28 Maret 2022

5 Tips Agar Lolos Prakerja Lengkap dengan Syaratnya, Yuk Simak!

Tips agar lolos prakerja ini bisa Moms praktikkan dengan mudah. Selamat mencoba!
5 Tips Agar Lolos Prakerja Lengkap dengan Syaratnya, Yuk Simak!

Tips agar lolos prakerja sering dicari oleh banyak orang terutama bagi meraka yang sedang mencari pekerjaan. Moms sendiri pasti sering dengar tentang Kartu Prakerja, bukan?

Kartu Prakerja sendiri merupakan program pemerintah dengan memberikan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menambah, memiliki, atau memperdalam keterampilan.

Seperti dilansir dari KEMENKEU RI, program ini didesain dalam bentuk digital melalui marketplace agar memudahkan pengguna untuk mencari, membandingkan, memilih, dan memberikan evaluasi.

Moms perlu diketahui kalau Kartu Prakerja tidak hanya untuk para pencari kerja, namun juga untuk buruh, karyawan, dan pegawai. Artinya, kartu ini bersifat umum bagi semua warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun. Namun tidak dikhususkan bagi yang sedang sekolah atau kuliah, ya.

Yuk, cari tau tips agar lolos prakerja.

Tips Agar Lolos Prakerja

kartu-prakerja-gelombang-6
Foto: kartu-prakerja-gelombang-6 (https://jakarta.ayoindonesia.com/nasional/pr-76764817/Kartu-Prakerja-Banyak-Pengguna-Mendapat-Status-Sedang-Dievaluasi-Apa-Artinya)

Foto: jakarta.ayoindonesia.com

Pada Kamis 17 Maret 2022, pendaftaran Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Seperti dilansir dari Kontan, pada gelombang ini pemerintah menargetkan sebanyak 300.000 perserta.

Jadi, untuk Moms yang ingin mencoba daftar, bisa gunakan tips berikut. Simak, ya!

1. Penuhi Persyaratan

Tidak jarang banyak orang melewatkan informasi penting seputar syarat mendaftar Kartu Prakerja. Apabila tidak sesuai syarat, sudah pasti Moms tidak akan lolos.

Sedangkan sesuai ketentuan yang diberikan, tidak semua orang bisa mendapatkan ini. Maka hal ini sangat menentukan keberhasilan Moms saat melakukan pendaftaran.

2. Cari Waktu yang Tepat

Tips agar lolos prakerja selanjutnya adalah menyediakan waktu. Jika Moms ingin mendaftar, sangat disarankan untuk mencari waktu yang tepat dan tidak dalam kesibukan lain. Kurang lebih sediakan 1 jam untuk melengkapi yang diperlukan seperti KTP dan KK.

Pastikan Moms melengkapi semua dokumennya agar tidak kesulitan nantinya. Bisa dikatakan proses pendaftaran memang membutuhkan waktu cukup lama.

3. Pastikan Data Benar

Nah, jika Moms sudah menetapkan waktu yang tepat, saatnya memastikan data yang Moms isi benar. Lakukan pengecekkan 2 kali seperti nomor HP dan email, pastikan juga kalau keduanya dalam kondisi aktif. Apabila masih terdapat kesalahan, Moms bisa menghubungi call center Dukcapil di 1500-538.

4. Cek Kondisi Internet

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, proses pendaftaran cukup memakan waktu dan langkah yang cukup panjang. Seperti membuat akun, verifikasi email, mengisi data diri, hingga rangkaian tes kemampuan dasar. Sehingga pastikan koneksi internet tidak mengganggu proses.

Baca Juga: 15+ Tips Membeli Rumah KPR, serta Langkah Penting yang Harus Dipahami Sebelum Lakukan Pembelian

5. Harus dalam Kondisi Sehat

Tips agar lolos prakerja yang terakhir, adalah pastikan Moms dalam keadaan sehat. Poin ini tidak hanya untuk lolos prakerja, melainkan semua kegiatan. Jika tidak sehat tentunya tidak akan fokus untuk melakukan aktivitas. Walaupun terlihat sepele, tapi menjadi sehat juga diperlukan, lho, Moms.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

5-fakta-kartu-prakerja-gelombang-23-pekerja-bisa-dapat-rp3-5-juta-khiqFdCzTo
Foto: 5-fakta-kartu-prakerja-gelombang-23-pekerja-bisa-dapat-rp3-5-juta-khiqFdCzTo (https://economy.okezone.com/read/2022/02/04/320/2542264/5-fakta-kartu-prakerja-gelombang-23-pekerja-bisa-dapat-rp3-5-juta)

Foto: economy.okezone.com

Untuk memastikan Moms masuk ke dalam syarat yang diperbolehkan untuk mendaftar Kartu Prakerja, Moms bisa cek di bawah ini, ya!

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Seperti dilansir dari Prakerja, syarat pertama adalah harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mempunyai KTP Indonesia.

2. Minimal Berusia 18 Tahun

Syarat lainnya yang termasuk ke dalam tips agar lolos prakerja, pastikan usia sudah mencapai 18 tahun atau lebih. Sebab 18 tahun sudah dianggap dewasa dan tidak perlu berada di bawah perwalian.

3. Sedang Tidak Menempuh Pendidikan

Pastikan sedang tidak sekolah atau kuliah ya, Moms. Singkatnya jika status masih pelajar artinya belum diizinkan untuk mendaftar.

4. Bukan Penerima Bansos

Pastikan Moms bukan bagian dari penerima bansos dari pemerintah atau bantuan subsidi lainnya.

Baca Juga: Ini Tips Investasi Saham, Bisa Bikin Moms Makin Cuan!

5. Bukan Pejabat Negara

Syarat selanjutnya adalah bukan dari pejabat negara seperti anggota DPR, Aparatur Sipil Negara, TNI, dan lain-lain.

6. Bukan Pendaftar di Tahun Sebelumnya

Jika sudah pernah mendaftar di tahun sebelumnya tentu Moms tidak bisa lagi ikutserta di tahun berikutnya. Sebab hal ini diperuntukkan bagi yang belum pernah mencoba sama sekali.

Manfaat Kartu Prakerja

kartu prakerja
Foto: kartu prakerja (https://www.ayobandung.com/umum/pr-79989316/kartu-prakerja-gelombang-19-ditutup-hari-ini-pengumuman-kelolosan-kapan)

Foto: ayobandung.com

Tentunya Kartu Prakerja dibuat dengan maksud tertentu. Dilansir dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kartu Prakerja memiliki banyak manfaat, berupa

1. Mendapatkan Bantuan Pelatihan

Apabila Moms telah mendaftarkan diri dan lolos sebagai peserta, Moms akan mendapatkan bantuan pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan atau kewirausahaan sesuai yang diinginkan atau sesuai keterampilan. Serta mendapatkan insentif nontunai.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan medapatkan paket manfaat dengan total Rp3.550.000

Baca Juga: 8 Tips Fotografi Mobil untuk Mendapatkan Hasil yang Keren

2. Mendapatkan Insentif Bulanan

Total paket di atas akan digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000, kemudian sisanya aakn diberikan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan.

Insentif tersebut ditransfer ke rekening bank atau e-wallet sesuai data yang diberikan oleh peserta.

3. Meningkatkan Keterampilan

Moms tidak perlu keluar rumah untuk meningkatkan keterampilan, karena bisa dilakukan dari rumah. Sehingga bisa Moms gunakan untuk memperoleh keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah ada sebelumya.

4. Mendapatkan Nilai Tambah

Membaca tips agar lolos prakerja tentunya sangat memberikan manfaat ya, Moms karena tidak hanya memperoleh ilmu melainkan meningkatkan nilai diri. Dengan begitu keterampilan Moms bisa dikenal banyak orang terutama bisa membawa manfaat bagi orang lain.

Nah, itu dia Moms tips agar lolos prakerja. Jika Moms sudah memastikan semuanya sesuai dengan syarat dan sudah mengikuti tips di atas, sudah pasti Moms bisa lolos prakerja. Selamat mencoba!

  • https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/kaltim/id/data-publikasi/pub/pengumuman/2908-kartu-prakerja.html
  • https://www.prakerja.go.id/tentang-prakerja
  • https://bantuan.kemnaker.go.id/support/solutions/articles/43000568759-apa-manfaat-kartu-prakerja-

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb