24 Mei 2018

Tidur Setelah Sahur, Apakah Berbahaya?

Tidur setelah sahur rupanya dapat menyebabkan serangan jantung
Tidur Setelah Sahur, Apakah Berbahaya?

Waktu sahur memang bukanlah waktu yang mudah bagi sebagian besar orang, karena susahnya menahan kantuk memang sulit sekali. Karenanya, banyak sekali orang yang langsung bergegas tidur setelah sahur.

Namun sebenarnya, apakah aman untuk tidur setelah sahur? Mari simak beberapa hal yang mungkin terjadi akibat tidur setelah sahur:

Pencernaan Tidak Sempurna

Rupanya, saat kita tidur kerja lambung dan usus akan melambat. Akibatnya, makanan yang sudah kita konsumsi akan menjadi terganggu proses pencernaannya.

Bukan tak mungkin pula makanan yang masih tersisa karena pencernaan yang kurang baik akan membusuk di dalam usus dan meningkatkan produksi gas racun ammonia yang membahayakan tubuh. Untuk itu, janganlah bergegas tidur setelah sahur. Tunggulah sekitar satu hingga dua jam setelah sahur baru tidur kembali.

Meningkatkan Bakteri Jahat

shutterstock 554478352
Foto: shutterstock 554478352

Selain pencernaan yang menjadi terganggu, makanan yang tak tercerna sempurna akan memicu timbulnya bakteri jahat di dalam usus. Bakteri ini sering disebut dengan bakteri anaerob yang akan mendominasi di dalam tubuh.

Hasil dari metabolisme bakteri ini akan bersifat asam dan membuat asam lambung juga ikut meningkat. Pada akhirnya, puasa Moms akan terganggu karena timbulnya penyakit maag.

Baca Juga : Sering Tidur Terlalu Lama? Ini 5 Dampak Buruknya untuk Kesehatan

Masalah Ulu Hati

Pada ulu hati, kemungkinan nyeri dapat terjadi dikarenakan Moms langsung tidur setelah sahur. Hal ini dapat terjadi karena sebelum tidur Moms mengonsumsi makanan berat atau camilan.

Bagian ulu hati yang terasa panas dan nyeri terjadi karena asam lambung yang naik memenuhi rongga dada. Nyeri ulu hati yang sering terjadi juga menjadi salah satu penyebab penyakit maag kronis.

Obesitas

shutterstock 288426965
Foto: shutterstock 288426965

Naiknya berat badan tentu menakutkan bukan bagi Moms? Tak hanya sekedar berat badan yang naik namun langsung tidur setelah sahur ternyata dapat menyebabkan obesitas.

Hal ini dikarenakan kalori yang masuk ke dalam tubuh menumpuk karena tubuh tidak melakukan kegiatan apapun yang bisa membakar kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, berat badan akan naik secara drastis karena lemak menumpuk dan tak terbakar sempurna.

Diabetes dan Serangan Jantung

Hal mengerikan lain yang dapat terjadi adalah diabetes yang merupakan efek dari obesitas. Lemak dan kalori yang menumpuk ini kemudian mengakibatkan kegemukan yang disusul dengan penyakit diabetes.

Selain itu ada pula kemungkinan untuk terjadi seranga jantung, lemak dan kalori yang tidak terbakar bisa menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang memicu timbulnya serangan jantung.

Nah, sekarang Moms tentu akan merubah niat untuk langsung tidur setelah sahur bukan?

Lebih baik lakukan olahraga ringan yang dapat menyempurnakan proses pencernaan sehingga Moms akan terhindar dari sejumlah bahaya yang mengintai.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb