21 Agustus 2018

Supaya Empuk, Begini 4 Cara Mengolah Buntut Sapi yang Benar

Buntut impor ternyata lebih empuk dibanding buntut lokal
Supaya Empuk, Begini 4 Cara Mengolah Buntut Sapi yang Benar

Selain daging dan iga, buntut juga ternyata punya banyak penggemar. Moms mungkin salah satunya. Cukup banyak olahan buntut yang ada di pasaran, seperti sup buntut, nasi goreng buntut, buntut bakar, hingga buntut goreng.

Chef de Cuisine Candra Perdana Sudirgo dari La Moda Plaza Indonesia menjelaskan bahwa memasak buntut sendiri di rumah memang cukup tricky. Tidak heran banyak orang membelinya ketimbang mengolahnya sendiri di rumah.

“Kalau tidak benar mengolahnya, buntut itu bau amis. Dagingnya juga nanti tidak empuk,” kata Chef Candra saat ditemui di sela event Indonesia Food & Art Festival, Kamis (2/8).

Sulit, lanjut Chef Candra, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Menurutnya, tidak sulit mengolah buntut, asal tahu caranya. Penasaran seperti apa cara mengolah buntut yang benar? Chef Candra punya triknya!

Pemilihan Buntut

1 buntut
Foto: 1 buntut

foto: simplyrecipes.com

Chef Candra mengatakan bahwa pemilihan jenis buntut yang akan dimasak bisa mempengaruhi cara memasaknya.

Buntut impor, kata Chef Candra, meskipun harganya lebih mahal, tekstur buntutnya lebih lembut, dagingnya lebih tebal, dan lebih mudah empuk. Baunya pun tidak terlalu menyengat.

“Kalau buntut lokal lebih susah empuknya. Jadi, harus lebih lama juga merebusnya,” jelasnya.

Baca Juga: Yuk Bikin Sate Daging Sapi yang Cocok Disajikan untuk Keluarga!

Cuci dengan Air Panas

2 buntut
Foto: 2 buntut

foto: pinterest.com

Setelah memilih buntut, yang harus Moms lakukan adalah mencucinya. Buntut memang punya aroma amis yang agak menyengat. Makanya, proses pencucian buntut harus dilakukan beberapa kali dengan air panas.

“Buntut dicuci tiga kali dengan air panas. Tujuannya untuk menghilangkan lemak dan bau amisnya. Setelah itu, baru direbus agar dagingnya empuk,” tutur Chef Candra.

Rebus Selama 8 Jam

3 buntut
Foto: 3 buntut

foto: thespruceeats.com

Agar dagingnya empuk, buntut perlu direbus hingga delapan jam lamanya. Perebusannya pun tidak sembarangan. Chef Candra mengatakan, api yang digunakan untuk merebus haruslah api kecil.

“Daging itu kan 75 persennya air, kalau dikasih api besar, daging akan menciut. Nah, agar tidak menciut, perebusannya pakai api kecil saja. Memang harus sabar menunggu sampai empuk,” jelasnya.

Baca Juga: Resep: Sup Kentang Sayuran

Tambahkan Bumbu-bumbu

4 buntut
Foto: 4 buntut

foto: eattheeast.com

Saat merebus buntut, Moms juga harus memasukkan beberapa bumbu untuk membantu menghilangkan aroma amis buntut sekaligus memberikan cita rasa.

“Bumbunya itu bawang merah dan bawang putih ditumis dengan sedikit sekali minyak, lengkuas, serai, dan biji pala. Nah, biji pala ini wajib karena bisa membantu menghilangkan bau amis,” kata Chef Candra.

Nah, ternyata ada cara khusus untuk mengolah buntut agar empuk dan tidak bau amis ya Moms. Selamat mencoba!

(AND)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb