28 Agustus 2022

7 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Jerawat!

Inilah manfaat rosehip oil yang sedang naik daun di kalangan pemerhati dunia kecantikan
7 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Jerawat!

Rosehip oil banyak diperbincangkan oleh para perempuan karena manfaat kecantikannya.

Jika dulu di kalangan pencinta dunia kecantikan, minyak kelapa merupakan minyak yang dinilai memiliki banyak khasiat bahkan dinilai sebagai Ratu-nya minyak alami.

Eits, tunggu dulu. Kini ada pesaing baru yang sedang digadang-gadang oleh banyak orang, terutama wanita, yaitu rosehip oil.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Minyak Wortel, Bagus untuk Kulit Wajah

Kate Middleton, Miranda Kerr, dan Gwyneth Paltrow adalah tiga sosok nama bisa dibilang perlu bertanggung jawab atas tingginya minat banyak orang terhadap rosehip oil.

Mereka mengaku jatuh cinta dan tidak bisa meninggalkan minyak ini karena berkat minyak alami tersebut, kulit wajah mereka tampak segar, kenyal, dan glowing!

Apakah Moms juga tergoda untuk membeli jenis minyak yang kian menjamur di setiap brand kecantikan di pasaran ini?

Jika ya, sebenarnya apa sih kelebihan dari minyak ini? Mari berkenalan lebih jauh dengan minyak alami ini sebelum membeli!

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Moms Wajib Tahu

Mengenal Rosehip Oil

original certified organic co2 rosehip oil
Foto: original certified organic co2 rosehip oil

Foto Rosehip Oil (Orami Photo Stock)

Jangan pernah mengira dan membayangkan bahwa rosehip oil berasal dari ekstrak bunga mawar (rose). Bukan, Moms! Salah besar.

Dilansir dari laman Healthline, rosehip oil adalah minyak yang berasal dari mawar rosa kanina yang sebagian besar tumbuh di negara Chili.

Tidak seperti minyak bunga mawar yang diambil dari ekstraksi kelopak bunga mawar, minyak ini diambil dari proses penyulingan buah dan biji dari rosa canina tersebut ketika kelopak mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Baca Juga: Ini 10+ Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Zaman dahulu kala, penduduk asli Amerika dan Suku Maya gemar menggunakannya untuk membantu mengatasi luka. Namun kini rosehip oil banyak dirasakan manfaatnya untuk kulit wajah.

Setidaknya demikian penuturan Miranda Kerr dan penikmat dunia kecantikan yang telah menggunakan minyak ini secara teratur.

Menurut Gary Goldenberg, M.D, selaku Medical Director dari Mount Sinai Dermatology Faculty Practice, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa rosehip seed oil merupakan kandungan terbaik bagi kulit.

Meski demikian, bukan berarti kandungan ini tidak memberi manfaat baik bagi kulit seseorang.

Baca juga: Kandidiasis, Jamur Vagina yang Pengaruhi Kesuburan?

Manfaat Rosehip Oil untuk Kulit

Perawatan Kulit Paling Tepat untuk Kulit Acne Prone.jpg
Foto: Perawatan Kulit Paling Tepat untuk Kulit Acne Prone.jpg (Orami Photo Stock)

Foto Ilustrasi Manfaat Rosehip Oil untuk Kulit (Orami Photo Stock)

Kurang lebih sama seperti berbagai produk perawatan kecantikan di pasaran.

Sebuah formula yang cocok untuk kulit seseorang belum tentu cocok digunakan oleh orang lain.

Rosehip oil memiliki berbagai kandungan bahan aktif, seperti linoleat, alpha-linolenic, asam oleat, serta berbagai vitamin dan asam lemak esensial.

Tak hanya itu saja, ia juga mengandung zat antiradang, antivirus, dan antijamur.

Dalam dunia aromaterapi, rosehip oil juga sering digunakan sebagai carrier oil yang dicampurkan dengan minyak esensial lainnya.

Meski demikian, tetap saja ada beberapa manfaat dari rosehip oil bagi kulit yang bisa dirasakan oleh Moms.

Apa saja sih manfaat dari rosehip oil? Yuk simak di sini secara lengkap!

1. Membantu Melembapkan Kulit

Mengutip International Journal of Molecular Sciences, menyatakan bahwa rosehip oil dapat berperan sebagai pelindung alami yang membantu memperbaiki tekstur kulit.

Semua ini berkat kandungan ceramide dan asam linoleate yang membantu melembapkan kulit.

Jadi, jika Moms memiliki masalah kulit wajah kering, mudah iritasi, dan terasa gatal, tak ada salahnya mencoba mengaplikasikan minyak ini ke seluruh wajah. Lakukan setelah membersihkan wajah, ya!

2. Mengatasi Jerawat

Sebagian besar masalah kulit orang yang tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia adalah kulit berminyak dan jerawat. Nah, rosehip oil ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Karena mengandung retinoid, yaitu senyawa turunan vitamin A yang membantu mengatasi jerawat.

Asal tahu saja, dokter kulit sudah memercayai keampuhan retinoid untuk mencegah penuaan, mencerahkan kulit, hingga menyamarkan bekas jerawat di wajah.

Penelitian yang dilakukan dalam American Journal of Pharmtech Research pun membuktikan keampuhan zat tersebut.

Pada penelitiannya, peneliti ingin mengetahui potensi krim antijerawat yang mengandung minyak ini dan retinoid. Penelitian ini melibatkan 60 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok.

Baca Juga: Punya Kulit Berminyak Bukan Masalah Kok, Ini Manfaat dan Cara Merawatnya

Satu kelompok mengoleskan krim herbal yang mengandung rosehip oil selama setidaknya 2 minggu. Sedangkan, kelompok lainnya mengoleskan krim plasebo.

Di dunia penelitian, plasebo merupakan “obat kosong” yang tidak mengandung bahan aktif yang dimaksudkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kesehatan tertentu.

Namun, orang yang menerima plasebo tidak mengetahui dirinya menggunakan obat kosong, sehingga percaya bahwa mereka minum obat asli dan mengalami kemajuan dari konsumsi obat atau penanganan medis yang mereka lakukan. Padahal, sebenarnya tidak ada efeknya sama sekali.

Bagaimana hasilnya? Kelompok yang menggunakan krim herbal mendapatkan perubahan signifikan dibandingkan kelompok lainnya.

Mereka merasakan perubahan tampilan kulit yaitu radang kulit mereda dan kulit tampak lebih cerah.

Baca Juga: Kalori Minyak Goreng, Manakah Minyak yang Lebih Sehat untuk Memasak?

3. Mencegah Penuaan Dini

Rosehip oil kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin A, dan vitamin K.

Tak heran rasanya jika ia digadang-gadang mampu membantu mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, dan memperbaiki tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Jadi, jika Moms ingin tampilan kulit tampak segar lebih lama dan terhindar dari keriput, garis halus, serta hiperpigmentasi, sertakan rosehip oil dalam bagian produk perawatan kulit harian.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Kulit, Salah Satunya dengan Minyak Zaitun!

4. Membantu Mengatasi Radang Kulit

Berbagai penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, serta masalah kulit lain akibat terbakar sinar matahari dapat membuat kulit terasa kering, kemerahan, perih, gatal, dan iritasi.

Moms dapat mengatasi masalah kulit tersebut dengan rosehip oil. Hal ini karena kandungan polifenol, antosianin, dan vitamin E yang terdapat pada minyak herbal tersebut.

Baca Juga: 21+ Fakta Seputar Stretch Mark pada Ibu Hamil, Sudah Tahu?

5. Mencegah Stretch Mark

Rosehip oil juga membantu mencegah stretch mark yang kerap dialami oleh Moms yang sedang hamil dan sesudah melahirkan. Hal ini dibuktikan dalam International Journal of Cosmetic Science.

Meski demikian, Moms tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit jika ingin mengaplikasikan rosehip oil ini.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kecantikan, Bisa Dipakai Sebelum Tidur

6. Membersihkan Makeup

Salah satu manfaat dari minyak ini selanjutnya adalah membersihkan makeup.

Jika Moms kerap merasa kesulitan untuk membersihkan makeup yang bersifat waterproof (tahan air) dan juga kering, minyak ini bisa menjadi solusi, lho!

Minyak rosehip bisa membersihkan wajah dengan baik. Selain itu, Moms juga tak perlu takut kulit wajah kehilangan kelembapannya.

Tak sampai sana, jenis minyak ini juga bisa membuat kulit terasa kenyal serta kecil kemungkinannya memunculkan tanda alergi.

Minyak rosehip juga dengan mudah menyerap ke dalam kulit, lho! Jadi Moms tak perlu khawatir jika minyak ini bisa menyumbat pori-pori.

Tak sampai sana, minyak ini juga cocok bagi Moms yang memiliki kulit berminyak atau yang rentan berjerawat. Jadi, tidak perlu khawatir, ya!

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Bulus, Sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

7. Tingkatkan Produksi Kolagen

Tahukah Moms rosehip oil disebut bisa meningkatkan produksi kolagen?

Kolagen sendiri sangat penting agar kulit bisa elastis, tetap kencang. Hal itulah yang membuat kita menjadi awet muda.

Hal ini pun disebutkan dalam jurnal Clinical Interventions in Aging.

Tubuh sendiri bisa memproduksi kolagen secara alami. Kendati demikian, produksi kolagen bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia kita.

Nah, untuk meningkatkan produksi kolagen kulit, minyak ini bisa sangat membantu, lhi! Kolagen sendiri berasa dari kandungan vitamin A dan vitamin C.

Tak hanya itu, Moms! minyak ini pun disebut bisa menghambat produksi enzim yang bertugas menghancurkan kolagen yakni MMP-1.

Jadi, selain mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen dari dari dalam tubuh, Moms juga bisa menggunakan minyak ini untuk pemakaian luar.

Baca Juga: Apa Itu Minyak Samin? Ketahui Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Moms!

Demikian berbagai manfaat rosehip oil yang Moms perlu ketahui bagi kecantikan kulit.

Perlu diketahui, meski memiliki tingkat kemungkinan alergi yang kecil, Moms perlu melakukan tes alergi sebbelum menggunakan rosehip oil.

Jangan sampai penggunaan rosehip oil malah membuat Moms menyesal ya!

  • https://www.mdpi.com/1422-0067/19/1/70/htm
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/ics.12029
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/rosehip-oil-for-face
  • https://www.goodhousekeeping.com/health/a20706831/rosehip-oil-benefits/
  • https://www.researchgate.net/publication/261768495_CHARACTERIZATION_AND_PHYSICOCHEMICAL_EVALUATION_OF_AN_HERBAL_ANTI-ACNE_CREAM
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4655903/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb