Selebriti

SELEBRITI
14 September 2020

Anak Zaskia Mecca Mengalami Pusar Bodong dan Diberi Koin, Ini Penjelasannya

Baru-baru ini melalui unggahan Instagram Story pribadinya, Zaskia menceritakan bahwa anak bungsunya mengalami pusar bodong.
placeholder

Foto: instagram.com/zaskiaadyamecca

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Artis sekaligus pengusaha, Zaskia Mecca, kini sedang disibukkan dengan aktivitas momong anak ke-5 bernama Bhaj Kama Bramantyo yang baru lahir pada 3 Juli 2020.

Baru-baru ini melalui unggahan Instagram Story pribadinya, Zaskia menceritakan bahwa anak bungsunya mengalami pusar bodong dan ia menyiasati hal itu dengan cara memasukan koin ke dalam pusar lalu diplester.

Baca: Hernia Umbilikalis alias Pusar Bodong pada Bayi, Apa Bahayanya?

Mengikuti Budaya dan Keinginan Orang Tua

anak zaskia mecca mengalami puser bodong, diberi koin

Foto: Instagram.com/zaskiadyamecca

Meskipun Zaskia Mecca mengetahui secara ilmiah bahwa memasukkan koin ke dalam pusar anak yang bodong tidak akan berpengaruh terhadap bentuk pusarnya, Zaskia menyebut ia melakukan hal ini karena mengikuti budaya dan keinginan orang tua.

"Pemasangan koin pada bayi pun secara ilmiah tidak punya pengaruh apa-apa, tapi mama @blessingseven (ibunda Zaskia) setelah dijelaskan cuma bilang, 'yaudah tapi mau nyenengin mama ga Ia (panggilan Zaskia)? Please pakaikan (koin)!'. Akhirnya biar simpel aku modif cuma diplesterin, mama bahagia kan ya ma" tulisnya.

Selain itu, Zaskia juga menyarankan untuk membersihkan koin secara menyeluruh menggunakan alkohol dan sabun agar saat bayi dipakaikan koin, tidak menimbulkan infeksi.

"Bagian budaya kata orang tua. Kalau pakaikan koin, please pastikan koin bersih! Rendam alkohol seharian dulu, lalu sikat pakai sikat gigi dan sabun. Karena kalau koin enggak bersih bisa bahaya banget dan malah bikin infeksi" tulisnya.

Selain menempelkan koin pada pusar si kecil, cara Zaskia menahan agar koin tidak jatuh ialah dengan memplester koin. Namun, Zaskia mengungkapkan apabila terjadi iritasi akibat pemakaian plesternya, ia akan berhenti memakaian koin.

"Tapi kalau sampai iritasi kulit pakai plesternya, nanti aku akan milih udahan. We will see!" terangnya.

Baca Juga: Zaskia Mecca Sunat Anak Kelima Usia 2 Minggu, Ini 3 Manfaat Anak Disunat Sejak Bayi

Benarkan Meletakkan Koin pada Pusar Bayi Bisa Menghilangkan Bodong?

anak zaskia mecca mengalami puser bodong, diberi koin

Foto: Orami Photo Stocks

Kondisi pusar bodong pada bayi dikenal dengan istilah Hernia umbilikalis. Menurut Dokter Arifianto Apin, yang berpraktik di RS Pasar Rebo, Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa kondisi tersebut sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir dan akan hilang dengan sendirinya seiring anak tumbuh dewasa.

Pusar bodong pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

Tak hanya pada bayi, pusar bodong juga bisa terjadi pada orang dewasa dan biasanya disebabkan oleh pengaruh otot perut yang melemah sehingga pusar terlihat lebih menonjol.

Baca Juga: Tampil Beda! Inilah Fashion Nyaman Ala Zaskia Adya Mecca

Pusar bodong hanya bisa dihilangkan dengan cara operasi yakni mendorong tonjolan pusar ke dalam perut dan menguatkan otot-otot perut yang lemah sehingga tidak ada jaringan yang menonjol.

Operasi ini bisa dilakukan saat anak berusia 4 tahun atau lebih dan ketika tonjolan tali pusarnya terlihat bertambah besar atau tidak menghilang.

Itulah kabar mengenai putra bungsu Zaskia Mecca dengan kondisi pusar bodong serta faktanya. Apakah Moms juga pernah melakukan cara yang dipraktikkan oleh Zaskia untuk menghilangkan pusar bodong pada si kecil?

Jika pusar bodong si kecil memerah, iritasi, hingga berdarah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait