11 Maret 2019

Rasa Gatal di Kulit Saat Hamil, Bisa Fatal dan Berbahaya?

Umumnya hal ini paling sering terjadi pada empat bulan terakhir masa kehamilan
Rasa Gatal di Kulit Saat Hamil, Bisa Fatal dan Berbahaya?


Beberapa komplikasi saat kehamilan memang sering terjadi, namun beberapa komplikasi yang kurang umum yang dapat berbahaya bagi ibu dan fatal bagi bayi yang belum lahir sering diabaikan.

Kolestasis intrahepatic kehamilan atau ICP adalah kondisi hati yang menyebabkan kulit ibu menjadi sangat gatal dan tiga kali lipat risiko lahir dalam keadaan mati.

Penyebab hal ini tidak diketahui, tetapi diyakini bahwa hormon-hormon kehamilan mempengaruhi kemampuan hati untuk mengangkut bahan kimia tertentu, seperti empedu.

Baca Juga : Apa yang Perlu Dipikirkan Saat Ingin Menambah Momongan?

Zat kimia ini menumpuk di dalam darah dan menstimulasi saraf di bawah kulit, yang menyebabkan gatal yang parah.

Hormon kehamilan dapat memengaruhi fungsi kantung empedu dan kadang memperlambat atau bahkan menghentikan aliran empedu.

Aliran empedu dari hati yang terhambat ini akhirnya akan masuk ke aliran darah. Inilah yang disebut kolestasis kehamilan.

Empedu adalah cairan pencernaan yang membantu tubuh menghancurkan lemak, diproduksi di hati, dan disimpan di dalam kantung empedu.

Gejala Intrahepatic Kehamilan

Gejala utama ICP adalah gatal yang bersifat umum hingga berat, hal ini berarti mengenai hampir seluruh Moms namun tak terdapat ruam.

Umumnya hal ini paling sering terjadi pada empat bulan terakhir masa kehamilan.

Meski demikian, tetap ada beberapa perempuan yang mengalami ruam, gatal yang terus menerus hingga tak tertahankan terutama ada malam hari. untuk bagian gatal, umumnya terjadi pada area telapak tangan dan telapak kaki.

Baca Juga : Kiat Mengurangi Gatal Perut Ibu Hamil

Selain itu, ada pula gejala lain yang dapat Moms waspadai, yaitu saat urin berwarna gelap, sakit kuning yaitu warna kuning pada kulit dan bagian putih mata dan buang air besar dengan warna feses pucat.

Selain gatal dan penyakit kuning, gejala lain yang mungkin terjadi adalah kelelahan dan kehilangan nafsu makan dimana pada beberapa perempuan mengeluh mual dan muntah.

Jangan anggap sepele gatal yang Moms rasakan ini, karena ada risiko yang mungkin terjadi pada Si Kecil.

Baca Juga: Waspadai Serangan Infeksi Selama Kehamilan!

Perempuan yang mengalami ICP saat hamil memungkinkan bayinya untuk mengalami kelahiran premature, risiko derangement dari tanda vitalselama persalinan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb