Di atas 5 tahun

8 Juli 2021

Anak Susah Mengingat Huruf dan Angka? Ini 10 Tips Belajarnya, Moms!

Beberapa anak mulai memahami huruf dan angka di usia balita. Begini cara menstimulasinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Widya Citra Andini

Mengajari anak-anak huruf dan angka memang membutuhkan kesabaran, terutama jika Si Kecil masih masuk fase toddler atau balita.Namun, jangan khawatir ketika anak susah mengingat huruf dan angka , Moms.

Rasa penasaran anak-anak dan cara belajar yang menyenangkan akan membuat mereka dapat mengingat huruf dan angka dengan mudah.

Kapan Mulai Belajar?

Anda tidak perlu terburu-buru mengenalkan alfabet pada Si Kecil yang masih balita. Moms dapat mulai mengenalkan huruf pada usia 15 bulan, jika dirasa Si Kecil sudah siap.

Namun, jika Si Kecil belum menunjukkan ketertarikan untuk memelajari alfabet atau angka, tidak perlu khawatir ya, Moms. Beberapa anak mulai mengucapkan huruf-huruf alfabet pada usia sekitar 4 tahun.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Membaca dan Berhitung?

Tips Jika Anak Susah Mengingat Huruf dan Angka

Bila anak susah mengingat huruf dan angka, cara paling efektif untuk mengenalkan alfabet tentunya dengan bermain atau melakukan akivitas yang menyenangkan, Moms.

Berikut beberapa hal yang dapat Moms lakukan, untuk membantu Si Kecil lebih paham dengan angka dan huruf.

1. Kenalkan lewat Buku, Cerita, dan Lagu

Girl-with-books-and-magnifier.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengenalkan alfabet dan angka bukan berarti Moms langsung menunjukkan huruf A, B, C, dan seterusnya.

Mulailah dengan langkah kecil seperti membacakan buku, bercerita, dan menyanyikan lagu-lagu anak. Tujuannya yaitu untuk membantu perbendaharaan kosakatanya.

Tiga hal tersebut adalah persiapan yang baik ketika Si Kecil bertambah usia dan siap belajar membaca serta menulis.

Saat membacakan buku, minta Si Kecil menceritakan bagian favoritnya. Gunakan intonasi suara yang berbeda-beda untuk membuat Si Kecil tertarik.

Cara efektif ini juga akan membantunya mengingat nama-nama tokoh, jalan cerita dan lain sebagainya yang untuk memulainya menghafal huruf maupun memperjelas kosakatanya.

Baca Juga: 4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak

2. Gunakan Nama Si Kecil

bored-kids.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika anak susah mengingat huruf dan angka, langkah termudah untuk mengawali belajar adalah dengan mengajarkan nama Si Kecil. Tuliskan nama Si Kecil dan jelas huruf-huruf dalam nama tersebut satu persatu.

Cara lain adalah dengan menggunakan hiasan huruf alfabet. Tempel nama Si Kecil di depan kamarnya dan sebutkan huruf tersebut.

Pertama-tama, Si Kecil akan mengenali bentuk dari huruf tersebut. Seiring berjalannya waktu, ia akan menghubungkan antara kata, huruf, dan bunyi yang dihasilkan.

Baca Juga : Apakah Les Calistung Akan Menganggu Perkembangan Anak?

3. Bernyanyi

manfaat bernyanyi bagi anak_thumb

Foto: Orami Photo Stock

Lagu berima seperti ABC membantu Si Kecil mendengar bunyi dari kata atau huruf sehingga dapat mengatasi anak yang susah mengingat huruf dan angka.

Minta Si Kecil untuk ikut bernyanyi. Anda juga dapat membuat lagu alphabet seperti, A untuk apel, B untuk banana, dan seterusnya.

Seperti alfabet, lagu juga dapat digunakan untuk mengenalkan angka. Nyanyikan lagu tentang angka seperti Five Little Monkeys atau Sayang Semuanya. Saat bernyanyi, tunjukkan jari sesuai dengan tiap angka yang disebut.

Jika lagu membantu mereka dalam melafalkan huruf secara tepat dan berurutan, ulangi hafalannya dengan mendengarnya secara berkala melalui video yang lebih menyenangkan.

Moms juga bisa mengajak Si Kecil mendengarkan lagu agar mampu menghafal dan mengucapkan pelafalannya secara baik dan jelas.

4. Manfaatkan Barang-Barang Sekitar

kids-play-moving-outdoors-ball-motor-skills-1024x796.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bila anak susah mengingat huruf dan angka, Moms bisa mulai dengan perkenalkan huruf lewat tulisan-tulisan yang ada di sekitar Si Kecil, seperti huruf di kotak sereal favoritnya, huruf di toko mainan, atau tempat lain.

Baca Juga : Kenali Metode Belajar Anak: Audio, Visual, atau Kinestetik?

5. Bermain Sambil Belajar

Yuk-Ajak-Anak-Belajar-Menulis-Secara-Menyenangkan!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Usia yang masih dini ini merupakan usia yang tepat untuk mengajaknya menghafal huruf dan angka. Ketika anak susah mengingat huruf dan angka, cobalah mengajarinya menggunakan cara yang menyenangkan.

Nah, caranya yakni dengan berhitung sambil melakukan aktivitas seperti memasukkan baju ke dalam keranjang, mengeluarkan koleksi mainannya, dan lain sebagainya.

Ketika sedang bermain, minta si Kecil untuk menghitung mainan-mainan tersebut. Hal sederhana seperti bermain sambil berhitung ini dapat dilakukan setiap hari, lho. Lambat laun ia pun akan mulai menghafal angka-angka.

6. Hitung Benda sambil Jalan-Jalan

mom and kids at play

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti bermain sambil belajar, Moms bisa mengatasi anak susah mengingat huruf dan angka dengan mengajaknya jalan-jalan.

Sehingga tidak hanya belajar, Si Kecil juga akan refreshing dan menganggap belajar adalah aktivitas yang menyenangkan.

Ketika sedang berjalan hitung benda-benda yang banyak terlihat, seperti rambu lalu lintas, kotak surat, atau pepohonan.

Baca Juga: 4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak Untuk Liburan Tahun Baru

7. Masukkan dalam Rutinitas

mom_talking_to_kids.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika sedang memasukkan mainan kembali ke tempatnya, minta Si Kecil untuk menghitung mainan-mainan tersebut. Hal sederhana ini dapat mengatasi anak susah mengingat huruf dan angka serta bisa dilakukan tiap hari.

Tidak hanya mainan, Moms juga dapat melakukannya saat hendak mencuci pakaian kotor Si Kecil. Hitung baju bersama Si Kecil sambil memasukkan baju ke dalam mesin cuci.

8. Hitung sambil Belanja

tanggung jawab1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minta Si Kecil untuk mengambilkan 5 buah apel atau 3 bungkus cookies favoritnya. Selain belajar dan mengatasi anak yang susah mengingat huruf dan angka, Si Kecil juga belajar tentang tanggung jawab.

Baca Juga: 5 Cara Membesarkan Anak Perempuan Agar Jadi Pemberani

9. Menggambar dan Menempel

children-cute-drawing-159823 (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara lain untuk mengatasi anak susah mengingat huruf dan angka ialah dengan menggambarnya.

Cobalah untuk membantu si Kecil menggambar beberapa huruf atau angka, Moms. Setelah itu, biarkan ia memberi warna sesuai kreasinya. Nah selanjutnya, tempel hasil karya Si Kecil agar ia lebih mudah mengingatnya.

Jangan pernah bosan menerapkan cara ini untuk memudahkannya menghafal huruf maupun angka.

10. Sesuaikan dengan Tumbuh Kembang Si Kecil

image-6744742-70b879f062f3656143c05114da419eb2-kids--mother-tongue-dyslexia---what-you-can-do_3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Diperlukan kejelian orang tua untuk mengetahui kemampuan tumbuh kembang anaknya, sehingga tahu ketika anak memang susah mengingat huruf dan angka.

Nah Moms perlu diingat, sangat penting untuk memahami jika setiap anak itu unik dan istimewa ya. Jadi, tumbuh kembangnya mungkin berbeda dengan teman seusianya, termasuk dalam belajar huruf dan angka.

Ketika mulai belajar membaca dan mengenal angka, Moms bisa memperkenalkan Si Kecil dengan huruf dan bunyi huruf terlebih dulu. Untuk angka, ajak Si Kecil berhitung dari 1-10 hingga hapal dan berurutan.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Utama Anak Tidak Suka Belajar

Itu dia Moms sepuluh tips untuk anak susah mengingat huruf dan angka yang bisa Moms tiru saat mengasuh Si Kecil.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait