23 Maret 2018

Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet dan Panasnya Terjaga

Dimulai dari cara menggunakannya secara benar
Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet dan Panasnya Terjaga

Di Indonesia hampir 50 persen keluarga di rumah memiliki atau menggunakan rice cooker. Alasan mengapa banyak orang menggunakannya adalah karena dengan alat ini memasak menjadi mudah dan bisa ditinggal memasak menu yang lain.

Namun, sebagai alat penanak nasi yang digunakan setiap hari, rice cooker cukup rentan untuk mengalami masalah dan perlu perhatian agar dalam pemakaian dapat maksimal.

Sebab performa dan kualitas rice cooker akan sangat berpengaruh kepada nasi yang ditanak didalamnya. Untuk itu, perawatan rice cooker harus sering dilakukan agar bisa bertahan lama, jangan sampai karena hal sepele atau rasa malas malah membuat Moms terpaksa membeli rice cooker yang baru.

Baca Juga : 5 Tips Mudah Membersihkan Alat Dapur Berbahan Stainless Steel

Berikut adalah tips merawat rice cooker agar awet dan panasnya terjaga yang bisa dilakukan di rumah:

  1. Ketika nasi di rice cooker tersisa sedikit, matikan rice cooker dengan keadaan terbuka. Jika tidak, pemanas di dalam rice cooker akan cepat rusak.
  2. Sebelum mencuci tempat tanak nasi, rendam terlebih dahulu dengan air bersih selama 5 hingga 10 menit agar sisa nasi kering yang menempel gampang terlepas.
  3. Biasakan membersihkan tempat tanak nasi dengan air bersih saja. Jangan menggunakan sabun pencuci piring, apalagi detergent.
  4. Untuk mencuci, tunggu hingga cooker sudah dingin, angkat panci dalamnya, dan tuangkan air untuk merendam sisa-sisa nasi yang masih menempel. Lalu biarkan hingga sisa nasi terkelupas. Cuci panci dengan spons lembut agar tidak menggores lapisan panci/Teflon. Bilas dengan air hangat setelah pencucian guna mengangkat bakteri-bakteri pada panci rice cooker usai digunakan. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal selama proses pencucian agar nasi yang dimasak nantinya tidak berbau sabun.
  5. Segera keringkan panci dalam yang sudah dicuci.
  6. Jangan lupa juga untuk membersihkan panci luarnya dengan lap lembut.
  7. Bersihkan badan rice cooker dengan lap basah setiap hari. Jangan sampai debu-debu menempel, bisa masuk ke dalam nasi.
  8. Untuk menghindari agar nasi tidak menempel di bagian dasar panci, aduk sesering mungkin selama memasak.
  9. Pilih rice cooker dengan panci yang memiliki kekuatan panas merata dan hemat listrik karena akan mempengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan.
  10. Segera matikan, atau cabut power listrik jika nasi tinggal sedikit, sehingga anda dapat berhemat listrik. Buka sedikit tutupnya atau pindahkan nasi ke tempat lain.
  11. Simpan rice cooker di tempat aman dan jauhkan dari anak-anak.

Nah, itulah tadi tips merawat rice cooke yang bisa Moms lakukan di rumah agar peralatan rumah tangga ini bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba!

(HEI)

 

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb