Di atas 5 tahun

10 Juli 2021

6 Hal yang Membuat Anak Kecanduan Gadget

Jangan cuma menyalahkan anak, tapi lihat juga peran orang tua dalam membatasi penggunaan gadget
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Sering dibuat pusing dengan rengekan anak yang ingin menggunakan gadget? Hati-hati Moms, ada banyak dampak negatif bila anak kecanduan gadget, mulai dari gangguan perilaku dan kesehatan sampai terhambatnya perkembangan sosial, emosional, serta kognitif.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul The Impacts of Gadget and Internet on The Implementation of Character Edication On Early Childhood mengatakan bahwa penggunaan gadget pada anak, yang ditambah dengan akses internet pada anak-anak sangatlah wajar.

Berbagai macam alasan sudah digunakan oleh orang tua untuk mengizinkan anak-anak mereka menggunakan gadget.

Meski banyak sekali manfaat anak menggunakan gadget, namun tak bisa dipungkiri bahwa akses internet juga bisa memberikan efek neatif pada perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil.

Menurut Robert Lustig, profesor pediatrik dari University of Southern Carolina, anak dan remaja memang paling rentan kecanduan gadget, karena bagian prefrontal fortex mereka belum berkembang sempurna.

Dan tanpa kita sangka, beberapa hal berikut ternyata bisa membuat anak kecanduan gadget lho, Moms. Apa saja?

Alasan Anak Kecanduan Gadget

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Journal of Depression and Anxiety, anak-anak menggunakan gadget untuk berbagai amcam tujuan seperti bermain games, nonotn video, mendengarkan lagu, bahkan chatting bersama teman.

Ada beberapa alasan yang membuat Si Kecil menjadi kecanduan gadget. Jangan sampai tidak tahu, ini yang membuat Si Kecil lebih tertarik untuk bermain gadget daripada berinteraksi dengan orang lain atau bermain aktivitas fisik.

1. Fitur Autoplay

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Sering kesal melihat Si Kecil ketagihan menonton video di YouTube? Nah ini mungkin menjadi salah satu tanda anak kecanduan gadget nih, Moms!

Bisa jadi itu karena fitur autoplay secara otomatis yang menampilkan video favorit Si Kecil tanpa henti. Pakar komputer Tristan Harris menyebut hal ini sebagai fenomena “mangkuk tak berdasar.”

Menurutnya, fenomena ini membuat anak secara tidak sadar sudah menonton 73% lebih banyak video dan otomatis menggunakan gadget secara berlebihan.

Jadi, untuk mencegah anak kecanduan gadget, mulailah dengan mematikan fitur autoplay yang disediakan oleh aplikasi video ya, Moms.

Baca Juga : Mengatur Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

2. Hadiah dalam Game

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Selalu ada hadiah atau reward didalam setiap aplikasi game yang dimainkan balita, baik itu berupa kenaikan level, barang dalam game, atau terbukanya fitur baru. Nah, hal ini menjadi salah satu alasan anak kecanduan gadget.

Tanpa disadari, hal ini dapat membuat tubuh melepaskan terlalu banyak dopamin, menimbulkan perasaan terlalu senang, serta mematikan sel saraf.

Nah, kadar dopamin berlebih dalam tubuh inilah yang akhirnya membuat anak kecanduan dan selalu menginginkan lebih banyak stimulasi dari game yang ada dalam gadget.

Baca Juga: Balita Sering Berkutat dengan Gadget? Batasi dengan 5 Cara Ini

3. Rasa Bosan

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Saat anak kecanduan gadget, Moms perlu melihat kembali pola interaksi di dalam keluarga.

Ayo jujur, apa, sih yang biasanya Moms dan Dads lakukan saat sedang bersama Si Kecil, apakah banyak bermain dan bercanda atau malah sibuk dengan smartphone?

Kalau Moms dan Dads lebih banyak melakukan yang terakhir, tidak heran kalau anak cepat merasa bosan dan akhirnya mencari stimulasi yang lebih menarik dari smartphone.

Untuk menghindarinya, coba mulai biasakan untuk fokus berinteraksi dan melewatkan waktu berkualitas dengan anak tanpa alat elektronik.

Baca Juga : Miris, Rekaman Bocah Perempuan Tonton Video Porno di Smartphone, Begini Cara Bijak Sikapi Penggunaan Gadget untuk Anak

4. Warna Cerah dan Menyala

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Kartun dan aplikasi anak di gadget sengaja dikemas dalam balutan warna cerah menyala untuk menarik perhatian Si Kecil. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda anak kecanduan gadget.

Ditambah dengan hiburan lagu dan suara yang ceria, tak heran kan kalau akhirnya buah hati jadi sulit melepaskan mata dari layar gadget?

Perlahan-lahan mari kurangi waktu bermain gadget anak, lalu gantikan dengan kegiatan lain yang tidak kalah menghibur dan lebih bermanfaat seperti menggambar, melukis, atau bermain musik.

Jadi jangan hanya menyalahkan anak karena kecanduan gadget, karena Moms juga perlu terus berinisiatif untuk memberikan interaksi dan stimulasi yang dibutuhkan oleh anak.

5. Kesalahan Orang Tua

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau salah satu faktor yang membuat anak kecanduan gadget adalah kesalahan orang tua.

Lewat sebuah acara bertajuk Peluncuran HUAWEI MatePad T10 Kids Edition pada 16 Juni 2021 lalu, Rosina Verauli S.Psi, M.Psi, mengatakan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menghalau kecanduan anak pada gadget.

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orangtua adalah tidak mengatur screen time anak, dengan menerapkan pemberian gadget yang sepenuhnya, atau tidak memberikan gadget sama sekali untuk anak.

Hal ini dapat mengurangi kedisiplinan anak dalam menggunakan gadget dengan bijak. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengatur screen time pada gadget anak sesuai dengan kebutuhan, dan menegaskan bahwa anak belum mempunyai kontrol atas gadget yang mereka gunakan.

Baca Juga: Dapat Sebabkan Speech Delay, Begini Cara Nycta Gina Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

6. Rasa Memiliki

anak kecanduan gadget

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu alasan lain anak kecanduan gadget adalah perasaan memiliki gadget tersebut. Nah mengenai alasan yang satu ini, ada saran dari Nucha Bachri dan Ario Pratomo yang juga hadir sebagai bintang tamu di Peluncuran HUAWEI MatePad T10 Kids Edition nih, Moms!

Sebagai orang tua di zaman modern, Nucha dan Ario sendiri memberi batasan dalam pemberian gadget pada anak. Agar kondisi anak kecanduan gadget tidak terjadi, keduanya memberlakukan sistem "ownership" pada gadget yang mereka punya.

Nucha dan Ario selalu mengatakan bahwa gadget yang dimiliki adalah milik mereka, bukan milik anak. Hal tersebut bisa membuat Si Kecil menjadi lebih "tahu diri" dan tidak memainkan barang yang bukan miliknya terlalu sering.

Nah, kalau menurut Moms, faktor apalagi yang bisa membuat anak kecanduan gadget? Share yuk!

  • http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/ICECED/article/download/13714/10412+&cd=11&hl=en&ct=clnk&gl=id
  • https://www.longdom.org/open-access/the-impact-of-using-gadgets-on-children-2167-1044-1000296.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait