11 Januari 2018

Yuk, Mengenal Berbagai Macam Masakan Kari di Asia !

Pernah mencoba membuat beberapa kari ini?
Yuk, Mengenal Berbagai Macam Masakan Kari di Asia !

Moms tentu sudah tahu apa itu kari. Makanan yang disebut juga dengan nama kare ini, merupakan hidangan berkuah dengan tekstur kental dan terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah sehingga menciptakan cita rasa yang tajam dan pedas. Kari sendiri bermula di dataran Asia, khususnya India dan semakin populer di kawasan Eropa.

Meskipun telah mendunia, setiap negara pastinya telah mencocokkan bumbu kari sesuai selera mereka. Oleh karena itu, Moms perlu mengenal macam-macam kari yang ada di berbagai negara untuk menambah pengetahuan dalam dunia memasak.

Kari India

indiancurry
Foto: indiancurry
shutterstock.com

Meskipun dicap sebagai negara yang pertama kali menghasilkan kari, makanan asal India ini awalnya hanyalah sup berisikan daging ayam atau kelinci. Namun, kari India mulai terkenal akan rasa pedasnya setelah cabai ditemukan di Meksiko dan menyebar ke benua Asia.

Dari situlah kari India menjadi salah satu fenomena di dunia kuliner. Bentuk kari di India memang lebih halus dan kadang disalahartikan dengan sup. Kuahnya biasanya berwarna putih, merah atau bahkan kehitam-hitaman.

Kari Thailand

thaicurry
Foto: thaicurry
shutterstock.com

Di Thailand, bentuk kari hampir sama dengan India, halus seperti sup dan mengandung santan, pasta, serta daging. Kari Thailand memiliki beraneka ragam rasa dan bisa ditentukan dari penggunaan cabainya. Terdapat 3 jenis kari yang terkenal di negara berlambang gajah putih itu: Green Curry, Red Curry dan Yellow Curry.

Green Curry merupakan kari terpedas di antara ketiganya, tetapi juga manis karena terdapat kandungan santan. Menu ini lebih banyak menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama. Sedangkan Red Curry memakai cabai merah dan Yellow Curry sangat cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan pedas.

Kari Jepang

japanesecurry
Foto: japanesecurry
shutterstock.com

Di Jepang, kari disukai oleh semua kalangan umur dan bisa ditemukan di berbagai jenis tempat makan. Jepang sendiri mengenal kari lewat kunjungan bangsa Inggris pada tahun 1800-an, yang kemudian diadaptasi menjadi menu khas mereka yaitu Nasi Kari (dalam bahasa Jepang dinamakan kare raisu).

Berbeda dengan kari India dan Thailand, kari Jepang memiliki tekstur yang lebih tebal dan manis. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam nasi kari berupa kentang, wortel, bawang dan daging.

Kari Indonesia

kari indonesia spiritriau
Foto: kari indonesia spiritriau (Orami Photo Stocks)
spiritriau.com

Bagi masyarakat awam, terkadang memang sulit untuk membedakan kari dan gulai, mengingat warna dan rasanya yang sama. Jika kari memiliki bumbu kuah yang terbilang lebih kompleks, gulai berfokus pada rempahan kunyit.

Di Indonesia sendiri, opor dan gulai memang lebih populer ketimbang kari karena sulitnya mencari daun kari pada jaman dulu. Oleh karena itu, penduduk Melayu membuat kari versinya sendiri dan hingga kini masih menjadi makanan favorit.

Apabila Moms tertarik membuat kari dari keempat negara di atas? Lalu, kari dari negara mana yang menurut Moms mudah untuk dimasak?

(DAN)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb