Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
21 April 2020

Apa yang Menjadi Penyebab Bau Mulut Pada Anak?

Setelah tahu penyebabnya, yuk cegah dari sekarang!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil yang asyik bermain mendadak mogok karena temannya mengatakan kalau mulutnya bau. Padahal, ia sudah sikat gigi dan juga berkumur seusai ia menikmati makanannya.

Lalu, di mana masalahnya? Dikutip dari Omics Online, bau mulut pada anak atau halitosis sangat umum terjadi pada anak-anak akibat adanya aktivitas bakteri pada mulut, hidung atau giginya. Masalahnya bisa berasal dari dalam atau luar mulut Si Kecil.

Scott Froum, seorang periodontis yang sering menangani kasus bau mulut mengatakan bahwa 80 persen bau mulut biasanya berasal dari lingkungan gigi seperti radang gusi atau kebersihan gigi yang buruk.

Sisanya, berasal dari hal-hal seperti gangguan pencernaan, amandel, atau sinus.

Baca Juga: Bau Mulut pada Anak, Apa Sebabnya?

Penyebab Bau Mulut pada Anak

Lalu, apa saja hal yang kerap menyebabkan bau mulut pada anak?

1. Bernapas Melalui Mulut

bau mulut pada anak

Foto: Raising Children

Saat anak bernapas melalui mulut, ini dapat membuat air liurnya menguap dan bisa membuat mulutnya kering. Alhasil, mulut menjadi kering dan mengurangi kemampuan mulutnya untuk membilas partikel makanan.

Bernapas melalui mulut biasa terjadi, namun tak hanya saat tidur, bernapas melalui mulut juga kerap dilakukan saat berolah raga ujar seorang dokter gigi di Klinik Cleveland seperti yang dikutip pada Health.com.

2. Abses dan Gigi Busuk

bau mulut pada anak

Foto: Healthline

Menyikat gigi rutin menjadi kurang efektif jika anak memiliki karies gigi. Selain itu, karies gigi pun dapat mempercepat proses pembusukan pada gigi karena menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan mikroba.

Karies gigi sendiri terjadi akibat penumpukan makanan di rongga-rongga gigi. Ada baiknya Moms membawa Si Kecil ke dokter gigi untuk memeriksa serta merestorasi gigi yang rusak sehingga ia terhindar dari bau mulut.

Baca Juga: Bau Mulut Jangan Dibiarkan! Bisa Jadi Gejala 4 Penyakit Ini!

3. Kebersihan Mulut yang Buruk

bau mulut pada anak

Foto: Fun Kids Live

Ada beberapa area di mulut yang dapat menjadi perangkap bagi makanan hingga dapat menyebabkan bau mulut pada anak. Makanan yang terjebak mengalami reaksi mikroorganisme dan menyebabkan bau mulut.

Area-area ini adalah permukaan gigi, alur dan ruang antara gigi dan gusi dan pori-pori pada permukaan lidah. Inilah alasan utama mengapa Moms dan Dads tidak boleh bosan mengingatkan serta mengajak Si Kecil untuk menyikat gigi lebih rajin.

4. Benda Asing

bau mulut pada anak

Foto: Cleveland Clinic

Faktor ini mungkin tidak menjadi pertimbangan Moms dan Dads. Tetapi, bau mulut pada anak memang bisa jadi akibat dari sesuatu yang tersangkut di saluran hidungnya.

Anak-anak yang sangat ingin tahu sering memasukkan benda kecil melalui lubang hidungnya. Sebut saja kacang, aksesoris mainan, bahkan makanan.

Dokter anak, William Sears, menjelaskan bahwa ketika suatu benda bersarang di saluran hidung anak, itu dapat menimbulkan bau tak sedap. Jika Moms curiga ini merupakan penyebab bau mulut pada anak, periksakan segera ke dokter untuk membantu mengeluarkannya.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Bayi Bau Mulut, Bahaya Bila Dibiarkan!

5. Infeksi

bau mulut pada anak

Foto: Mayo Clinic

Apakah Moms mendapati Si Kecil mengeluh sakit tenggorokan atau hidung tersumbat belakangan ini?

Mungkin ia mengalami infeksi sinus. Masalah sinus menyebabkan cairan berkumpul di saluran hidung dan tenggorokan, ini menjadikan tenggorokan anak menjadi tempat yang tepat bagi bakteri untuk berkumpul.

Bau mulut ini tidak bisa disembuhkan dengan menyikat gigi dan obat kumur saja. Jika Moms mencurigai adanya gejala sinusitis pada Si Kecil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Pada Anak

Dengan tidak mengabaikan beragam penyebab ini, maka Moms sudah membantu Si Kecil memiliki kepercayaan dirinya kembali.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait