29 April 2019

Sederhana, Inilah 5 Faktor yang Membuat Anak Kuat dan Tak Mudah Terserang Penyakit

Pasti setiap ibu ingin tahu rahasianya. Ternyata mudah, kok!
Sederhana, Inilah 5 Faktor yang Membuat Anak Kuat dan Tak Mudah Terserang Penyakit

Moms tentu sedih bila melihat Si Kecil jatuh sakit. Hal ini biasanya dikarenakan banyak faktor. Bisa jadi karena cuaca yang tak menentu hingga daya tahan tubuhnya yang memang terbilang lemah.

Meski demikian, tak jarang pula Moms menemukan teman-teman Si Kecil yang tubuhnya kuat alias jarang sakit.

Baca Juga : Masih Biarkan Si Kecil Jajan Sembarangan? Hati-hati, Ini 6 Bahaya Bagi Kesehatannya

Pasti Moms bertanya-tanya apa saja rahasianya? Coba simak beberapa faktor berikut, ternyata ini yang membuat anak-anak kita jadi kuat dan tak mudah teserang penyakit.

1. Tak Suka Jajan Sembarangan

Makanan kerap menjadi sumber penyakit bila kebersihannya tak terjaga.

Untuk itu, ajari Si Kecil untuk selalu berhati-hati dengan jajanan yang mereka konsumsi, terutama bila mereka membelinya di pengawasan Moms. upayakanlah agar mereka tidak jajan sembarangan, terutama bila jajanan tersebut dijual dipinggir jalan.

Alangkah baiknya jika camilan yang mereka sukai Moms yang menyiapkan sehingga mereka akan semakin kecil kemungkinanya untuk jajan diluar rumah atau sekolah.

2. Imunisasi Dasar Lengkap

Imunisasi dasar yang lengkap untuk akan sangat membantu Si Kecil untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tak mudah terserang penyakit. Pemberian imunisasi ini berguna untk melemahkan virus atau bakteri penyebab penyakit yang diberikan kepada Si Kecil dengan cara suntik atau minum.

Setelah virus penyakit masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan terangsang untuk melawan penyakit tersebut dengan membentuk antibodi. Antibodi tersebutlah yang nantinya akan terus ada di dalam tubuh untuk melawan penyakit yang mencoba menyerang Si Kecil.

Baca Juga : Apa Saja 5 Imunisasi Wajib bagi Bayi?

3. Istirahat yang Cukup

Si Kecil memang tentunya sangat gemar beraktifitas dan bermain, tak hanya diluar rumah tetapi juga diluar rumah. Hal ini wajar saja kok Moms, asalkan semua kegiatannya diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Moms harus mampu mengatur waktunya dengan baik, mintalah mereka untuk selalu tidur tepat waktu dan upayakan jangan sampai waktu tidur mereka kurang.

4. Berolahraga

Tahukah Moms, olahraga ternyata tak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja lho. karena olahraga berfungsi untuk membangkitkan sel-sel yang dapat bekerja secara maksimal untuk menghadapi serangan berbagai macam virus penyebab penyakit.

Anak-anak yang rajin berolahraga tubuhnya terbukti lebih bugar, tak gampang lelah sehingga tak mudah pula untuk terserang penyakit.

Baca Juga : Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

5. Kebersihan yang Terjaga

Terakhir, kebersihan merupakan kunci utama untuk menghindari penyakit. Rumah dan kondisi tubuh yang bersih akan menunjang kesehatan Moms hingga Si kecil.

Cukup mudah kok Moms untuk menjaga kebersihan, mulailah dari rumah hingga biasakan Si Kecil untuk selalu mandi dan mencuci tangan sebelum makan. Jangan lupa pula untuk minta mereka selalu berganti pakaian setiap pulang atau mendapati pakaian yang basah.

Jadi, jangan pernah biarkan sumber penyakit datang dari hal-hal sederhana, ya, Moms.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb