07 Maret 2018

Trik Jitu Melatih Balita Bangun Pagi

Agar balita bisa bangun tidur dengan segar
Trik Jitu Melatih Balita Bangun Pagi

Apakah Moms seringkali sulit membangunkan si kecil dari tidurnya? Memang, sulitnya membangunkan balita di pagi hari menjadi hal yang umum dikeluhkan orangtua. Yuk, coba beberapa cara berikut agar balita mau bangun pagi dengan segar dan ceria!

Buat Jadwal Tidur yang Rutin dan Konsisten

Hindari kebiasaan tidur larut malam di hari libur atau akhir pekan. Melewati waktu tidur lebih dari dua jam saja, bisa mengganggu rutinitas balita lho, Moms.

Hindari Memberi Makan Sebelum Tidur

Jangan memberikan si kecil makanan, apalagi makanan berat, sebelum balita tidur. Saat tidur, sebaiknya beberapa organ tubuh juga ikut ‘beristirahat’, termasuk organ pencernaan. Kebiasaan membiarkan proses mencerna makanan terjadi saat anak tidur akan mengganggu kesehatannya.

Pastikan Balita Segera Tidur Saat Masuk Ke Dalam Kamar

Buat suasana kamar senyaman mungkin dengan meredupkan cahaya lampu atau menyalakan penyejuk udara. Jangan lupa menyingkirkan mainan yang mungkin membuatnya ingin bermain dan tetap terjaga. Cahaya kamar yang redup akan memicu keluarnya hormon melatonin yang berperan dalam proses pertumbuhan anak.

Beri Motivasi

Sambil menemani balita tidur, berikan ia motivasi agar ia bersemangat bangun keesokan paginya. Bisa lewat dongeng atau cerita yang berisi manfaat bangun pagi, ataupun rencana seru yang bisa ia lakukan esok harinya.

Buka Tirai dan Jendela Kamar Setiap Pagi

Bangunkan balita dengan suara lembut, lalu bukalah tirai dan jendela kamar di pagi hari. Selain baik bagi kesehatan, paparan sinar matahari dan udara pagi yang sejuk biasanya akan membuat siapapun terbangun, begitu pula dengan balita.

Ajak Anak Melakukan Aktivitas Menyenangkan di Pagi Hari

Moms bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas kesukaannya agar ia bersemangat turun dari tempat tidurnya. Misalnya berolahraga, berjalan-jalan, bermain sepeda, atau memberi makan hewan peliharaan.

Agar lebih efektif, pastikan balita cukup tidur, paling tidak sembilan jam sehari. Tidur yang cukup akan membuat balita lebih mudah dibangunkan di pagi hari. Jangan lupa, balita adalah peniru ulung. Karena itu, berilah contoh padanya dengan bangun pagi terlebih dahulu. Sebelum membangunkan anak, usahakan Anda sudah ada dalam kondisi segar dan siap memulai aktivitas.

Apa saja cara Moms untuk membangunkan buah hati di pagi hari? Yuk berbagi di kolom komentar.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb