Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
28 Maret 2019

Anak Malas Sikat Gigi? Ini 4 Trik Cerdas Menghadapinya!

Anak yang malas sikat gigi bisa berbahaya untuk kesehatan mulut dan giginya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Masa pertumbuhan gigi anak adalah fase penting yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Masih banyak anggapan bahwa kesehatan gigi susu yang dimiliki anak tidak perlu dipelihara seperti halnya gigi dewasa. Anggapan tersebut salah, ya, Moms.

Penting sekali untuk merawat gigi susu anak dan mengajarkan anak untuk merawat giginya sejak dini.

Gigi adalah sistem pencernaan yang pertama, jadi kalau gigi bermasalah maka hal tersebut memengaruhi pencernaan anak.

Pengaruhnya bisa sampai pada usus dan lambung yang harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Lalu, bukan tidak mungkin kalau penyerapan nutrisi anak menjadi tidak maksimal.

Tak sampai di situ, kesehatan gigi susu anak juga berpengaruh pada pertumbuhan gigi dewasanya nanti. Hal utama untuk menjaga kesehatan gigi adalah rutin menggosok gigi.

Namun, masalah yang sering dialami oleh orang tua adalah anak yang malas sikat gigi. Padahal, kalau jarang menyikat gigi maka meningkatkan risiko sakit gigi hingga gigi berlubang.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Menurut drg. Rizka Aulia Zaim, seorang dokter gigi spesialis anak dari Brawijaya Children & Women Clinic Bandung mengungkapkan masalah anak yang sulit untuk diajak sikat gigi kerap terjadi dan harus dihadapi.

“Ajari anak untuk menggosok gigi sedini mungkin alias sejak gigi pertamanya tumbuh. Namun, jika anak memberontak, menggigit, mengemut, dan melakukan berbagai cara agar tidak gosok gigi, itu adalah hal yang biasa,” ujar drg. Rizka pada Kulwap Orami Community pada Kamis (14/2).

Namun, orang tua tetap harus sabar dan secara rutin mengajari anak untuk menyikat gigi sejak dini.

“Orang tua tidak boleh stres, tapi kuncinya adalah sabar dan konsisten. Mungkin awalnya anak menolak, namun lama-lama mereka terbiasa. Tetap hargai dan nikmati prosesnya,” lanjut drg. Rizka.

Memaksa anak untuk sikat gigi hanya berpotensi membuat ia semakin memberontak. Untuk itu, orang tua harus punya trik cerdas agar anak tidak lagi malas sikat gigi. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi

4 trik cerdas menghadapi anak yang malas sikat gigi 5

Ajak anak sikat gigi pada waktu yang tepat dan konsisten setiap harinya. Hal ini akan membuat anak terbiasa dengan waktu sikat gigi.

Pagi hari, biasakan anak untuk sikat gigi setelah ia sarapan dan ia sudah dalam keadaan segar dan tidak mengantuk.

Malam harinya, hindari sikat gigi mendekati waktu tidur anak karena hal tersebut bikin anak semakin malas karena biasanya, mereka sudah mengantuk atau terlalu capek beraktivitas.

Sebaiknya, ajak anak untuk menyikat gigi pada sore hingga ke malam hari, setelah ia menyelesaikan makan malamnya dan tidak mendekati waktu tidurnya.

Baca Juga: Anak Menelan Pasta Gigi Saat Sikat Gigi, Berbahayakah?

2. Memilih Kemasan yang Menarik

4 trik cerdas menghadapi anak yang malas sikat gigi 2

Tidak ada salahnya untuk mengajak anak ke supermarket dan meminta dia untuk memilih sendiri pasta gigi khusus anak dengan rasa yang ia mau. Selain itu, ajak anak untuk memilih sikat gigi sesuai dengan kemasan yang ia sukai.

Setelah itu, Moms bisa membuat perjanjian dengan anak bahwa ia harus rajin sikat gigi. Biasanya cara ini akan ampuh karena anak membuat pilihan yang menarik perhatiannya.

3. Memberikan Contoh Pada Anak

4 trik cerdas menghadapi anak yang malas sikat gigi 4

Cara ini efektif untuk membujuk anak agar tidak malas sikat gigi lagi. Memberikan contoh padanya dengan menyikat gigi setiap pagi dan malam hari, membuat anak lama-kelamaan akan mengikutinya.

Penting juga bagi orang tua untuk selalu memberitahu anak bahwa sikat gigi baik untuk kesehatan dan menjelaskan rasa tidak nyaman jika terserang sakit gigi.

Baca Juga: Moms, Hindari 7 Makanan dan Minuman yang Merusak Gigi Balita Ini

4. Menjadi Sikat Gigi Aktivitas yang Menyenangkan

4 trik cerdas menghadapi anak yang malas sikat gigi 1

Seringnya, anak malas menyikat gigi karena menganggap kegiatan tersebut terasa monoton dan membosankan untuk dilakukan.

Untuk itu, cara menyiasatinya adalah menjadikan momen sikat gigi menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Caranya bisa dengan mendengarkan musik, sambil menyenandungkan lagu, atau bermain games. Ketika kegiatannya menjadi menyenangkan, anak semakin suka untuk melakukannya.

Melakukan trik-trik di atas, tidak ada lagi alasan untuk anak malas sikat gigi, Moms!

(DG/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait