan dapat diairi melalui sendi untuk menghilangkan puing-puing dan produk sampingan inflamasi.
  • Suntikan. Pada beberapa orang, suntikan kortikosteroid ke dalam sendi dapat membantu. Pada kasus yang jarang, dokter akan menyuntikkan toksin botulinum tipe A (Botox, lainnya) ke dalam otot rahang yang digunakan untuk mengunyah dapat meredakan nyeri yang terkait dengan gangguan rahang berbunyi.
  • Artroskopi TMJ. Dalam beberapa kasus, operasi arthroscopic bisa sama efektifnya untuk mengobati berbagai jenis gangguan TMJ seperti operasi sendi terbuka. Sebuah tabung tipis kecil (kanula) ditempatkan ke dalam ruang sendi, sebuah arthroscope kemudian dimasukkan dan instrumen bedah kecil digunakan untuk operasi. Artroskopi TMJ memiliki risiko dan komplikasi yang lebih sedikit daripada operasi sendi terbuka, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan.
  • Kondilotomi yang Dimodifikasi. Kondilotomi yang dimodifikasi menangani gejala rahang berbunyi secara tidak langsung, dengan pembedahan pada mandibula, tetapi tidak pada sendi itu sendiri. Ini mungkin membantu untuk pengobatan rasa sakit dan jika penguncian dialami.
  • Operasi Sendi Terbuka. Jika nyeri rahang tidak sembuh dengan perawatan yang lebih konservatif dan tampaknya disebabkan oleh masalah struktural pada sendi, dokter atau dokter gigi mungkin menyarankan operasi sendi terbuka (arthrotomy) untuk memperbaiki atau mengganti sendi. Namun, operasi sendi terbuka melibatkan lebih banyak risiko daripada prosedur lain dan harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati, setelah membahas pro dan kontra.

Baca Juga: 10 Penyebab Jerawat di Rahang dan Leher, Moms Perlu Tahu!

Itulah ulasan mengenai penyebab rahang berbunyi saat mengunyah dan pengobatannya.

Namun, jika dokter merekomendasikan operasi atau prosedur lain, pastikan untuk mendiskusikan potensi manfaat dan risikonya terlebih dahulu, ya!

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tmj/symptoms-causes/syc-20350941
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15066-temporomandibular-disorders-tmd-overview
  • https://www.healthline.com/health/tmj-disorders

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb