Balita dan Anak

4 Juni 2020

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi?

Waspada, Moms, depresi tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berdasarkan Anxiety and Depression Association of America, depresi merupakan sebuah gangguan mental yang diawali dari kondisi hati dan perasaan yang tidak menentu. Apabila tidak cepat diatasi, depresi bisa menimbulkan masalah fisik dan emosi yang besar.

Maka, Moms harus waspada karena depresi bisa dialami oleh siapapun, termasuk anak-anak. Perlu diperhatikan juga Si Kecil akan menjadi lebih rentan terserang depresi apabila ada anggota keluarga yang pernah mengalami hal yang sama.

Cara Mengatasi Anak Depresi

Salah satu gejala awal Si Kecil mengalami depresi adalah terlihat lesu dan tak bersemangat. Jangan sepelekan kondisi ini, ya, sebab jika tidak ditangani dengan baik malah bisa berakibat fatal, yakni depresi. Untuk mengatasi anak depresi butuh dilakukan beberapa cara. Apa saja?

1. Ajak Anak Mengobrol

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi? 1.jpg

Foto: Freepik.com

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan saat anak mengalami depresi adalah mengajaknya berbincang. Dengan membuka dan memulai obrolan, Si Kecil akan merasa tenang dan dihargai.

Angkat topik pembicaraan yang menarik dan hindarilah membahas hal sensitif. Berikan waktu bagi Si Kecil supaya bisa lebih tenang dengan tidak memaksanya untuk cepat berbicara.

Setelah kondisi Si Kecil sudah terlihat lebih baik, barulah mulai bahas masalah apa yang dialaminya. Usahakan untuk mendengarkan ceritanya terlebih dahulu dan jangan memotong pembicaraan.

Selain menghilangkan rasa depresi, cara ini juga efektif untuk membangun rasa percaya diri yang baik pada anak.

Baca Juga: Terapi Sentuhan untuk Mengatasi Depresi

2. Luangkan Waktu untuk Melakukan Aktivitas Bersama

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi? 2.jpg

Foto: Freepik.com

Penyebab utama anak bisa mengalami depresi adalah saat Si Kecil kurang merasakan quality time bersama keluarga. Meski sibuk dengan pekerjaan, namun usahakan selalu luangkan waktu bagi Si Kecil ya, Moms.

Meluangkan waktu bersama buah hati merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi anak depresi. Si Kecil tentunya akan merasa bahagia apabila bisa berkumpul dan melaksanakan aktivitas bersama orang tuanya.

Moms bisa mengajaknya pergi berkunjung ke tempat wisata seperti taman hiburan atau museum, berolahraga ataupun berenang.

3. Ajak untuk Menggambar

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi? 4.jpg

Foto: Freepik.com

Metode selanjutnya untuk mengatasi anak depresi adalah dengan mengajaknya menggambar. Saat menggambar, Si Kecil bisa menuangkan perasaannya.

Tidak hanya itu, menggambar juga bisa membuat anak jadi lebih fokus dan memusatkan pikiran tanpa terganggu dengan sekitarnya. Menggambar juga merupakan sebuah aktivitas fisik yang baik untuk mengembangkan pola pikir dan saraf motorik Si Kecil.

Baca Juga: Ternyata Berenang Bisa Mengurangi Depresi Lho! Ini 3 Alasannya

4. Bermain dan Berkumpul Bersama Teman Sebaya

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi? 3.jpg

Foto: Freepik.com

Moms sering melarang Si Kecil bermain di luar rumah? Hati-hati ya, Moms, sebab salah satu penyebab anak depresi adalah terlalu sering berada di rumah.

Untuk itu, salah satu cara paling baik untuk mengatasi dan mencegah depresi ialah dengan membawa Si Kecil bermain di taman dan membiarkannya berkumpul bersama teman sebaya.

Rasa jenuh yang berkepanjangan bisa berdampak sangat buruk terhadap perkembangan Si Kecil. Dengan bermain bersama teman seusianya, anak bisa bersemangat kembali.

Selain itu, bermain di taman atau luar rumah juga bisa membuat Si Kecil merasa senang dan bergerak bebas.

5. Menonton Film Animasi Favoritnya

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Menderita Depresi? 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Aktivitas berikutnya yang mampu mengatasi anak depresi adalah dengan menemani Si Kecil menonton film animasi atau kartun favoritnya. Menemaninya menonton film akan membuat suasana menjadi lebih intim dan dekat, lho, Moms.

Selesai menonton film, Moms juga bisa minta Si Kecil untuk menceritakan kembali adegan apa yang paling disukainya. Dengan begitu, pikiran anak bisa teralihkan, sekaligus melatih kemampuan memori otaknya supaya lebih baik.

Baca Juga: Ketahui Masalah Bipolar dan Depresi Anak dari Giginya

Orang tua berperan penting dalam menangani anak yang sedang depresi. Dengan menciptakan situasi keluarga yang harmonis dan stabil, pikiran dan perasaan Si Kecil bisa jadi tenang dan nyaman. Anak pun bisa terbebas dari depresi.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait