Fashion & Beauty

14 Oktober 2020

Anti Rusak, Ketahui Cara Membersihkan Tas Kulit yang Tepat

Cukup dengan 4 langkah mudah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tas kulit yang bagus adalah investasi fashion. Oleh karena itu, Moms harus bisa merawatnya agak selalu tampak seperti baru dan tidak kusam. Memiliki tas kulit membutuhkan perawatan yang tepat sehingga bahan kulit tersebut tidak mudah rusak.

Sayangnya, sedikit yang mengetahui bagaimana cara membersihkan tas kulit yang tepat.

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang cara membersihkan kulit adalah jangan gunakan pembersih berbahan dasar amonia atau pemutih. Mereka dapat merusak permukaan tas. Ingat, kurangi pemakaian air juga, karena dapat menodai kulit.

Baca Juga: 6 Produk Perawatan Bayi yang Juga Bisa Digunakan oleh Orang Dewasa

Cara terbaik merawat dan membersihkan tas kulit adalah menganggapnya sebagai kulit kita. Dan seperti halnya kulit, kulit membutuhkan perawatan rutin agar terlihat terbaik. Tas kulit perlu dilap dengan kain kering dan menerima aplikasi krim kulit bulanan untuk menjaga bahan agar tetap lembut dan lembap. Sebenarnya, krim kulit juga digunakan untuk membersihkan kotoran atau noda.

Jika Moms ingin agar tas kulit menjadi lebih tahan lama, maka perlu mengetahui seperti apa cara merawat dan membersihkan tas kulit yang tepat.

Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kotor

cara membersihkan tas kulit-1.jpg

Foto: thehandbagspa.com

Jika tas kulit dirawat dan dibersihkan dengan benar, maka bisa menjadi barang investasi jangka panjang.

Ketahui bagaimana cara membersihkan tas kulit yang tepat agar awet berikut ini, mengutip Buffalo Jackson.

1. Ketahui Kenis Kulit Tas Kita

Tidak semua tas kulit diciptakan sama: dalam hal membersihkan noda sehari-hari dan kotoran permukaan, kulit, suede, dan nubuck semuanya memerlukan cara yang berbeda.

Menurut The Restory, hasil akhir kulit sangat bervariasi, jadi tidak ada jawaban yang cocok untuk semua dalam hal pembersihan.

Kulit dengan permukaan halus dalam butiran alami (seperti kulit anak sapi atau kulit domba) harus dibersihkan dengan pembersih kulit yang sesuai, lalu dilindungi dan dikondisikan dengan krim.

Saat Moms akan membersihkan tas kulit di rumah, selalu lakukan pendekatan dengan hati-hati, uji pada area tas yang tidak mencolok terlebih dahulu, dan aplikasikan dengan tangan secara ringan. Jangan tergoda untuk menggunakan kekerasan.

Jangan pernah menggunakan tisu bayi untuk membersihkan tas karena mengandung lotion yang dapat mengubah warna kulit juga.

Dalam hal kulit yang timbul, seperti saffiano, diperlukan kebijaksanaan yang berbeda.

“Kulit Saffiano adalah kulit berbutir. Kita harus menggunakan pembersih kulit yang sama, tetapi aplikasikan dengan cara berbeda untuk mendapatkan hasil terbaik. Masukkan pembersih ke dalam tas dengan sikat pembersih kulit yang sesuai, karena ini akan memastikan bahwa larutan bekerja pada lekukan kulit, dan bukan hanya ke permukaan," saran The Handbag Clinic.

2. Singkirkan Debu Terlebih Dahulu

Mulailah dengan menghilangkan debu dan kotoran permukaan dari bagian luar tas kulit dengan sikat yang lembut.

Moms juga bisa menggunakan kain bersih dan kering lalu sapukan perlahan hingga debu terangkat.

3. Oleskan Pelindung Kulit untuk Tas

Hal pertama yang sangat penting untuk melindungi tas sebelum mengeluarkannya untuk pertama kali.

“Untuk kulit halus, hal pertama yang kami sarankan untuk dilakukan oleh klien kami adalah melindungi tas kulit mereka dengan krim kulit yang sesuai,” kata tim di spesialis restorasi tas tangan London, The Restory.

Menurutnya, ini akan menciptakan lapisan perlindungan di atas kulit dan melindunginya dari goresan dangkal. Jika Moms belum pernah melakukan langkah ini sebelumnya, coba lakukan sekarang.

Mengoleskan krim dengan lembut akan membuat kulit lembap dan melindungi kulit serta meminimalisir bekas yang ada (seperti goresan kuku).

Spesialis perawatan tas Handbag Clinic menambahkan bahwa pelindung kulit harus diisi ulang secara teratur, karena manfaatnya akan hilang.

“Tas kulit harus dilindungi secara teratur untuk memastikan pelindung terus melapisi permukaan, mencegah air, minyak, dan zat umum lainnya yang mungkin bersentuhan dengan tas kita.”

Baca Juga: Jakarta Kembali Dilanda Banjir, Ini Kisah 6 Artis yang Jadi Korban Banjir

4. Bersihkan dengan Pembersih Tas Kulit Khusus

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan kain bersih dan pembersih tas kulit yang khusus.

Tuangkan produk ke dalam kain, lalu bersihkan tas kulit dengan gerakan memutar.

Mulai bersihkan dari bagian yang lebih besar terlebih dahulu, lalu bagian-bagian lain seperti saku tas.

Pastikan semua bagian tas kulit dibersihkan dengan baik ya, Moms.

5. Bersihkan Sisa Produk Pembersih

Setelah tas kulit dibersihkan, ambil kain yang sedikit lembap untuk menghilangkan produk pembersih tas kulit.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah produk menyumbat pori-pori tas kulit.

Tips membersihkan tas kulit ini cocok untuk perawatan dan pemeliharaan rutin, dan harus dilakukan setidaknya sebulan sekali.

6. Melembapkan Tas Kulit Bila Diperlukan

Setelah tahu cara membersihkan tas kulit, Moms wajib melembapkan tas kulit, terutama untuk produk kulit berkualitas tinggi, dengan kondisioner khusus. Tanpa pengkondisian yang tepat, bahan kulit akan mengering seiring waktu.

Moms dapat mengoleskan kondisioner khusus produk kulit ke kain lembut (jangan langsung ke tas kulit), dan gosok dengan lembut membentuk lapisan tipis ke seluruh permukaan tas kulit.

Lalu, lakukan perawatan khusus di sekitar ritsleting, saku, dan hiasan. Setelah menerapkan kondisioner, gunakan kain kering dan lembut yang berbeda untuk menggosok permukaan kulit dengan lembut.

Baca Juga: Ranu Manduro dan 7 Wisata Alam Indonesia yang Tidak Kalah Indah dari Luar Negeri

Cara Membersihkan Tas Kulit dari Noda

cara membersihkan tas kulit-2.jpg

Foto: tallypress.com

Masalah paling umum yang selalu terjadi pada tas kulit adalah adanya noda cairan di tas. Sebagian besar tas mewah terbuat dari kulit yang diolah dengan ringan karena kesannya yang lembut, namun ini berarti bahan ini sangat menyerap juga ya.

Karena tas digunakan di luar saat kita jalan-jalan, tas cenderung bersentuhan dengan cairan umum seperti air hujan, minuman, parfum yang bocor dan, percaya atau tidak, pewarna rambut.

Selalu lindungi tas kulit saat membawanya ke salon karena percikan pewarna adalah salah satu noda cair paling umum yang sering ditemui. Seperti biasa, pencegahan lebih baik daripada pengobatan dan perlindungan di muka adalah cara terbaik untuk menghindari tumpahan atau penandaan yang tidak disengaja menjadi noda sebenarnya.

Tentu saja kecelakaan bisa terjadi kapan saja, jadi jika Moms secara tidak sengaja menodai tas, ada beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengurangi noda dan memastikan ini menyebabkan kerusakan seminimal mungkin.

  • Mulailah dengan menyeka area yang bernoda sesegera mungkin dengan kain atau tisu yang bersih dan kering, karena kita harus menyerap cairan sebanyak mungkin.
  • Setelah Moms menghilangkan kelebihan cairan, Moms harus menyeka area yang bernoda dengan kain lembap atau tisu menggunakan air hangat saja.
  • Mulailah dari bagian luar noda dan kerjakan ke dalam; ini akan menghentikan noda menyebar ke luar.
  • Seperti sebelumnya, kita harus melanjutkan untuk mengoleskan area bernoda dengan kain atau tisu kering untuk menyerap sisa air atau pembersih. Jangan pernah menggosok area yang terkena noda karena dapat menyebabkan noda menyebar.
  • Tas sebaiknya dibiarkan kering di ruangan yang hangat. Jangan gunakan panas langsung ke area yang terkena noda karena dapat membuat noda semakin melekat.

Baca Juga: Dijamin Tuntas, Ini 5 Langkah Mudah Membersihkan Celah Keramik yang Kotor

Cara Membersihkan Tas Kulit dari Jamur

cara membersihkan tas kulit-4.jpg

Foto: pinterest.com

Dalam sebagian besar kasus, menghilangkan jamur dari tas kulit sangat sederhana dan dapat dilakukan dengan produk rumah tangga biasa. Apalagi jika tasnya dari bahan kulit berkualitas tinggi, tas akan jadi baru dalam beberapa jam.

Moms akan membutuhkan kain katun atau serat mikro (tapi gumpalan kapas juga bagus) dan cuka bening. Jika tidak memiliki cuka, maka dapat menggunakan disinfektan, pembersih riasan deterjen, atau bahkan jus lemon.

  • Pertama-tama kosongkan tas kulit kita dan sikat lembut dengan kain atau sikat.
  • Kemudian ambil produk rumah tangga (cuka, jus lemon, penghapus riasan atau desinfektan) dan campur dengan air. Basahi kain dalam campuran dan usapkan dengan lembut ke area berjamur. Jangan berlebihan untuk airnya, kainnya harus lembap saja. Penggunaan air yang berlebihan dapat merusak tas.
  • Setelah menyelesaikan prosedur ini, keringkan tas dan biarkan mengering di tempat terbuka sampai semua tanda air hilang. Matahari akan membunuh jamur. Jamur tas adalah jenis jamur yang tumbuh subur dalam kondisi gelap dan basah, serta akan mati jika terkena sinar matahari.
  • Pada tahap ini, jika jamur telah hilang, kita dapat merawat tas dengan produk kulit bergizi yang membuatnya seperti baru. Jika bahan kulit mengembalikan kilau alami saat pertama kali kita membelinya, berarti tas milik Moms adalah tas kulit berkualitas tinggi.
  • Jika jamur ada di dalam, balikkan ke luar, dan lakukan perawatan yang sama.

Bau berjamur seharusnya sudah hilang, tetapi jika kita masih menciumnya, semprotkan deodoran ke dalam tas dan biarkan tas dijemur di bawah sinar matahari selama jam-jam. Cara ini akan membuat baunya hilang dalam sehari. Jangan tinggalkan tas di luar pada malam hari, kelembapan udara akan memperburuk kondisi tas kulit

Sebelum memulai perawatan apa pun, baca petunjuk di label, atau tanyakan langsung ke perusahaan kerajinan. Jangan taruh di mesin cuci, karena ini bisa merusak tas lebih dari jamur. Jika masih ragu atau jika baunya terus berlanjut, bawalah tas ke toko dry cleaning tas kulit.

Untuk menghindari masalah yang tidak menyenangkan ini sebaiknya Moms mencegahnya, dengan mempelajari cara merawat tas kulit dengan benar dengan perawatan berkala. Sangatlah penting untuk mengetahui cara menyimpan tas kulit dengan benar untuk menghindari jamur dan kelembapan.

Untuk menghindari bau tidak sedap, jangan tinggalkan tas terlalu lama di dalam ruang yang sempit. Sesekali, kira-kira dua kali setahun, buka lemari dan biarkan udara masuk ke dalamnya dan biarkan kulit menyerap sedikit sinar matahari. Penting untuk menyikat tas dan merawat kulit dengan petunjuk khusus.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

Itu dia Moms, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan tas kulit dan tips merawatnya agar produk lebih tahan lama. Jangan langsung panik, coba beberapa cara di atas dulu ya, termasuk jika tas tumbuh jamur. Dengan perawatan dan cara membersihkan yang tepat, tas kulit Moms akan kembali menjadi baru. Selamat mencoba di rumah!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait