Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Tanya Pakar | Apr 2, 2018

Anak Jadi Pemalu Di Lingkungan Baru, Ini yang Harus Moms Lakukan

Bagikan


Tanya : 

Ada hal yang ingin saya tanyakan soal karakter anak pemalu ini. Bagaimana cara membuat anak pemalu lebih percaya diri dan nyaman dengan lingkungan baru yang dia hadapi.

Karena kadang anak saya cenderung menarik diri ketika menemukan atau berada di lingkungan baru. Terimakasih banyak sebelumnya.

Penanya : unielvira

Jawab : 

Haii Mom

Anak yang pemalu cenderung membutuhkan waktu lebih lama dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga bisa saja anak yang pemalu akan lebih sulit untuk mendapatkan teman. Bukan karena anak tidak ingin berteman, tapi bisa saja karena anak takut untuk mendekati orang lain atau ia tidak tahu bagaimana cara memulainya.

Pertama, Mom harus bangun rasa percaya diri sang anak.

Ketika anak berada dilingkungan yang baru dan anak merasa malu atau menarik diri, jangan katakan bahwa ia pemalu. Berikan ia dorongan dan waktu untuk mengenali lingkungannya terlebih dahulu hingga ia merasa nyaman.

Jika anak sudah merasa nyaman maka akan lebih mudah baginya untuk bermain dengan teman yang baru. Berikan kepercayaan kepada anak bahwa ia bisa melakukan apapun, Mom cukup mengawasi anak bermain dari kejauhan saja.

Kedua, jangan memberikan label negatif kepada anak.

Ketika anak malu atau menarik diri di dalam lingkungan yang baru, Mom jangan mengatakan "iya dia memang anak yang pemalu", karena hal ini justru akan memperkuat dirinya bahwa ia adalah anak yang pemalu dan anak akan semakin tidak percaya diri.

Ketiga, mengajarkan keterampilan sosial pada anak

Mom bisa mengajak anak untuk bertemu dengan banyak orang baru. misalnya mengajak anak bermain di taman komplek rumah atau membawa anak ke playground.

Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk melatih keterampilan sosial anak, karena anak akan bertemu dengan kelompok anak seusianya dan anak bisa bermain bersama.

Beritahu anak bahwa semua teman-teman yang ada disini baik-baik dan ia boleh bermain dengan siapa saja. buat anak merasa nyaman dan pelan-pelan anak akan membuka diri untuk berinteraksi dan bermain.

Keempat, berikan pujian kepada anak

Mom, jangan pernah ragu ya untuk memberikan pujian kepada sang anak atas hal positif yang telah ia capai yaa. karena pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri anak lho, selain itu anak juga merasa dihargai dan merasa spesial.

Pujian juga sebagai penguat atas perilaku anak, sehingga ketika anak mendapatkan pujian maka ia akan mengulangi perilaku positifnya tersebut, dan perlahan rasa percaya dirinya semakin meningkat.

Dijawab oleh : Nidya Dwika Puteri, M. Psi, psikolog. Psikolog Klinis Anak

Moms juga memiliki permasalahan yang sama dengan Mom unielvira? Atau ada permasalahan lain yang dihadapi Si Kecil? Yuk tanya langsung ke ahlinya di sini. 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.