Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Keamanan Anak | May 24, 2018

Anak Enda Ungu Dilecehkan di Medsos, Lakukan 7 Hal Ini untuk Cegah Hal Serupa

Bagikan


foto: instagram.com/zara_leola_official

Gitaris band Ungu, Enda geram karena putri sulungnya, Zara Leola menjadi korban pelecehan di media sosial Instagram. Seorang netizen pemilik akun @geraldo_wijaya_80 melayangkan komentar tidak senonoh di akun Instagram pribadi Zara.

Sebagai seorang ayah, Enda mengaku sangat tidak terima atas tindakan pelaku pada putrinya. Tidak butuh waktu lama bagi Enda untuk mengetahui identitas asli pemilik akun itu. Menurut Enda, pelakunya masih berstatus pelajar.

Namun, Enda belum terlalu yakin untuk melaporkan kasus tersebut. Dia khawatir jika kasus tersebut dibawa ke jalur hukum, putrinya itu malah harus ikut-ikutan berurusan dengan polisi.

Jika hal seperti ini terjadi, sebagai orang tua Moms harus bijak menghadapinya. Ada beberapa hal yang harus orang tua lakukan jika anak dilecehkan di media sosial.

Baca juga: 5 Tips Memantau Sosial Media Anak

Lakukan Hal Ini Jika Anak Dilecehkan di Media Sosial

1. Tetap tenang

Saat menghadapi kejadian tersebut, Moms harus tetap tenang dan tidak langsung meluapkan amarah.

Tunjukan kepada anak bawa diselesaikan dengan cara yang baik, bukan dengan saling berbalas makian di media sosial.

2. Bicara

Bicara kepada anak tentang media sosial kepada anak, jelaskan keuntungan dan kerugiannya.

Jika ternyata lebih banyak kerugianya, Moms juga bisa meminta anak untuk tidak lagi menggunakan medsos itu. Moms juga perlu menjelaskan bawa kejadian yang menimpa anak bukanlah salah mereka.

3. Abaikan

Minta anak untuk tidak membalas komentar atau pesan yang tidak menyenangkan itu. Moms juga jangan membalasnya dengan menggunakan akun anak.

Kendati niat Moms baik untuk memberikan nasihat, nyatanya, itu hanya akan memperburuk keadaan.

4. Simpan bukti

Jika menemukan komentar atau pesan yang tidak menyenangkan, Moms bisa meminta anak untuk menyimpannya sebagai bukti dengan screenshoot. Ini akan dibutuhkan jika Moms berniat membawanya ke jalur hukum.

Baca juga: Bolehkah Anak Punya Akun Media Sosial Sendiri?

5. Blokir

Blokir atau menghapus akun tersebut dari daftar teman dan follower sesegera mungkin.

Ajarkan juga kepada anak untuk melakukan hal serupa jika melihat ada akun-akun yang tidak bertanggung jawab yang juga melakukan pelecehan di akun lain.

6. Laporkan

Jika masalah cyberbullying ini berkaitan dengan teman-teman di sekolah anak, Moms bisa berbicara dengan pihak sekolah dan meminta bantuan mereka untuk memberi nasihat kepada yang bersangkutan (pelaku).

Jika kasusnya berkaitan dengan orang di luar sekolah dan sudah keterlaluan, Moms bisa langsung melaporkannya pada polisi. Di medsos, Moms juga perlu melaporkan akun tersebut melalui fitur report.

7. Temui langsung pelakunya

Untuk beberapa kasus, bertemu langsung dengan pelaku bisa jadi jalan terbaik, tapi Moms harus betul-betul menjaga emosi.

Jangan luapkan emosi kepada pelaku karena itu hanya akan memperkeruh suasana. Mintalah ia untuk menjelaskan tujuan atas tindakannya dan minta ia mengakui kesalahannya. Moms juga bisa berbicara kepada orang tua pelaku tentang perilaku anak mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan jika Si Kecil mendapat perlakukan tidak menyenangkan di media sosial. Ingat ya Moms untuk mendahulukan akal sehat dan jangan mudah terbawa emosi.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.