ADVERTISEMENT

OLAHRAGA & KEBUGARAN
21 Juni 2022

9 Manfaat Hot Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bisa turunkan berat badan hingga memelihara kesehatan kulit
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Widya Citra Andini

Hot yoga menjadi salah satu jenis olahraga yoga yang cukup populer. Pasalnya, melakukan yoga di suhu panas ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Sesuai namanya, yoga dilakukan dalam ruangan yang dipanaskan di atas suhu ruangan normal.

Panas dapat diatur ke apa pun yang diinginkan oleh instruktur yoga, meskipun biasanya antara 80 dan 100 ° F (27 dan 38 ° C).

Sesi hot yoga dapat mencakup berbagai pose dan waktu setiap kelas akan bervariasi dari tiap studio.

Tidak seperti yoga pada umumnya, ini merupakan latihan yang lebih tenang dan serius.

Jenis yoga ini sering memasukkan musik dan menyertakan lebih banyak interaksi di antara orang-orang di kelas. Meski berbeda, hot yoga sering disamakan dengan bikram yoga.

Manfaat Hot Yoga

ADVERTISEMENT

Lingkungan yang panas memang dapat membuat latihan yoga lebih menantang atau lebih sulit.

Namun, jika dilakukan dengan benar dan aman, hot yoga dapat memberikan banyak manfaat.

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Foto: Fleksibilitas.jpg

ADVERTISEMENT

Foto Gerakan Yoga (Orami Photo Stock)

Moms mungkin sudah paham bahwa peregangan setelah kita memanaskan otot-otot lebih aman daripada meregangkan otot-otot dingin.

Ini berarti, lingkungan seperti studio hot yoga dapat membuat pose yoga lebih mudah dan lebih efektif.

Panas memungkinkan kita meregangkan otot sedikit lebih jauh dan mencapai rentang gerakan yang lebih besar.

ADVERTISEMENT

Sebuah studi dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa setelah 8 minggu, peserta yoga memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi di punggung bawah, bahu, dan paha belakang daripada kelompok kontrol.

Baca Juga: Selain Melatih Fokus, Ini Manfaat Lain Yoga Untuk Anak

2. Membakar Lebih Banyak Kalori

Foto: Hot yoga 2.jpg

Foto Olahraga dengan Matras (Orami Photo Stock)

Seseorang yang beratnya 72 kg dapat membakar sekitar 183 kalori per jam dengan yoga tradisional.

Dengan menambahkan suhu panas dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori.

Menurut para peneliti di Colorado State University, pembakaran kalori dapat mencapai 260 kalori untuk pria dan 149 kalori untuk wanita selama sesi yoga 90 menit.

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Hot yoga meskipun tidak sekuat sesi Bikram Yoga, juga mampu membakar lebih banyak kalori daripada latihan yoga tradisional.

3. Membangun Kepadatan Tulang

Foto: Kepadatan tulang.jpg

Foto Gerakan Yoga (Orami Photo Stock)

Menyangga berat badan selama pose yoga dapat membantu membangun kepadatan tulang.

Ini sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua dan wanita premenopause, karena kepadatan tulang menurun seiring bertambahnya usia.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Research terhadap wanita yang berpartisipasi dalam Bikram yoga selama 5 tahun, menemukan fakta menarik.

Wanita premenopause telah meningkatkan kepadatan tulang di leher, pinggul, dan punggung bawah mereka.

ADVERTISEMENT

Hal ini membuat para penulis penelitian meyakini bahwa Bikram yoga atau hot yoga dapat menjadi pilihan efektif untuk mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

4. Mengurangi Stres

Foto: Meringankan depresi.jpg

Foto Berolahraga (Orami Photo Stock)

Banyak orang beralih ke yoga sebagai cara alami untuk mengatasi stres.

Penelitian dalam Journal of Science and Medicine in Sport meneliti orang dewasa yang stres dan tidak aktif secara fisik.

Hasil penelitiannya menemukan bahwa program hot yoga selama 16 minggu secara signifikan mengurangi tingkat stres peserta.

ADVERTISEMENT

Pada saat yang sama, hot yoga juga mampu meningkatkan kualitas hidup mereka yang berkaitan dengan kesehatan, serta kepercayaan diri bahwa kita memiliki kendali atas perilaku, dan lingkungan sosial yang ada.

6. Meringankan Depresi

Foto: Mengurangi stress.jpg

Foto Pertemanan Bahagia (Orami Photo Stock)

Yoga dikenal sebagai teknik untuk membantu kita menjadi rileks dan meningkatkan suasana hati.

Menurut American Psychology Association, itu juga bisa menjadi terapi yang membantu untuk mengurangi gejala depresi.

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa yoga adalah cara yang efektif untuk mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: Yoga Hamil, Apa Manfaatnya untuk Janin?

ADVERTISEMENT

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Foto: Kesehatan jantung.jpg (Orami Photo Stock)

Foto Ilustrasi Kesehatan Jantung (Orami Photo Stock)

Pose yoga yang berbeda dengan panas yang tinggi dapat memberikan latihan untuk jantung, paru-paru, dan otot yang lebih menantang, daripada melakukan pose yang sama di suhu yang lebih rendah.

Hanya satu sesi hot yoga sudah cukup untuk membuat jantung Anda memompa pada kecepatan yang sama dengan jalan cepat atau sekitar 3,5 mil per jam.

Hot yoga juga dapat meningkatkan pernapasan dan metabolisme.

8. Mengurangi Kadar Glukosa Darah

Foto: Menurunkan glukosa dalam darah.jpeg

Foto Kadar Gula Darah (Orami Photo Stock)

Jenis olahraga apa pun dapat membantu membakar energi dan mengurangi kadar glukosa (gula) yang bersirkulasi dalam aliran darah.

Hot yoga dapat menjadi olahraga yang sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan risiko lebih tinggi untuk diabetes tipe 2.

Program yoga Bikram jangka pendek meningkatkan toleransi glukosa pada orang dewasa yang lebih tua dengan obesitas, tetapi kurang berpengaruh pada orang dewasa muda dan kurus.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Foto: Membuat kulit sehat.jpg

Foto Wanita dengan Baju Olahraga (Orami Photo Stock)

Banyak berkeringat adalah salah satu tujuan utama dari yoga panas.

Salah satu manfaat dari berkeringat di lingkungan yang hangat adalah dapat meningkatkan sirkulasi, membawa darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit.

Ini, pada gilirannya, dapat membantu menyehatkan kulit dari dalam.

Singkatnya, hot yoga adalah pilihan yang bagus bagi orang yang ingin terhubung dengan pikiran dan tubuh mereka, seperti semua bentuk yoga lainnya. Perbedaannya murni pada lingkungan.

Baca Juga: Prenatal Yoga, Apa Manfaatnya dan Teknik yang Dilakukan?

Namun, Moms harus tetap mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan yoga ini tanpa cedera.

Sebaiknya imbangi dengan minum cukup air demi menyeimbangkan kelembapan yang membuat tubuh kita berkeringat dan bernapas.

Namun, perlu diingat bahwa jika Moms memiliki tekanan darah terlalu tinggi atau rendah, penyakit jantung, dan rentan terhadap heat stroke konsultasikan dulu ke dokter sebelum melakukan hot yoga.

  • https://www.healthline.com/health/hot-yoga-benefits
  • https://www.womenshealthmag.com/fitness/a26226148/benefits-of-hot-yoga/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22592178/
  • https://pdfs.semanticscholar.org/ad1b/43b2d9ec325f9dcefa0f71fbab565c3a6dfd.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28866110/

Sebelumnya

Gerakan Kayang: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukan
Defara Millenia • 13 Jun 2022

Selanjutnya

Kejang Otot: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegahnya
Orami • 25 Jun 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT