Kesehatan

KESEHATAN
13 April 2020

Anjuran Minum Air Putih Selama WFH #DiRumahAja

Minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rasa khawatir akan pandemi virus corona (COVID-19), membuat masyarakat tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Bahkan ketika pernyataan pandemi ini dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali, Presiden Joko Widodo sigap mengajurkan masyarakat untuk mulai bekerja dari rumah dan melakukan social distancing. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Namun bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) di tengah virus corona memiliki plus dan minus bagi seorang pegawai. Tubuh menjadi kurang aktif bergerak dan godaan makanan mungkin tidak tertahankan.

Ditambah lagi dengan stres akibat hanya berdiam di rumah saja. Makanya penting untuk tetap menjaga kesehatan selama WFH. Cara mudah untuk menjaga diri tetap sehat adalah terhidrasi baik dengan minum air putih.

Minum Air Putih untuk Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Dua pertiga dari tubuh kita terdiri dari air. Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan jumlah air yang tinggi untuk dapat berfungsi dengan baik.

“Jadi ketika kita sepenuhnya terhidrasi, setiap sel dalam tubuh kita dipengaruhi oleh hal itu. Dengan kekurangan air, tubuh tidak akan bekerja pada potensi optimalnya,” jelas Dr. Ajala Ngarndi, Dokter Medis Divisi Atlanta di THE IV DOC.

Minum air putih sangat penting untuk setiap sistem organ dalam tubuh kita. Moms mungkin mengalami dehidrasi dalam bentuk kelelahan, sakit kepala ringan, sakit tubuh, dan kulit kering. Melacak seberapa sering kita buang air kecil dan warna urin (yang baik adalah tidak berwarna) dapat memberi tahu apakah hidrasi tubuh cukup baik.

Kita harus minum delapan gelas air per hari, di mana setiap gelas seharusnya berjumlah sekitar delapan ons, jadi total kita harus mengonsumsi sekitar 64 ons air per hari.

Tentu saja, angka itu akan naik tergantung pada seberapa aktif kita dan seberapa panas iklimnya. Secara keseluruhan, 64 ons adalah anjuran praktis air putih yang harus diminum untuk melacak kesehatan kita.

Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Bila kita tidak rutin minum air putih, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat berbahaya bagi tubuh, seperti menghilangkan kemampuannya untuk mengatur suhu, pencernaan, dan proses tubuh lainnya.

Dilansir dari U.S. National Library of Medicine, beberapa penyebab dehidrasi selain kurang minum air putih, di antaranya:

  • Diare
  • Muntah-muntah
  • Banyak berkeringat
  • Banyak buang air kecil, yang bisa terjadi akibat obat-obatan atau penyakit
  • Demam

Dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi, anak-anak, dan lansia. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada Moms yang sedang WFH.

BMC Public Health menyebutkan beberapa tanda tubuh mengalami dehidrasi yang mudah dikenali adalah mulut / lidah kering, haus, sakit kepala, dan lesu. Jadi penting bagi kita untuk rutin minum air putih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait