Selebriti

SELEBRITI
17 November 2020

Baru Dilahirkan, Anak Keempat Oki Setiana Dewi Alami Kondisi TTN, Apa Itu?

Tak bisa IMD, Oki akui perasaannya sedih dan menangis
placeholder

Foto: instagram.com/okisetianadewi

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Artis Oki Setiana Dewi baru saja melahirkan anak keempatnya secara caesar di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bina Medika-Bintaro pada Senin (16/11/2020) pagi.

Di tengah momen bahagia tersebut, dikabarkan bahwa sang putra yang bernama Sulaiman Ali Abdullah mengidap gangguan pernapasan sesaat atau yang dikenal dengan istilah Transient Tachypnea of the Newborn (TTN).

Sesaat setelah dilahirkan, putra kecil Oki itu harus menggunakan alat bantu pernapasan agar tidak sesak napas dan masih dalam perawatan intensif.

Baca Juga: Tak Hanya Nathalie Holscher, 6 Artis Ini Juga Mualaf Sebelum Menikah

Belum Bisa Bertemu dengan Sang Putra

Oki Setiana Dewi melahirkan-2

Foto: instagram.com/okisetianadewi

Oki mengumumkan kelahiran putra keempatnya dengan mengunggah videonya bersama anak-anakanya, namun belum bersama dengan Sulaiman.

"Alhamdulillah..telah lahir putra ke-4 kami, Sulaiman Ali Abdullah @sulaimanaliabdullah

pagi tadi, Senin, 16 November 2020 pukul 5.46 WIB . Melihat riwayat kakak-kakaknya yg cenderung besar, Sulaiman tergolong agak kecil yakni lahir dengan berat 2,9 kg.

Alhamdulillah proses persalinan berjalan sangat baik, saya sangat sehat, semua berjalan lancar. Qadarullah, Sulaiman memiliki masalah masalah adaptasi pernapasan atau secara medis disebut dengan Transient Tachypneu of the Newborn (TTN). Sampai saat ini Umma belum bertemu Sulaiman, krn Sulaiman dirawat di NICU dengan menggunakan alat bantu napas.

Sahabat, doakan saya dan baby Sulaiman cepat sehat yaa..," tulis Oki.

Baca Juga: Sering Bikin Ulah, Ini Dia 5 Kontroversi Nikita Mirzani

Pengertian Transient Tachypnea of Newborn (TTN)

transient tachypnea of newborn (ttn) 1

Foto: Orami Photo Stock

Transient Tachypnea of Newborn (TTN) adalah istilah untuk masalah pernapasan ringan pada bayi baru lahir. Kondisi ini umumnya berlangsung sekitar tiga hari setelah bayi lahir.

Istilah lain untuk TTN adalah paru-paru basah, atau sindrom gangguan pernapasan tipe II. Transient berarti sementara dan Takipnea artinya laju pernapasan cepat.

Ada hal yang menjadi penyebab dari kondisi TTN ini. Mengutip Kids Health, sebelum lahir, janin yang sedang berkembang tidak menggunakan paru-paru untuk bernapas, semua oksigen berasal dari pembuluh darah plasenta. Selama ini, paru-paru bayi terisi cairan.

Saat waktu kelahiran bayi semakin dekat, paru-paru mulai menyerap cairan. Beberapa cairan juga mungkin keluar selama kelahiran saat bayi melewati jalan lahir.

Setelah melahirkan, saat bayi bernapas untuk pertama kalinya, paru-paru terisi udara dan lebih banyak cairan didorong keluar. Cairan yang tersisa kemudian dibatukkan atau diserap perlahan melalui aliran darah dan sistem limfatik.

Bayi dengan TTN memiliki cairan ekstra di paru-parunya atau cairan keluar terlalu lambat. Jadi mereka harus bernapas lebih cepat dan lebih keras untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam paru-paru.

Lalu, bisakah transient tachypnea of the newborn (TTN) ini dicegah?

Dalam jurnal Pediatrics in Review, pendekatan ideal untuk mencegah TTN adalah dengan mengurangi insiden operasi caesar, yang telah meningkat dan berkontribusi secara signifikan terhadap morbiditas pernapasan pada bayi baru lahir cukup bulan.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan penjadwalan operasi caesar elektif pada usia kehamilan 39 minggu atau lebih, berdasarkan tanggal menstruasi atau menunggu permulaan persalinan spontan.

Baca Juga: Fakta Sheila Marcia Melahirkan Anak Keempat, Suami Sampai Tak Sempat Tidur

Si Kecil Sulaiman Masih Berada di NICU

Oki Setiana Dewi melahirkan-1

Foto: instagram.com/okisetianadewi

Dalam Instagram-nya, Oki menceritakan tentang proses persalinannya, serta kondisinya saat mengetahui putra mungilnya mengalami kondisi TTN.

"Pkl 5 pagi, saya sudah masuk ke ruang oprasi dan... proses oprasi caesar sangat cepat dan menyenangkan! MasyaAllah.. Hanya saja.. saya tak mendengar lengkingan tangisan saat @sulaimanaliabdullah keluar kecuali sedikit saja. Tak seperti kakak-kakaknya.

Sulaiman langsung dipisahkan dari saya, untul dibersihkan, diobservasi oleh dokter anak, dan beberapa menit kemudian.. saya diinfokan saya tak bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini), karena Sulaiman harus dibawa ke NICU krn ada masalah dalam adaptasi pernafasan.

Maka luruhlah airmata saya saat berada di ruang pemulihan. Saya diinfokan mungkin sehari atau lebih, Sulaiman berada di NICU krn Transient Tachypnea of Newborn (TTN)," cerita Oki.

Tidak bisa IMD, Oki pun langsung memompa ASI secara rutin untuk diberikan pada Sulaiman 3 jam sekali. Hingga pada Selasa (17/11/2020), Sulaiman masih berada di NICU.

"Baby @sulaimanaliabdullah masih di NICU. Karena satu dan lain hal, rencananya hari ini mau diobservasi oleh beberapa dokter.

Sedih dan menangis? tentu saja iya.. tapi sy mendapat banyak support dan teman2... dan tentu saja teman2 di instagram ini yang saling bercerita bahwa anaknya pernah juga berada di NICU. Terimakasih atas semua sharing2nya ❤️❤️

Mohon doa dari sahabat semua ya.. mohon maaf lahir batin juga dari saya dan keluarga kalau ada buat salah kepada sahabat semua.. doakan Sulaiman sehat dan bisa segera pulang ke rumah ya.. ❤️❤️❤️," tulis Oki.

Itu dia Moms, pengertian dari kondisi Transient Tachypnea of the Newborn (TTN) yang dialami oleh anak keempat Oki Setiana Dewi, Sulaiman Ali Abdullah. Semoga Si Kecil dapat cepat pulih, ya!

Artikel Terkait