Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Anak | Jun 26, 2018

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan Ketika Anak Terkena Narkoba?

Bagikan


Sebagai orang tua, Moms harus siap menghadapi situasi apapun, termasuk saat mendengar kabar anak terjerat narkoba.

Moms tentu akan sulit menerima kenyataan tersebut dan otomatis marah. Namun, memarahi anak tidak akan menyelesaikan masalah, sebaliknya, hal tersebut malah akan memperumit situasi.

Nah, saat mendengar kabar tersebut, Moms sebaiknya mengendalikan diri untuk tidak langsung bereaksi negatif. Sebagai orang tua, apa yang harus kita lakukan saat anak terkena narkoba? 

1. Dengarkan anak

Hal terpenting saat mengetahui anak terjerat narkoba adalah mendengarkan anak, apalagi ia mungkin belum sepenuhnya siap untuk berbicara.

Sambil menunggu ia siap, Moms bisa menyiapkan daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada anak. Tanya kapan anak mulai menggunakan narkoba dan apakah aktivitas tersebut dilakukan karena ada tekanan dari pihak tertentu.

Inti dari pembicaraan tersebut adalah agar ia mengenal situasi yang sedang dia hadapi, bukan menggurui atau bahkan memarahinya.

Tujuan dari pembicaraan ini adalah membiarkan si anak lebih banyak berbicara supaya Moms bisa lebih mengerti alasan di balik tindakannya.

Jangan sampai Moms membuatnya merasa disudutkan atau dihakimi, bicarlah dengannya dalam kondisi pikiran yang terbuka. 

2. Jangan langsung bereaksi

Usahakan untuk tidak langsung bereaksi saat mengetahui kabar tersebut. Wajar jika Moms langsung naik pitam saat mendengar kabar tersebut, tapi jangan langsung berteriak kepada si anak.

Berdasarkan penelitian pada otak dewasa muda, reaksi langsung seperti itu tidak akan memberikan dampak baik pada anak. Sebaliknya, hal tersebut justru akan memperburuk keadaan dan membuatnya enggan untuk terbuka.

Hal terbaik yang bisa Moms lakukan adalah tetap tenang. Reaksi seperti ini memang butuh dipersiapkan, Moms bisa minta waktu kepada anak untuk menenangkan diri.

Katakan juga bahwa nanti Moms butuh berbicara langsung kepadanya. Moms juga sebaiknya mencari sumber lain untuk bisa mendapatkan cerita utuh.

Baca Juga: 5 Cara Lindungi Anak dari Bahaya Merokok, Miras, dan Narkoba 

3. Cari tahu kebenaran

Sebelum menilai situasi, Moms perlu mendapatkan fakta-fakta lain, karena anak mungkin tidak akan menceritakan seluruh kebenaran kepada kita.

Tapi percayalah, hal tersebut dilakukan bukan karena ingin membohongi Moms, melainkan karena ia tidak ingin mengecewakan orang tua.

Sebelum mengajaknya berbicara dari hati ke hati, Moms dapat meyakinkannya kalau Moms tetap sayang padanya.

4. Segera bertindak

Narkoba akan berdampak buruk bukan hanya pada diri anak sekarang, tapi juga pada dirinya saat dewasa nanti.

Saat remaja di bawah usia 18 tahun kecanduan narkoba, ia kemungkinan akan terkena efek sampingnya saat dewasa nanti.

Selain menggali fakta dari anak, Moms juga bisa memantau perilakunya atau mencari tahu sendiri fakta-fakta dari pihak lain tentang aktivitas si anak menggunakan narkoba.

Baca Juga: Balita di Riau Makan Permen Narkoba, Ini 3 Cara Agar Anak Tidak Jajan Sembarangan

5. Minta bantuan profesional

Jika sudah positif, Moms bisa langsung mengambil tindakan dengan membawanya rehabilitasi untuk mendapat penanganan dari profesional. Jangan sampai anak terlambat ditangani ya Moms.

Itulah hal-hal yang sebaiknya Moms lakukan saat mengetahui buah hati terjerat narkoba. Selalu ingat untuk tidak menghakimi anak dan tidak membuatnya merasa terpojokkan ya, cari tahu benar-benar alasannya supaya Moms bisa membantunya mencegah hal tersebut terjadi lagi di kemudian hari. 

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.