06 Maret 2022

Moms Punya Tanaman Suplir? Begini Cara Merawat dan Repotting yang Tepat!

Bisa Moms pilih untuk mempercantik ruangan di rumah!
Moms Punya Tanaman Suplir? Begini Cara Merawat dan Repotting yang Tepat!

Moms yang sedang mencari tanaman hias untuk membuat ruangan di rumah tampak semakin indah mungkin bisa memilih tanaman suplir.

Ada banyak jenis tanaman suplir yang bisa Moms gunakan untuk membuat hunian semakin nyaman. Salah satunya jenis Maidenhair Fern.

Tanaman suplir ini memiliki daun berbentuk kipas halus, biasanya berkerumun di batang hitam kurus.

Selain menjadi tanaman hias yang populer, tanaman suplir juga dapat ditemukan di alam, mereka tumbuh di tempat-tempat tidak umum, seperti di dinding batu dan di antara celah-celah batu yang memiliki kelembapan tinggi.

Maidenhair Fern merupakan jenis tanaman suplir yang tumbuh lambat dan biasanya membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk mencapai ukuran dewasa penuh.

Baca Juga: Mengenal Bunga Kupu-kupu, Tanaman Mewah Berdaun Ungu

Cara Merawat Tanaman Suplir

tanaman suplir.jpg
Foto: tanaman suplir.jpg (houseofplantresourcenter.com)

Foto: houseofplantresourcenter.com

Tanaman suplir memiliki berbagai kegunaan di dalam ruangan. Mereka dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot atau keranjang gantung dalam posisi yang terang benderang dari angin.

Selain itu, suplir termasuk tanaman dari beberapa terarium (tanaman yang ditanam di dalam wadah yang terbuat dari kaca) untuk mempercantik ruangan.

Dedaunannya yang berbeda juga digunakan sebagai dedaunan pengisi dalam rangkaian bunga.

Apabila Moms berminat untuk merawatnya di rumah, berikut hal-hal yang perlu Moms perhatikan agar pertumbuhannya maksimal.

1. Cahaya

Di lingkungan hutan alami mereka, tanaman suplir tumbuh ditutupi oleh kanopi pohon, menerima sedikit naungan dan sedikit sinar matahari parsial.

Untuk berhasil menumbuhkan tanaman suplir di dalam ruangan, cara yang terbaik adalah mencoba dan meniru kondisi ini dengan menemukan tempat di rumah Moms yang hanya menerima sinar matahari tidak langsung.

Hindari cahaya yang keras atau sinar langsung, karena daun halus dari tanaman suplir dapat terbakar dengan sangat mudah.

2. Tanah

Tanaman suplir lebih menyukai tanah pot yang lembap karena air sangat penting untuk tumbuh kembang mereka.

Jadi, pastikan untuk menciptakan lingkungan yang tepat bagi tanaman suplir dengan memasukkan lumut atau bahan organik seperti kompos ke dalam tanah untuk membantunya menahan air.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman dalam Pot untuk Pemula, Anti Gagal!

3. Air

cara merawat suplir.jpg
Foto: cara merawat suplir.jpg (kiwinurseries.com)

Foto: kiwinurseries.com

Jika Moms menginginkan tanaman suplir tumbuh subur, maka fokuslah pada berbagai sumber air sehingga tanahnya tetap lembap secara konsisten.

Moms bisa menciptakan lingkungan yang ideal bagi tanaman suplir dengan cara menyiraminya secara konsisten setiap hari dan jangan biarkan tanah mengering.

Gunakan juga pot plastik berlubang untuk menanam suplir, lalu letakkan pot plastik lainnya sebagai pot luar agar lebih menarik jika Moms mau.

Dengan cara ini, Moms pun dapat dengan mudah memeriksa tingkat kelembapan di dalam pot plastik, dan lubang drainase akan mencegah tanah menjadi terlalu lembek.

4. Suhu dan Kelembapan

Tanaman suplir membutuhkan udara yang sangat hangat dan lembap. Untuk meniru kondisi idealnya, semprotkan tanaman dengan air hangat beberapa kali sehari untuk menjaga tingkat kelembapan yang tepat pada daunnya yang halus.

Sebagai alternatif, Moms juga dapat menempatkan pot tanaman di dekat pelembap udara atau di atas nampan kerikil basah untuk meningkatkan tingkat kelembapan.

Pertimbangkan juga untuk menempatkan tanaman di lingkungan yang kaya kelembapan di rumah, seperti kamar mandi atau rumah kaca taman.

Jika Moms melihat daun suplir menggulung, ujung daun kering, atau daunnya sering rontok, kemungkinan udara terlalu kering dan tanaman membutuhkan lebih banyak kelembapan.

Dari segi suhu, tanaman suplir paling baik disimpan di atas 20 derajat Celcius.

Baca Juga: 5+ Jenis Tanaman Begonia yang Berwarna Indah, Tertarik untuk Menanamnya?

5. Pupuk

Sebenarnya, suplir tidak terlalu membutuhkan pupuk karena tanaman ini akan tetap tumbuh baik-baik saja tanpanya.

Namun, jika Moms ingin memberikan nutrisi dengan dosis tambahan, berikan pupuk dengan campuran yang seimbang dan diencerkan setiap satu bulan sekali.

Hindari pupuk yang mengandung terlalu banyak nitrogen (200 ppm atau kurang) yang dapat menyebabkan ujung daun suplir terbakar. Selain itu, pemangkasan teratur dan penghilangan daun kecokelatan juga dapat membantu suplir menumbuhkan dedaunan yang lebih lebat.

Cara Repotting Tanaman Suplir

cara repotting tanaman suplir.jpg
Foto: cara repotting tanaman suplir.jpg (plantindex.com)

Foto: plantindex.com

Tanaman suplir dapat direpotting (memindahkan tanaman ke pot baru) setiap tahun atau dua kali setahun, tergantung pada ukuran pot dan tingkat pertumbuhan tanaman.

Namun, jangan buru-buru merepotingnya jika daun suplir hanya memiliki daun sedikit karena ini artinya tanaman tidak cukup subur. Jadi, tunggu suplir tumbuh melampaui rumahnya yang ditandai dengan akar yang mengisi seluruh pot.

Berikut cara memindahkan tanaman suplir ke pot baru sehingga semakin subur dan cepat tumbuh:

  • Gunakan pisau atau sekop untuk memotong akarnya.
  • Bagi tanaman suplir menjadi beberapa bagian yang lebih mudah diatur, dengan mempertahankan minimal dua hingga tiga daun yang sehat dalam setiap batangnya.
  • Tanam setiap bagian ke dalam potnya sendiri, dan pastikan untuk menyiraminya dengan baik.
  • Jangan langsung memupuk suplir yang telah direpotting karena dapat membakar akarnya.

Baca Juga: 11 Jenis Tanaman Puring Berdaun Cantik Beserta Harga untuk Ditanam di Rumah

Masalah pada Tanaman Suplir dan Cara Mengatasinya

masalah pada daun tanaman suplir dan cara mengatasinya.jpg
Foto: masalah pada daun tanaman suplir dan cara mengatasinya.jpg (houseplantjournal.com)

Foto: houseplantjournal.com

Adapun beberapa masalah pada tanaman suplir, seperti daun yang kering dan terbakar beserta cara mengatasinya, yakni:

1. Daun Menguning

Tanaman suplir bisa juga layu yang ditandai dengan perubahan warna daun menjadi kuning. Hal ini mungkin karena suplir mendapatkan terlalu sedikit cahaya.

Jadi, cobalah untuk mencari tempat lain yang lebih cerah sehingga mendapatkan sinar matahari cukup, tetapi hati-hati karena pencahayaan terlalu terik bisa menyebabkan daun terbakar. Selain itu, pastikan tanah selalu lembap secara merata.

2. Daun Mengering

Daun suplir juga bisa mengering dan ini sangat menganggu pertumbuhan tanaman. Untuk mengatasinya, cobalah untuk meningkatkan kelembapan tanaman dengan pelembab udara atau nampan kerikil.

Periksa juga tanahnya. Jika terasa kering sama sekali saat disentuh, segera sirami.

Baca Juga: Hias Rumah dengan Tanaman Calathea, Kenali 8 Jenis dan Cara Merawatnya

3. Daun Berubah Warna Menjadi Kecokelatan

Selain daun yang kuning atau kering, daun suplir juga bisa berubah warna menjadi kecokelatan. Lakukanlah penyiraman untuk meningkatkan kelembapan.

Mineral dalam air juga mungkin dapat menyebabkan masalah perubahan warna daun menjadi kecokelatan, jadi beralihlah ke air suling (atau biarkan air keran keluar semalaman agar kandungan klorinnya dapat menguap). Pastikan juga tanaman tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Daun Pucat dan Terus Berguguran

Daun tanaman suplir yang pucat dan terus berjatuhan mungkin disebabkan oleh tidak cukupnya cahaya. Moms bisa mengatasinya dengan memindahkan suplir ke tempat yang sedikit lebih cerah dan lihat apakah itu dapat membantu.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Ditakuti Ular, Ternyata Ada di Sekitar Kita Lho, Moms!

5. Bintik-bintik di Ujung Daun

Bintik-bintik di ujung daun ini kemungkinan muncul karena spora dan benar-benar normal, bahkan menjadi tanda bahwa tanaman suplir Moms tumbuh dengan sehat.

Nah, itu dia cara merawat dan kegunaan tanaman suplir. Apakah Moms tertarik untuk memilikinya sebagai tanaman hias di rumaj?

  • https://www.thespruce.com/grow-adiantum-ferns-1902722
  • https://www.apartmenttherapy.com/maidenhair-fern-a-difficult-diva-plant-hard-to-keep-alive-241042
  • https://www.bunnings.com.au/diy-advice/garden/planting-and-growing/how-to-grow-and-care-for-maidenhair-ferns
  • https://www.burkesbackyard.com.au/fact-sheets/in-the-garden/indoor-and-potted-plant/maidenhair-fern/
  • https://www.mindbodygreen.com/articles/maidenhair-fern-care-tips

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb