16 November 2022

Rekomendasi 7 Wisata Sabang Pilihan, Mulai dari Pantai hingga Kedai Kopi!

Wisata Sabang dengan pantai cantik ini tidak boleh Moms lewatkan!
Rekomendasi 7 Wisata Sabang Pilihan, Mulai dari Pantai hingga Kedai Kopi!

Apa Moms masih ingat dengan lagu nasional yang berjudul Dari Sabang Sampai Marauke? Menjadi salah satu kekayaan Indonesia, Sabang yang terkenal dengan titik 0 kilometer-nya menawarkan wisata Sabang yang dapat memanjakan mata.

Dikutip dari website resmi Pemerintah Kota Sabang, kota ini terletak di wilayah paling barat Indonesia dan merupakan salah satu kota bagian dari Provinsi Aceh.

Kota Sabang memiliki letak yang sangat strategis karena berada di jalur lalu lintas pelayaran dan penerbangan internasional. Kondisi geografis Kota Sabang membuat kota ini memiliki beragam daya tarik dan potensi wisata.

Sabang memiliki banyak lokasi wisata alam yang indah dan mempesona, sehingga ramai dikunjungi wisatawan. 

Jika Moms tertarik mengunjungi Sabang untuk berlibur, berikut rekomendasi wisata Sabang yang terbaru serta terpopuler!

Baca Juga: Wisata Pulau Komodo, Tujuan Wisata yang Sangat Memanjakan Mata

Wisata Sabang Populer dan Wajib Dikunjungi

Jika Moms berkunjung ke Kota Sabang, berikut adalah rekomendasi lokasi wisata Sabang terbaru yang bisa Moms jadikan pilihan tempat wisata bersama keluarga:

1. Pantai Iboih

Pantai Ibooih Wisata Sabang
Foto: Pantai Ibooih Wisata Sabang (Pegipegi.com)

Pantai Iboih adalah objek wisata Sabang yang juga berfungsi sebagai pelabuhan. Pantai ini memiliki pesona keindahan air laut yang sangat jernih serta panorama bawah laut yang yang menawan. 

Panorama bawah laut yang indah menjadikan pantai ini sebagai spot snorkeling pilihan para wisatawan. Moms dapat melihat berbagai macam ikan kecil di sekitar perairan pantai ini.

Di sekitar pantai terdapat penginapan, Moms bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari kamar penginapan. 

Selain itu, Moms bisa menikmati kuliner seafood di sekitar pantai. Salah satu menu kuliner yang terkenal adalah sate gurita. 

Pantai Iboih terletak di Pulau Weh dan sangat mudah diakses wisatawan. Lama perjalanan menuju Pulau Weh dari Banda Aceh adalah sekitar 30 menit.

Moms bisa menyeberang ke Pulau Weh dengan kapal feri dengan biaya penyeberangan sekitar Rp25.000 untuk satu kali perjalanan.

Jika Moms mengunakan fast boat atau kapal cepat, maka biaya yang dikenakan sekitar Rp90.000 untuk sekali perjalanan. 

2. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah Aceh Sabang
Foto: Pulau Rubiah Aceh Sabang (tripsabang.com)

Pulau Rubiah adalah salah satu objek wisata Sabang yang harus dikunjungi para penggemar wisata bahari. Moms bisa mengajak anak-anak bermain di tepi pantai atau berkeliling pulau dengan perahu.

Pulau ini memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan serta keindahan panorama bawah laut.

Pulau dengan luas kurang lebih 2600 hektar ini menyimpan berbagai jenis ikan dan biota laut serta beraneka ragam terumbu karang.

Moms bisa mencoba senorkeling dan melihat keindahan bawah laut Pulau Rubiah. 

Berbagai jenis ikan yang bisa Moms temukan di perairan pulau ini antara lain ikan Bendera, ikan Kepe-Kepe, Ikan Putri Bali, ikan warna, ikan Sersan, ikan Mayor, ikan Kerapu, Ikan botana biru, dan masih banyak lagi. 

3. Air Terjun Pria Laot

Wisata Sabang Air Terjun Pria Laot Aceh
Foto: Wisata Sabang Air Terjun Pria Laot Aceh (ksmtour.com)

Wisata Sabang Air Terjun Pria Laot adalah salah satu objek wisata yang populer di Sabang. Air terjun ini terletak di tengah hutan dan memiliki pemandangan yang sangat asri dengan air yang segar.

Udara dan lingkungannya membuat wisatawan yang mengunjungi lokasi ini betah berlama-lama. Jarak objek wisata ini hanya sekitar 12 kilometer dari Kota Sabang.

Air terjun ini memiliki kedalaman dengan perkiraan 1,5 meter dan lebar kolam sekitar 10 meter. Dalam kolam ini Moms bisa berenang atau bermain air bersama ikan-ikan bulan.

Air yang jatuh di air terjun ini tidak terlalu deras jadi Moms bisa betah berlama-lama bermain air di sana. 

4. Danau Aneuk Laot

Wisata Sabang  Danau Aneuk Laot
Foto: Wisata Sabang Danau Aneuk Laot (disbudpar.acehprov.go.id)

Danau Aneuk laot adalah objek wisata Sabang yang tidak boleh Moms lewatkan. Danau yang memiliki luas sekitar 3,75 hektar  ini memiliki panorama yang tidak kalah menakjubkan dari pemandangan pantai atau air terjun.

Sesuai namanya, objek wisata di Aceh ini berada di bagian tengah kota Sabang, tepatnya kelurahan Aneuk Laot. Di tempat ini, Moms bisa menikmati keindahan sore atau sunset sembari menyantap hidangan khas Kota Sabang.

Danau dengan akses yang mudah ini dapat memanjakan mata Moms karena airnya yang sangat jernin dan kebiruan. Dengan harga tiket masuk Rp10.000, Moms bisa bersantai sekaligus berenang dan bermain air.

5. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer Wisata Sabang
Foto: Tugu Nol Kilometer Wisata Sabang (geonusantara.org)

Berkunjung ke Kota Sabang belum lengkap tanpa mengunjungi Tugu Nol Kilometer. Tugu ini merupakan penanda titik nol wilayah Indonesia bagian barat.

Pada puncak tugu, terdapat patung burung Garuda Pancasila yang mencengkeram angka nol. 

Tugu Nol Kilometer diresmikan pada 9 September 1997 oleh Try Sutrisno yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Di lantai dasar, Moms bisa melihat prasasti peresmian Tugu Nol Kilometer. Di lantai dua monumen terdapat dua prasasti yang menunjukkan metode pengukuran koordinat geografi titik nol. 

Wisata Sabang ini terletak di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Monumen ini dikelilingi area kawasan Hutan Wisata Sabang dan berjarak kurang lebih 5 km dari Pantai Iboih.. 

Sepanjang perjalanan menuju Tugu Nol Kilometer, Moms akan dimanjakan oleh pemandangan indah area sekitarnya seperti bukit, pantai, dan hutan. 

Baca Juga: 10 Wisata Tanjung Pinang yang Wajib Dikunjungi, Banyak Wisata Taman

Wisata Sabang Terbaru

Selain wisata Sabang yang sudah ada atau populer, ada beberapa destinasi wisata terbaru yang bisa Moms sertakan dalam list pilihan wisata saat mengunjungi daerah ujung pulau ini, yaitu:

6. Taman I Love Sabang

Wisata Sabang Taman I Love Sabang
Foto: Wisata Sabang Taman I Love Sabang (Tripadvisor.com)

Taman I Love Sabang adalah tempat wisata Sabang yang dibangun pada 2015.

Taman ini memiliki banyak tanaman hijau dan berbagai spot foto menarik, seperti tulisan "I Love Sabang" yang dapat menjadi penanda Moms pernah mengunjungi kota yang menjadi titik nol Indonesia bagian barat ini.

Moms bisa mengunjungi taman ini untuk bersantai bersama keluarga. Pada sore hari, Moms bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dari taman ini. 

Wisata Malam dan Kuliner Sabang 

Bukan hanya wisata alam, ketika Moms berkunjung ke suatu kota maka Moms wajib mencari kuliner khas daerah tersebut. Begitu pula di Kota Sabang, salah satu wisata kulinernya yaitu:

7. Kedai Kopi Pantai Jaya

Wisata Sabang Kedai Kopi Pantai Jaya
Foto: Wisata Sabang Kedai Kopi Pantai Jaya (www.andalastourism.com)

Jika Moms suka minum kopi, maka tempat wisata Sabang ini sangat cocok untuk Moms. Namun, bedanya di tempat wisata ini Moms akan merasakan suasana yang berbeda dari ngopi di kafe kota besar. 

Kopi khas Aceh memiliki cita rasa tersendiri yang nikmat. Para pecinta kopi tidak boleh melewatkan mencicipi kopi khas Aceh saat berkunjung di wilayah ini. Kedai Kopi Pantai Jaya adalah kedai kopi yang wajib dikunjungi.

Di kedai ini, Moms bisa menikmati secangkir kopi sambil menyaksikan pemandangan pantai dan matahari terbenam. 

Kedai Kopi Pantai Jaya berlokasi di Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Kedai ini menyajikan tiga jenis kopi, yaitu kopi hitam, kopi susu, dan kopi sanger.

Kedai ini juga menyediakan kopi hasil panggangan pada pelanggan yang bisa Moms jadikan oleh-oleh atau untuk dinikmati di rumah. 

Kedai kopi ini buka dari jam 05.30 sampai 20.00, jadi Moms bisa mencicipi kopi sampai malam sambil menikmati suasana malam di sekitar Sabang. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bone yang Paling Hits di Kalangan Wisatawan

Itulah rekomendasi 7 wisata Sabang yang tidak boleh Moms lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Semoga Moms dapat menemukan destinasi wisata yang Moms inginkan, ya!

  • http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/n/kota-otonom/61
  • https://www.sabangkota.go.id/halaman/geografis#
  • https://www.andalastourism.com/wisata-kuliner-sabang
  • https://www.andalastourism.com/aceh/sabang/page/2
  • https://www.andalastourism.com/taman-i-love-sabang
  • https://www.andalastourism.com/pantai-iboih-sabang
  • https://www.andalastourism.com/taman-i-love-sabang
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/12/07/kuliner-asal-sabang-yang-wajib-ada-rasakan
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-di-sabang-acc/26259
  • https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/monumen-nol-kilometer-sabang-menjangkau-sisi-terbarat-indonesia/
  • https://disbudpar.acehprov.go.id/danau-aneuk-laot/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb