Selebriti

20 Mei 2021

Anak Mendiang Ustaz Arifin Ilham Cerai Kala Menikah di Usia 17 Tahun, Apa Tantangan Menikah Muda?

Sebaiknya dipikirkan lebih matang-matang lagi ya
placeholder

Foto: instagram.com/alvin_411/freepik

placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Amelia Puteri

Menikah muda, rumah tangga putra sulung mendingan Ustadz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz dengan Larissa Chou dikabarkan bercerai setelah lima tahun menikah.

Dugaan itu muncul melalui unggahan Instagram Stories akun Instagram Alvin. Ia memajang foto pernikahannya dengan Larissa Chou. Namun, keterangan foto tersebut menuliskan kalimat "The End" yang artinya "berakhir".

Alvin Faiz maupun Larissa Chou belum mengonfirmasi isu keretakan rumah tangga mereka.

Namun, sejauh ini baik di akun Instagram Alvin dan Larissa sudah tidak terlihat foto mereka berdua selain foto ulang tahun Larissa Chou beberapa minggu lalu di akun Alvin Faiz.

Kisah pernikahan mereka sempat menjadi viral. Alvin yang saat itu masih berusia 17 tahun memutuskan untuk menikah muda dengan Larissa.

Bagi setiap orang yang sudah menginjak dewasa dengan umur matang, biasanya menikah muda merupakan langkah yang diidamkan.

Sebagian orang banyak yang mengidamkan usia muda dengan berbagai alasan, salah satunya agar usianya tidak jauh dari usia anak. Namun, menikah di usia muda tanpa memikirkan secara matang bukan merupakan pilihan yang tepat.

Menikah di usia muda dipercaya lebih banyak memiliki tantangan. Lantas, apa saja tantangannya? Mari kita simak.

Baca Juga: 7 Selebriti Cantik yang Menikah Muda dan Pernikahannya Jauh dari Gosip Hingga Kini

1. Masalah Keuangan

masalah menikah muda-keuangan

Foto: Orami Photo Stock

Masalah uang dapat menjadi faktor tantangan menikah muda, terlepas dari usia hubungan tersebut.

Karena ini adalah tahap kehidupan di mana orang-orang biasanya memulai karirnya, kemungkinan kondisi keuangan pasangan muda yang tidak begitu baik sangat tinggi.

Mereka harus mengeluarkan uang untuk membayar sewa rumah, tagihan, dan pengeluaran rumah tangga lainnya.

Selain itu, zaman sekarang banyak orang jarang memikirkan tabungan, dan cenderung menghabiskan lebih banyak untuk hal-hal seperti bepergian, berbelanja, makan di luar.

Jika pasangan muda memiliki sifat seperti itu, dengan lebih banyak kebutuhan dan lebih sedikit uang yang mereka miliki, kemungkinan perkelahian terjadi antara pasangan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka, yang secara finansial tercukupi.

2. Masalah Komunikasi

masalah menikah muda-komunikasi

Foto: Orami Photo Stock

Menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangan menjadi salah satu alasan pasangan muda untuk menikah. Padahal ketika pasangan muda menemukan tanggung jawab hidup, mereka cenderung bekerja lebih keras untuk memenuhinya.

Rutinitas yang sibuk dengan pekerjaan, jadwal perjalanan yang padat, tekanan untuk mencapai target dan sasaran menyebabkan tidak benar-benar menyisakan waktu untuk komunikasi apa pun di penghujung hari.

Ini juga dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan seks mereka, karena salah satu pasangan mungkin selalu lelah dan tidak siap.

Selain itu, stres dan kelelahan dapat menyebabkan sikap jengkel, yang dapat memicu percakapan tidak menyenangkan yang selanjutnya mengarah pada pertengkaran.

Baca Juga: Najwa Shihab Cerita Menikah Umur 19 Tahun, Ini 3 Alasannya Menikah Muda

3. Menikah Muda Bisa Merasa Dibatasi

masalah menikah muda-merasa dibatasi

Foto: Orami Photo Stock

Di usia muda, kebanyakan orang ingin bersenang-senang setiap hari dengan teman-temannya.

Namun, jika pernikahan menciptakan batasan dalam kehidupan sosial seseorang dan itu juga pada tahap awal kehidupan, maka ada kemungkinan ketegangan terjadi di antara pasangan.

4. Masalah dengan Mertua

masalah menikah muda-mertua

Foto: Orami Photo Stock

Kaum muda biasanya sangat impulsif.

Mereka suka menjalani hidup dengan cara mereka sendiri dan tidak suka dibimbing atau dinasehati oleh orang lain tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan mereka.

Di sisi lain, orang tua selalu memberi nasihat tentang cara menabung setelah menikah, menjalani hidup yang lebih teratur, memprioritaskan tujuan hidup, dll.

Ini adalah masalah menikah muda lain yang dapat membuat pasangan muda kesal, terutama ketika salah satu dari pasangan diberikan nasihat oleh orang tua pasangannya.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Alami Perdarahan, Simak Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

5. Masalah Pengasuhan Anak

masalah menikah muda-mengasuh anak

Foto: Orami Photo Stock

Keputusan terkait mengasuh anak juga bisa menjadi penyebab konflik di antara pasangan muda. Dalam kasus di mana salah satu pasangan ingin memiliki anak sedangkan yang lain tidak siap, dapat membuat stres dalam hubungan.

Prioritas pasangan yang menjadi orang tua pada tahap paling awal kehidupan mereka mungkin bergeser ke anak-anak, yang dapat menciptakan jarak di antara kedua pasangan.

Itu dia Moms tantangan yang biasa dihadapi saat menikah muda.

Moms ingat, jangan jadikan pernikahan sebagai ajang perlombaan. Menikahlah karena siap bukan karena ingin atau faktor usia.

  • https://www.bollywoodshaadis.com/articles/7-relationship-problems-faced-by-couples-who-marry-young-3336
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait