02 Juni 2017

Tips Berolahraga Walau Sedang Berpuasa

Siapa bilang saat puasa tidak bisa berolahraga?
Tips Berolahraga Walau Sedang Berpuasa

Kebanyakan jenis olahraga memang menguras banyak tenaga. Cairan tubuh juga berkurang karena keluar lewat keringat. Makanya, setelah berolahraga kita jadi lapar dan haus. Tapi, bukan berarti Moms tidak bisa berolahraga di bulan puasa.

Ini tips agar Moms tetap bisa merasakan manfaat olahraga saat puasa:

  1. Pilih Olahraga yang Ringan

Saat berpuasa, cadangan gizi dan cairan dalam tubuh akan berkurang. Produksi oksigen ke otak juga mengalami beberapa penyesuaian. Karena itulah Moms sering merasa lemas dan mengantuk di jam kerja. Untuk itu, segarkan kembali hari-hari Moms dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat seperti lari pagi atau angkat beban.

Moms bisa memilih olahraga ringan, seperti yoga, bersepeda santai, treadmill dengan kecepatan ringan, atau kegiatan apapun yang menggerakkan tubuh. Walau tampak ringan, sebenarnya olahraga semacam ini juga bermanfaat karena akan terjadi proses pertukaran oksigen yang cepat dalam tubuh serta dapat melatih pernapasan dan jantung.

Moms juga bisa mengajak Si Kecil melakukan olahraga, namun pastikan kalau ia telah memakai sepatu yang tepat ya. Nah, di bulan puasa ini, Orami memiliki promo Ramadan yang menarik untuk berbagai sepatu anak. Diskonnya hingga 70%, lho! Yuk serbu!

  1. Perbanyak Minum Saat Sahur

Idealnya, berolahraga dilakukan paling sedikit tiga kali dalam seminggu. Nah, kalau Moms sudah membuat jadwal berolahraga, ada baiknya Moms memperhatikan asupan nutrisi saat sahur di hari tersebut. Karbo dan gula bisa menjadi amunisi utama untuk menjaga tubuh Moms tetap bertenaga saat berpuasa, tentu harus dengan porsi yang cukup alias tidak berlebih.

Selain itu, banyak-banyaklah minum air putih saat sahur, agar cadangan cairan dalam tubuh tetap terjaga seharian dan jadi bekal yang cukup untuk Moms berolahraga. Kalau cairan dan nutrisi dalam tubuh sudah tersedia dengan cukup, tidak ada kata lemas lagi untuk berolahraga, meski sedang berpuasa.

  1. Waktu Olahraga yang Tepat saat Puasa

Agar puasa tidak terganggu, penting, lho, memperhatikan waktu berolahraga. Pilihlah waktu 1-2 jam setelah sahur, atau sebelum berbuka puasa. Mengapa? Karena setelah sahur tubuh Moms masih bertenaga dan segar. Moms pun lebih bersemangat di siang harinya.

Kalau Moms tidak ada waktu di pagi hari, biasanya beberapa kantor memberikan izin pulang cepat saat bulan puasa. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk berolahraga. Olahraga 1-2 jam sebelum berbuka puasa bisa menjadi jurus jitu, lho. Karena, kalau Anda kelelahan dan haus, Anda bisa menahan diri sebentar sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Kantor

(LMF)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb