Kesehatan

KESEHATAN
12 Oktober 2020

10 Manfaat Garam Himalaya yang Katanya Lebih Sehat dari Garam Biasa

Apakah benar-benar memberikan manfaat lebih dari garam dapur biasa?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Komponen garam banyak digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan. Tentunya, Moms biasa menggunakan garam dapur yang bisa didapatkan dengan mudah di warung, supermarket, atau pasar.

Namun, Moms mungkin pernah mendengar garam Himalaya, yang dianggap memiliki kelebihan lain dibanding dengan garam biasa, karena didapatkan di Himalaya, Pakistan.

Lalu, apa sebenarnya yang membedakan garam Himalaya dengan garam biasa? Cari tahu penjelasan lebih jelasnya berikut ini.

Baca Juga: Tak Bisa Sembarangan, Ternyata Segini Takaran Garam yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya

Himalayan salt atau garam Himalaya merupakan garam berwarna merah muda yang diekstrak dari tambang garam Khewra, berlokasi di Himalaya, dekat Pakistan.

Tambang garam ini merupakan salah satu tambang terbesar dan tertua di dunia.

Jenis garam yang dipanen di tambang ini dipercaya terbentuk jutaan tahun lalu dari penguapan air laut. Garam ini dipanen secara manual dan tidak melewati proses penambahan zat-zat aditif. Sehingga, ia lebih natural daripada garam meja.

Seperti halnya garam meja, garam Himalaya terdiri dari sodium klorida. Namun, garam Himalaya yang merupakan garam tambang ini mengandung mineral dan elemen lain yang tidak ditemukan di garam meja biasa.

Peneliti menghitung terdapat 84 mineral dan zat lain yang tidak ditemukan di garam meja biasa dalam garam Himalaya. Bahkan, mineral tersebutlah yang memberikan warna merah muda di garam tersebut, terutama zat besi.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Moms Harus Minum Air Mineral Sebelum Tidur!

Mengutip Medical News Today, garam Himalaya secara kimiawi mirip dengan garam meja, dengan kandungan hingga 98 persen natrium klorida, dan sisanya terdiri dari mineral seperti potasium, magnesium, dan kalsium.

Mineral ini menjadikan warna garam yang tampak merah muda, dan juga menjelaskan mengapa garam Himalaya rasanya berbeda dari garam meja biasa.

Namun, karena garam Himalaya ditambang dengan tangan dan ditumbuk, tanpa menggunakan instrumen logam untuk mencemari komposisinya, banyak orang berpendapat bahwa garam Himalaya lebih alami daripada garam laut.

"Garam Himalaya memiliki mineral yang lebih banyak daripada garam laut. Garam laut mengandung 72 partikel, sedangkan kandungan mineral pada garam Himalaya merah muda memiliki semua 84 elemen penting yang diperlukan oleh tubuh," jelas Dr. William Li, penulis buku 'Eat To Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself' mengutip Reader's Digest.

Tapi apakah benar garam Himalaya dikatakan lebih dehat dibandingkan dengan garam dapur biasa?

Sayangnya, terlepas dari kandungan komposisi mineral yang lebih banyak, penggunaan garam Himalaya juga tidak lebih baik dari garam biasa.

Menurut Cleveland Clinic, dari mana pun asalnya, garam mengandung jumlah natrium klorida yang sama. Natrium klorida merupakan 'pelaku' dari risiko serangan jantung dan stroke.

Dalam Journal of American Heart Association, disebutkan bahwa asupan garam berlebih (natrium klorida) memiliki peran utama terhadap kenaikan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 6 Cara Alami Sembuhkan Penyakit Gondok Pada Anak

Sebagaimana potassium, mineral lain di dalam garam Himalaya juga ditemukan dalam jumlah kecil sehingga tidak ada manfaat tertentu yang bisa didapatkan dari mengganti garam meja dengan garam Himalaya

Walau hasil riset membuktikan bahwa garam Himalaya tidak seberkhasiat itu, banyak orang yang masih percaya bahwa garam ini memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Beberapa klaim kesehatan garam Himalaya yang ramai terdengar biasanya:

Penggunaan terapi penguapan dengan garam Himalaya sebagai alternatif pengobatan untuk berbagai penyakit paru-paru telah dievaluasi dalam beberapa penelitian.

Hasilnya menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa manfaat, tetapi secara keseluruhan, dikutip dari National Library of Medicine, penelitian yang lebih ketat diperlukan untuk menyelidiki efektivitasnya.

Sebagai contoh, para peneliti telah menemukan bahwa diet rendah garam dapat menyebabkan masalah tidur dikutip dari The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Ini menunjukkan bahwa jumlah garam yang cukup mungkin diperlukan untuk kualitas tidur. Namun, penelitian ini tidak meneliti garam Himalaya dan kemungkinan fungsi natrium klorida dalam garam apa pun.

Juga, mineral dalam garam Himalaya tidak hadir dalam jumlah yang cukup besar untuk memiliki efek pada keseimbangan pH tubuh. Paru-paru dan ginjal kita mengatur pH tubuh kita dengan ketat tanpa bantuan garam Himalaya merah muda.

Selain itu, kadar gula darah, penuaan dan libido semuanya dikendalikan terutama oleh faktor-faktor selain garam dalam makanan Moms, dan tidak ada studi ilmiah yang menyarankan bahwa makan garam Himalaya merah muda dapat menguntungkan aspek-aspek kesehatan kita .

Demikian pula, tidak ada penelitian yang membandingkan efek kesehatan dari garam Himalaya dan garam meja biasa. Jika penelitian memang ada, kemungkinan besar tidak ada perbedaan dalam efek kesehatan keduanya.

Baca Juga: 5 Tanda Ibu Hamil Kekurangan Yodium, Waspada!

Manfaat Garam Himalaya

manfaat garam himalaya

Foto: Orami Photo Stock

Garam kristal Himalaya mengandung mineral tertentu seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang membuatnya sangat berharga. Hal ini diyakini mengandung sebanyak 84 mineral!

Berikut adalah manfaat kesehatan luar biasa dari garam Himalaya yang harus Moms ketahui.

1. Satu-satunya Air untuk Membuang Racun

Cara terbaik untuk merasakan manfaat garam Himalaya adalah dengan membuatnya dalam larutan air. Ini adalah air yang sepenuhnya jenuh dengan garam alami.

Ambil cangkir dan isi 1/4 nya dengan garam Himalaya. Kemudian tambahkan air ke atasnya hingga penuh.

Tutup dengan penutup dan diamkan semalaman.

Pada pagi hari, garam akan larut dalam air dan jika ada sisa garam di dasar toples, ini menandakan bahwa air telah menyerap semua garam sepenuhnya dan benar-benar jenuh. Sekarang, campurkan 1 sendok teh air ini ke dalam segelas air biasa dan konsumsi setiap pagi.

Minum air ini membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh, membuang racun, meningkatkan energi kita dan membuat Moms terhidrasi setiap saat.

Secara ilmiah, ion bermuatan negatif dalam garam murni dan jejak mineral masuk ke dalam sel dan menarik racun dari mereka.

2. Mengatur Gula Darah dan Keseimbangan Hormonal

Dosis harian garam Himalaya dapat memastikan aliran cairan yang tepat di dalam tubuh.

Keseimbangan mineral dan hormon yang baik, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Jadi Moms harus coba meminumnya ya.

Baca Juga: Resep: Chocolate & Salted Caramel Mug Cake

3. Meningkatkan Pencernaan

Proses pencernaan sebenarnya dimulai di mulut dan garam Himalaya dapat membantu mengaktifkan kelenjar ludah kita yang melepaskan amilase (enzim yang membantu mencerna karbohidrat).

Kemudian, di dalam perut, ia merangsang asam klorida serta enzim yang mencerna protein dan selanjutnya membantu dalam pemecahan makanan.

4. Terapi Garam untuk Masalah Pernapasan

Terapi garam adalah proses yang memanfaatkan garam Himalaya murni untuk mengobati penyakit pernapasan.

Dalam beberapa kasus penghirup garam digunakan untuk hal yang sama sementara di kasus lain, orang tersebut disuruh duduk di ruangan yang penuh dengan udara kaya garam.

Ketika udara asin ini dihirup, partikel berjalan melalui seluruh sistem pernapasan dan sifat antibakteri dan antimikroba garam membersihkan paru-paru dan sinus kita.

Terapi garam juga digunakan untuk mengobati alergi musiman dan hidung tersumbat.

Moms juga dapat menggunakan panci dengan bantuan air hangat yang diberik garam, lalu dihirup dan mengalir melalui rongga hidung dan membersihkannya.

Garam Himalaya membunuh bakteri dan mengikat kontaminan untuk menghilangkannya.

5. Mandi Berendam

Merendam tubuh kita dalam air garam Himalaya dapat melakukan keajaiban untuk meremajakan kulit kita.

Melalui proses penyerapan dermal, kulit Moms menyerap semua mineral yang memberikan manfaat berbeda.

Misalnya, kromium melawan jerawat, seng mencegah rasa takut, dan sulfur membuat kulit kita halus.

Magnesium yang diserap melalui garam Himalaya dapat membantu menenangkan otot dan jaringan lunak yang kram. Tambahkan sedikit air hangat agar terasa segar dan berenergi.

6. Lampu Garam Himalaya untuk Menjernihkan Udara

Garam Himalaya juga dibuat dalam bentuk lampu. Lampu garam Himalaya yang indah tidak hanya menambah keindahan pada sudut-sudut kotor rumah kita, tetapi juga berfungsi ganda sebagai pembersih udara (yang sangat dibutuhkan).

Lampu-lampu ini menarik kelembapan dari udara dan karena panasnya permukaan, air menguap dengan cepat.

Proses penguapan menghasilkan ion negatif yang bereaksi dengan serbuk sari, debu, kotoran, polutan, dan alergen yang membawa muatan positif dan menetralkannya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Gampang Banget!

7. Garam Himalaya Merah Muda Bisa Merangsang Seks Lebih Baik

Dengan semua gangguan dalam kehidupan kita sehari-hari, kita cenderung lupa untuk menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan libido.

Garam Pink Himalaya hadir dengan kandungan selenium, seng, dan magnesium yang tinggi.

Dan ketiga elemen ini memainkan peran penting dalam meningkatkan libido. Mereka sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan seks kita.

Garam Pink Himalaya dalam larutan uap panas memiliki kemampuan untuk meningkatkan aspek tubuh kita lebih dari yang dapat Moms bayangkan.

Kesimpulannya, meningkatkan jumlah mineral libido yang sangat dibutuhkan seperti magnesium, seng, dan selenium sangat penting untuk kehidupan seks yang sehat dan aktif.

Dan garam Himalaya merah muda memberi tubuh nutrisi ini.

Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan

garam himalaya untuk kesehatan tubuh

Foto: jenreviews.com

Garam Himalaya ini tidak hanya menyediakan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ia juga mengandung banyak manfaat untuk kecantikan kulit kita lho.

8. Membuat Kulit Terasa Lembut dan Halus

Penggunaan garam yang paling populer dalam perawatan kulit adalah untuk pengelupasan kulit.

Tidak hanya secara fisik mengelupas sel-sel kulit mati, tetapi garam itu sendiri membuat kulit kita terasa sangat lembut dan lebih halus.

9. Menjadikan Wajah Lebih Segar

Pesta makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat kita merasa kembung dan sedikit bengkak. Tenang, garam Himalaya adalah solusinya.

Jika kulit Moms membutuhkan penyegaran yang baik agar terlihat awet muda, cobalah perawatan wajah garam Himalaya.

10. Dibutuhkan Pembersihan yang Lebih Dalam

Bahkan jika Moms merasa kulit sudah bersih, garam Himalaya bisa semakin meningkatkan kebersihannya. Garam menyerap kotoran dan racun selain memiliki sifat antibakteri alami.

Itu dia Moms berbagai manfaat garam Himalaya untuk kesehatan tubuh kita dan juga kecantikan. Namun ingat, garam biasa juga tidak boleh dilupakan ya Moms.

Artikel Terkait