Program Hamil

PROGRAM HAMIL
5 Oktober 2020

Apakah 7 Hari Setelah Berhubungan Bisa Diketahui Hamil? Begini Jawabannya

Jika masih ragu, ini penjelasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat sedang menanti kehadiran buah hati, kita pasti tak sabar rasanya ingin segera melakukan tes kehamilan. Mungkin Moms bertanya-tanya dalam hati, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan test pack?

Apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil? Apakah bisa lebih cepat atau lebih lama dari itu?

Nah, sabar dulu, Moms. Untuk bisa mengetahui secara pasti apakah Moms positif sedang mengandung memang butuh waktu. Karena jika terlalu dini melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, hasilnya bisa jadi tidak akurat.

Sebelum mencari tahu lebij jauh, yuk simak penjelasan tentang proses terjadinya kehamilan berikut ini!

Baca Juga: Tanda Fisik Wanita Jika Pembuahan Telah Berhasil

Butuh Waktu Berapa Lama Sampai Bisa Dinyatakan Hamil?

apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil-1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak yang mengira bahwa 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil. Apakah benar demikian? Menurut laman WebMD, kehamilan merupakan proses yang cukup kompleks dan terdiri dari beberapa proses:

1. Ovulasi

Setiap bulannya, di dalam ovarium akan ada sekelompok sel telur yang mulai tumbuh dalam kantung kecil berisi cairan yang disebut folikel.

Ovulasi merupakan proses saat salah satu sel telur yang matang keluar dari folikel. Ovulasi biasanya terjadi sekitar 2 minggu sebelum waktu haid berikutnya.

Selanjutnya, dinding rahim mulai menebal untuk mempersiapkan ekosistem yang cocok bagi sel telur menempel.

Setelah sel telur dilepaskan, ia akan berpindah menuju ke tuba falopi dan bertahan di sana selama kurang lebih 24 jam. Jika sel telur yang sudah matang tersebut dibuahi leh sel sperma, maka terjadilah pembuahan.

Namun jika tidak, sel telur akan luruh bersama prnrbalan dinding rahim dalam proses menstruasi.

2. Pembuahan

Pembuahan bisa berlangsung sangat cepat. Sesaat setelah sel sperma mencapai indung telur, sel telur akan langsung berubaha dalam hitungan jam untuk menceah sel sperma lainnya masuk.

Begitu terjadi pembuahan, maka gen dan jenis kelamin bayi sudah ditetapkan. Jika sperma memiliki kromosom Y, bayi akan berjenis kelamin laki-laki.

Jika memiliki kromosom X, maka bayi berjenis kelamin perempuan. Hingga pada proses ini, biasanya kehamilan belum dapat dideteksi secara akurat.

3. Implantasi

Untuk mengetahui apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil, penting mengetahui bahwa sel telur yang telah dibuahi akan tetap berada di tuba falopi selama sekitar 3 hingga 4 hari.

Tetapi dalam waktu 24 jam setelah dibuahi, ia mulai membelah dengan cepat dan berkembang menjadi zigot sambil bergerak perlahan dari tuba falopi menuju rahim.

Selanjutnya sel telur menempel pada dinding rahim atau yang disebut implantasi.

Saat implantasi berlangsung, 30 persen wanita mengalami spotting atau keluarnya bercak darah berwarna cokelat atau merah muda selama 1 atau 2 hari.

Lapisan rahim menjadi lebih tebal dan leher rahim tertutup oleh lendir untuk menjaga posisi janin tetap pada tempatnya hingga ia lahir.

Dalam waktu 3 minggu, sel-sel tersebut mulai tumbuh sebagai gumpalan, dan sel saraf pertama bayi telah terbentuk. Kesimpulannya, proses kehamilan dapat memakan waktu 2-3 minggu setelah berhubungan intim.

4. Hormon Kehamilan

Setelah proses implantasi terjadi, barulah hormon kehamilan yang dikenal sebagai hCG ada dalam darah ibu. Ini adalah hormon yang terdeteksi dalam tes kehamilan.

Namun, beberapa alat tes kehamilan yang sangat sensitif dapat mendeteksi hCG segera 7 hari setelah ovulasi. Di waktu ini pula Moms akan mulai mengalami gejala awal kehamilan yang umumnya terjadi seperti morning sickness.

Baca Juga: 7 Cara Berhubungan Intim Agar Cepat Kontraksi, Coba Moms!

Apakah 7 Hari Setelah Berhubungan Bisa Diketahui Hamil?

apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil-2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam studi tahun 2003 yang diterbitkan pada jurnal Human Reproduction, mengatur waktu berhubungan dapat membantu wanita mendapatkan peluang kehamilan.

Lalu, apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil?

Idealnya, kehamilan baru dapat diketahui 2-3 minggu setelah berhubungan. Jika ingin mendapatkan hasil yang akurat, Moms bisa tunggu hingga waktu menstruasi terlewat.

Namun, adakah peluang 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil?

Dilansir She Knows, Lori Hardy, MD, dokter kandungan dan ginekolog. di Northwestern Medicine, mengatakan waktu paling dini untuk melakukan tes kehamilan di rumah adalah tujuh hingga 10 hari setelah ovulasi.

Dengan catatan pasangan melakukan hubungan intim sekitar 24-72 jam sebelum waktu ovulasi tiba.

“Melakukan tes lebih awal dari waktu tersebut mungkin akan memberikan hasil negatif yang salah. Oleh karena itu, sejauh mungkin setelah berhubungan seks Anda dapat mengetahui bahwa Anda hamil adalah 10 sampai 14 hari,” jelasnya.

Baca Juga: Berhubungan Saat Masa Subur Apakah Pasti Hamil? Ini Faktor yang Menentukan!

Seperti Apa Tips Agar Hasil Tes Kehamilan Akurat

apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil-3

Foto: Orami Photo Stock

Nah, kini Moms sudah tahu informasi tentang apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil.

Tinggal memutuskan apakah mau menunggu hingga waktunya tepat untuk melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

Pemakaian home pregnancy test atau test pack sebenarnya memang sederhana. Namun kalau tak digunakan dengan semestinya, hasil yang keluar bisa saja tidak akurat.

Nah, berikut lima tips yang bisa Moms lakukan agar hasil tes kehamilan akurat dilansir dari Very Well Family.

1. Gunakan Test Pack pada Urin Pertama di Pagi Hari

Urin pertama di pagi hari biasanya mengandung kadar hCG atau hormon kehamilan paling tinggi. Hal ini memungkinkan test pack memberikan hasil lebih akurat.

Apakah untuk mendapat hasil akurat tes harus selalu dilakukan saat pagi hari?

Sebenarnya tidak juga, beberapa sumber menyatakan kalau menahan buang air kecil selama minimal empat jam memiliki kandungan hormon yang sama seperti pada urin pagi hari.

2. Baca Instruksi Pemakaian

Membaca test pack sebagai cara mengetahui apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil juga perlu mengikuti instruksi pemakaian.

Salah satu kesalahan paling umum adalah tergesa-gesa melakukan test pack tanpa membaca istruksi pemakaian.

Padahal setiap merk dan jenis test pack bisa jadi memiliki cara penggunaan berbeda, sehingga jika tidak melakukan prosedur penggunaan yang sesuai, hasilnya justru tidak akurat atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Jadi, pastikan lagi bagaimana cara penggunaannya dan jangan bergantung terhadap pemakaian produk sebelumnya saja.

Hal ini juga akan memberikan informasi soal berapa lama Moms harus menunggu hasilnya dan kapan hasil tes tidak lagi valid untuk dibaca.

3. Gunakan Cup untuk Menampung Urin

Beberapa alat test pack dirancang untuk bisa langsung digunakan atau ditempelkan pada aliran air seni saat berkemih.

Tapi kalau Moms tidak yakin akan bisa melakukannya secara tepat, tak ada salahnya menggunakan cup atau gelas untuk menampung urin terlebih dahulu lalu menvelupkan ujung alat ke dalamnya.

Baca Juga:

4. Hitung Waktu Secara Akurat

Durasi munculnya hasil tes kehamilan bisa berbeda-beda pada setiap alat. Jadi jangan dikira-kira ya, Moms, apalagi kalau Moms ingin mencari tahu apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil.

Saat menunggu pasti waktu terasa lebih lama dan membuat kita tidak sabar ingin cepat-cepat melihat hasilnya.

Hitung waktu tunggunya dengan presisi menggunakan jam atau timer.

Karena perbedaan satu menit saja bisa berpengaruh pada terang tidaknya garis di test pack, terutama jika Moms mencoba melakukan tes kehamilan lebih awal sebelum ketahuan terlambat datang bulan.

5. Lakukan Lebih dari Satu Kali Tes dengan Alat Berbeda

Sampel urin dari wanita yang tidak hamil mengandung kurang dari 5 mIU/mL hCG. Namun, begitu dia hamil, kadar hCG-nya cenderung meningkat cukup cepat pada kehamilan normal.

Pada saat menstruasi akan tiba, kadar hCG diperkirakan meningkat jadi sekitar 50-250 mIU/mL. Selama trimester pertama, kadar hCG cenderung meningkat dua kali lipat setiap 48-72 jam.

Beberapa jenis tes kehamilan sangat sensitif dan dapat dengan mudah mendeteksi kadar hCG terendah (12,5 mIU/ml) dalam urin.

Test pack dengan sensitivitas tinggi seperti ini bisa digunakan kalau ingin membuktikan apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil. Namun dengan catatan kemungkinan hasil akuratnya kecil.

Sedangkan alat test pack lain baru mendeteksi kadar hCG hingga sekitar 25 hingga 50 mIU/mL dalam urin. Jenis alat ini baiknya digunakan saat sudah terlambat menstruasi minimal satu hari.

Kalau Moms baru saja mengalami keguguran atau baru saja melahirkan, Moms akan cenderung mendapat hasil positif palsu. Sehingga disaranan menggunakan alat dengan deteksi kadar hCG yang lebih tinggi.

Jika Moms benar-benar menginginkan hasil tes kehamilan di rumah yang paling akurat, Moms memang perlu ekstra sabar.

Dr. Hardy mengatakan akan ada kemungkinan mendapatkan hasil test pack yang lebih tepat jika menunggu sampai hari pertama menstruasi yang terlewat.

Untuk test pack menggunakan urin, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara tes kehamilan yang dilakukan di rumah dengan tes urin di rumah sakit.

“Tes darah di ruang praktek dokter akan menjadi yang paling akurat untuk deteksi dini kehamilan. Namun, dalam kebanyakan kasus, dengan sensitivitas tes kehamilan urin modern, tes darah umumnya tidak diperlukan untuk mendeteksi kehamilan," ujarnya.

Jadi, Moms boleh mencoba melakukan cek darah untuk memastikan apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai apakah 7 hari setelah berhubungan bisa diketahui hamil. Jika ingin melakukan program hamil dan ingin mengetahui lebih lanjut, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan, ya.

Artikel Terkait