Selebriti

23 April 2021

Anak Asri Welas Alami Kecelakaan di Kolam Renang, Ketahui Tips Amannya untuk Si Kecil

Kolam renang menjadi salah satu lokasi yang mengkhawatirkan orang tua
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Renzo Gibrar Ridha Raharja, putra bungsu Asri Welas mengalami kecelakaan terjatuh ke kolam renang tanpa pengawasan.

Asri menuturkan krnologi kejadian dalam unggahan di Instagram. Insiden malang tersebut terjadi bermula ketika pintu menuju kolam renang yang biasa dikunci tiba-tiba terbuka.

"PLEASE HATI-HATI 🙏

Hari ini di keluarga kami mendapat pelajaran ber harga dan kami terpaksa menutup pintu menuju kolam renang, yang biasa kita selalu kunci, Karena kita masih punya 2 balita, mas @ibran_gibran dan mas @ibrar_gibrar dimana keduanya sedang sangat aktif

Dan sore tadi ternyata pintu dalam keadaan terbuka dan apa yang terjadi, anaku yang ke 3 mas @ibrar_gibrar masuk ke dalam kolam Tanpa ada yang tau, Beberapa detik mas @ibrar_gibrar dicari dan Alhamdulilah orang Rumah dengan cepat mengangkat mas @ibrar_gibrar dan membawa ke rumah sakit, ALLAH SWT maha besar ALLAH SWT menyelamatkan anaku mas @ibrar_gibrar yang Alhamdulilah sudah Bobo di samping ku dalam keadaan sehat.

Bulan puasa ini penuh makna untuk keluarga ku untuk berhati-hati menjaga anak-anak, terima kasih ya ALLAH SWT anaku mas @ibrar_gibrar dalam keadaan baik 🙏 untuk yang membaca ini, semoga anak2 kita selalu dalam lindungan ALLAH SWT 🙏 Amin," tulis Asri.

Baca Juga: Irish Bella Ulang Tahun Ke-25, Simak Perjalanan Kehidupannya Dulu Hingga Sekarang

Tips Aman di Kolam Renang untuk Si Kecil

Pengawasan ketat pada Si Kecil yang dekat dengan kolam renang memang diperlukan. Apalagi, terjadi banyak kasus anak-anak yang tenggelam karena tidak diawasi secara ketat oleh orang dewasa.

Agar hal yang dialami Asri Welas tidak terjadi pada Si Kecil di rumah, ketahui tips aman di kolam renang untuk Si Kecil di kolam renang.

1. Pastikan Si Kecil dalam Jangkauan

dua bocah tenggelam di kolam renang Jagakarsa

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Parents.com, pastikan Si Kecil selalu pada jangkauan yang dekat, dan selalu dalam pengawasan orang dewasa sebagai tips aman di kolam renang.

Ini karena anak-anak yang sudah bisa berenang saja masih harus dipantau, apalagi mereka yang belum bisa.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian 100 persen saat di kecil berada di dekat air. Pasalnya, tenggelam bisa terjadi pada semua orang, apalagi pada anak-anak karena kelelahan dan juga panik.

Baca Juga: Pernikahannya Tengah Krisis, Nathalie Holscher Umumkan Positif Hamil dengan Isak Tangis Bahagia

2. Jangan Gunakan Ponsel Saat Mengawasi

tips aman kolam renang-1

Foto: Orami Photo Stock

Berjanji dengan diri sendiri bahwa saat Si Kecil berada di dekat kolam renang, Moms dan Dads harus menjauh ponsel agar tidak tergoda untuk menggunakan dan tenggelam di dunia maya.

"Jika Moms mendengar pesan teks masuk dan membuka ponsel selama lima detik, itu cukup lama bagi seorang anak untuk tenggelam," kata Anne Beasley, M.D., seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Phoenix.

Namun, ini tidak berarti harus meninggalkan ponsel di rumah, yang terbaik adalah meletakkannya dengan jarak yang cukup dan dalam jangkauan jika terjadi keadaan darurat.

3. Ditemani Teman yang Usianya Lebih Besar

XX Arti Mimpi Berenang

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai perlindungan ekstra, para ahli merekomendasikan agar anak-anak berenang ditemani dengan teman yang usianya lebih besar untuk tips aman di kolam renang bagi Si Kecil.

Pasangkan anak dengan teman atau saudara kandung, dan jelaskan bahwa setiap anak bertanggung jawab untuk mengetahui keberadaan temannya setiap saat.

Tapi jangan lupa bahwa teman tidak menggantikan pengawasan orang dewasa.

Baca Juga: Rio Reifan 4 Kali Tertangkap Karena Sabu, 6 Artis Ini Juga Berulang Kali Kena Kasus Narkoba

4. Ajari Anak Aturan Selama di Kolam Renang

hindari membuang air di kolam renang

Foto: Orami Photo Stock

Terakhir, penting untuk mengajari Si Kecil tentang aturan selama ia berada di kolam renang. Buat batasan tegas tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ajari dan pastikan anak setidaknya mengikuti beberapa aturan.

Misalnya, seperti tidak berlari di sekitar kolam renang, hindari berenang di tempat yang lebih dalam, jangan memaksa orang lain masuk dan menarik paksa ke dalam air, serta tidak berenang tanpa pengawasan orang dewasa.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai tips aman di kolam renang bagi Si Kecil.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait