Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | May 24, 2018

Apa Itu Konsultan Laktasi, dan Bagaimana Cara Memilih yang Tepat?

Bagikan


Mungkin selama ini Moms sering mendengar istilah konsultan laktasi, atau mungkin mendapatkan saran untuk menghubungi konsultan laktasi karena mengalami kendala dalam menyusui buah hati tercinta.

Sebenarnya siapa sih Moms yang disebut sebagai konsultan laktasi, apa saja tugasnya, dan bagaimana cara memilihnya secara tepat?

Yuk, simak pembahasan selengkapnya mengenai konsultan laktasi di bawah ini!

Spesialis Profesional dalam Bidang Menyusui

Konsultan laktasi merupakan spesialis menyusui yang dilatih secara profesional untuk mengajari para ibu cara menyusui bayi.

Mereka membantu para ibu yang mengalami masalah menyusui, seperti kesulitan pelekatan, menyusui yang terasa menyakitkan, dan produksi ASI yang rendah.

Mereka juga membantu menangani bayi yang memiliki berat badan rendah. Terkadang konsultan laktasi juga membantu ibu hamil untuk belajar cara menyusui bayi, lho.

Bukan hanya menyusui langsung, konsultan laktasi juga bisa membantu Moms dalam menggunakan peralatan menyusui, seperti pompa ASI. Termasuk memberikan tips tentang cara menyimpan ASI perah yang benar dan aman.

Baca juga: 5 Tips Lancar Menyusui Saat Puasa

Di mana Moms Bisa Menemukan Konsultan Laktasi?

Umumnya, konsultan laktasi bekerja di rumah sakit, namun bisa juga ditemui di kantor praktik dokter atau klinik. Beberapa konsultan dalam bidang laktasi juga membuka praktik pribadi.

Moms juga bisa menemukan informasi mengenai konsultan atau konselor laktasi terdekat melalui pencarian online.

Sekarang ini sudah banyak informasi mengenai konsultan atau konselor laktasi yang berada di berbagai wilayah di Indonesia.

Jika Moms merasa kesulitan dalam menemukan sendiri konsultan laktasi di sekitar tempat tinggal, cobalah untuk bergabung di forum konsultasi Orami.

Moms bisa bertanya dengan para konselor laktasi yang sudah bekerja sama dengan Orami melalui forum tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Konsultan Laktasi yang Tepat?

Alissa Gomez-Dean, konsultan laktasi bersertifikat dari Breastfeeding USA, mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk mengetahui apakah pilihan konsultan laktasi Moms sudah tepat adalah berkonsultasi dan menanyakannya pada beberapa orang.

Wawancara tatap muka mungkin juga bisa dilakukan, seperti yang Moms lakukan dalam memilih pengasuh si kecil.

Bukankah akan sangat sulit untuk menerima saran dan bantuan dari seseorang yang Moms sendiri tidak nyaman saat berbincang dengannya?

Gomez-Dean juga mengatakan bahwa seorang konsultan laktasi yang baik seharusnya tidak takut dalam memberitahu kita mengenai fakta-fakta yang dibutuhkan dengan mantap, namun juga tidak memaksa menerima sarannya serta tidak menghakimi, dan juga penyampaiannya tidak terkesan memaksa. Karena mereka sudah dididik untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Agar Lancar Menyusui, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Moms Lakukan

Apakah Harus Konsultan Laktasi Bersertifikat?

Untuk memastikan standar pelatihan dan keahlian yang tinggi, Moms harus mencari konsultan laktasi yang sudah di sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Konsultan Laktasi Internasional.

Di mana konsultan atau konselor laktasi bersertifikat akan memiliki gelar IBCLC di belakang namanya.

Demi mendapatkan gelar IBCLC, seorang konsultan dalam bidang laktasi membutuhkan ribuan jam pengalaman dan pelatihan dalam bidang fisiologi, anatomi, psikologi atau konseling, sosiologi, perkembangan anak, nutrisi, dan istilah medis.

Pasalnya, berbagai kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam mendukung perannya sebagai pihak yang membantu Moms menangani berbagai masalah dalam menyusui.

Nah, sekarang jadi lebih mengerti ya Moms mengenai konsultan laktasi dan bagaimana cara memilihnya secara tepat.

Apakah Moms berencana untuk menggunakan jasa konsultan laktasi dalam membantu mewujudkan masa menyusui eksklusif untuk Si Kecil?

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.