Gizi

5 November 2021

Ini Segudang Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan yang Moms Wajib Tahu!

Bentuknya ini mirip anggur tetapi ia berasal dari laut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar anggur laut sebelumnya? Anggur laut atau yang disebut juga dengan Green Caviar memiliki nama latin Caulerpa racemosa dan ia bisa ditemukan di perairan Indonesia.

Faktanya, anggur laut ternyata masih satu jenis dengan rumput laut, sehingga bisa dikatakan bahwa manfaat anggur laut untuk kesehatan juga banyak bahkan tak hanya bisa dikonsumsi, ia juga bermanfaat untuk kecantikan.

Manfaat anggur laut ini datang berkat berbagai nutrisi di dalamnya. Moms bisa mendapatkan asupan antioksidan, asam folat, asam karbonat, vitamin, dan masih banyak lagi dari anggur laut.

Karena nilai gizinya yang tinggi ini kemudian membuat anggur laut memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Ia bahkan bisa dijual dari Rp250.000 hingga Rp700.000 per kilogram.

Nyatanya anggur laut ini juga dikenal di beberapa negara seperti Jepang, Cina, Korea, Filipina, bahkan negara di benua Eropa dan Amerika.

Di Indonesia sendiri tidak banyak yang mengetahui buah ini karena ia memiliki berbagai nama yang berbeda di tiap daerah.

Baca Juga: 9+ Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Cocok untuk Program Diet

Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan

anggur laut

Foto: greeners.com

Buah ini memiliki tekstur seperti berlendir tetapi ia cukup renyah dan lembut. Buah ini juga sering dijadikan sebagai lalapan atau dikonsumsi mentah.

Cara mengolah anggur laut juga terbilang mudah, yakni hanya perlu dicuci bersih lalu direbus hingga matang.

Nah, berikut ini beberapa manfaat anggur laut yang perlu Moms ketahui:

1. Menguatkan Tulang dan Anti Penuaan

Di Okinawa, Jepang, anggur laut ini dijuluki “rumput laut umur panjang” karena orang-orang di sana yakin bahwa tanaman laut ini memiliki manfaat yang besar dan memiliki khasiat anti penuaan.

Mengutip Organic Facts, sudah ada beberapa laporan ilmiah yang meneliti potensi anti penuaan dari anggur laut.

Manfaat anggur laut untuk tulang dan anti penuaan ini datang dari nutrisi seperti protein, kalsium, dan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 DHA, EPA, dan ALA.

Jika dikonsumsi rutin, maka Moms bisa mendapatkan tulang yang kuat dan terhindar dari gejala pengeroposan tulang.

2. Menjaga Kesehatan Mata dan Jantung

Melansir Eat Algae, tanaman ini juga mengandung asam lemak tak jenuh seperti AA, LA, DHA, EPA, dan ALA yang dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan memori, menurunkan kolesterol, meningkatkan fluiditas pembuluh darah, dan mencegah oksidasi.

Di samping itu, ia juga diyakini mampu menjaga struktur kolagen kulit di arteri, dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular seperti seperti stroke, aterosklerosis, serta serangan jantung.

Baca Juga: Ajak Anak Mencintai Laut dengan Mengenalkan 9 Binatang Laut Ini

3. Mencegah Hipertensi dan Diabetes

anggur laut

Foto: Orami Photo Stock

Berkat kandungan kalsium, potassium, dan vitamin C dalam tanaman ini, Moms bisa menurunkan tekanan darah dan juga membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Tak hanya itu saja, anggur laut diyakini mampu mencegah penyebaran radikal bebas, mengurangi penumpukan sorbitol intraseluler, dan mencegah pengikatan glukosa dan protein.

Dengan begini, ia diklaim mampu menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Mengutip Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, Caulerpa lentillifera atau anggur laut ini terbukti baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena manfaatnya dalam meningkatkan sekresi insulin.

4. Meredakan Sembelit

Manfaat anggur laut lainnya datang dari kandungan kalori dan gula yang cukup rendah, sehingga memungkinkan bakteri baik untuk dapat mencerna makanan dan mengeluarkan limbah makanan secara lebih cepat dan juga efisien.

Dengan begini, maka Mom bisa terhindar dari sembelit.

Baca Juga: 5 Resep Miyeokguk, Sup Rumput Laut dari Negeri Ginseng

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

anggur laut

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms ingin mendapatkan kulit dan rambut yang sehat, maka Moms juga perlu mengonsumsinya. Ini karena tanaman ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri.

Ia juga telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk kosmetik, pelembap, pencerah kulit, dan perawatan kecantikan.

Selain itu, tanaman ini laut juga bisa memproses kolagen dan antioksidan secara efisien, sehingga ini bisa memberikan penampilan kulit yang awet muda.

Selain itu, lemak dalam anggur laut dapat meregenerasi membran sel, meningkatkan fluiditas, dan mengurangi mobilitas dinding pori-pori pembuluh darah untuk menurunkan efek samping kulit kering yang Moms alami.

6. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi anggur laut secara teratur juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengatur kadar kolesterol di dalam darah.

Ini karena kandungan gula yang rendah dan adanya kandungan protein nabati, vitamin C, kalsium, zinc, zat besi, dan asam lemak tak jenuh yang tinggi.

Berbagai kandungan tadi adalah nutrisi yang baik dikonsumsi oleh orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas dan juga yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga: Selain Lezat, Ini 13 Manfaat Tiram Laut untuk Kesehatan

7. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat anggur laut untuk kesehatan yang paling populer adalah kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Lignan yang terkandung dalam tanaman ini juga diduga berperan dalam menghancurkan sel kanker. Selain itu, zat fucoidan dalam anggur laut juga merupakan zat antikanker yang sangat baik.

Terbukti pada orang Jepang dan Korea yang cukup sering mengonsumsi makanan ini dan membuat mereka memiliki populasi pengidap kanker yang rendah.

Tak hanya itu saja, anggur laut juga dipercaya dapat membantu pengobatan Alzheimer, tuberkulosis, radang sendi, influenza, dan infeksi parasit cacing.

Itulah beberapa manfaat anggur laut untuk kesehatan yang merupakan jenis rumput laut yang rasanya dikatakan mirip telur ikan.

Meski tidak banyak ditemukan dalam masakan Indonesia, anggur laut cukup populer dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Jepang, Korea, Filipina, dan Malaysia.

Jika Moms ingin mendapatkan manfaatnya, maka coba konsumsi makanan ini bersama keluarga lebih sering ya Moms!

  • https://eatalgae.org/sea-grapes/
  • https://www.organicfacts.net/umibudo-sea-grapes.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4032834/
  • https://www.linkedin.com/pulse/15-scientific-health-benefits-sea-grape-medical-uses-beauty-nguyen
  • http://vnfitfoods.com/community/27/enjoy-the-health-benefits-of-delicious-sea-grapes-green-caviar.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait