Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Sushi?

Bagikan



Apakah ibu hamil boleh makan sushi? Pertanyaan tentang sushi ini bisa jadi pertanyaan pertama yang ada dalam benak Moms setelah dinyatakan hamil. Bukan Moms saja kok yang punya pertanyaan itu, hampir semua ibu hamil menanyakan hal serupa.

Banyak orang bilang bahwa sushi adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Kesehatan janin jadi alasan utamanya. Kebanyakan orang berpikir sushi identik dengan sajian ikan mentah yang memang seharusnya dihindari oleh ibu hamil. Ikan mentah konon membawa banyak bakteri yang bisa membahayakan janin.

Dikutip dari Thebump.com, Food and Drug Administration (FDA), American College of Obstetrician and Gynecologist (ACOG), dan beberapa asosiasi medis lainnya menyatakan bahwa ikan mentah, yang menjadi salah satu bahan sushi, mengandung parasit dan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi dan berpotensi membahayakan janin.

Baca Juga : 5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu Hamil Rentan Terpapar Parasit dan Bakteri

ibu hamil makan sushi, efek makan sushi saat hamil
Dokter Kandungan di Banner-University Medical Center Phoenix Candice Wood mengatakan, saat hamil, sistem imun seseorang akan melemah.

Tidak mengherankan, ibu hamil jadi lebih rentan terpapar bakteri dan parasit yang terdapat pada ikan mentah atau ikan yang tidak diolah dengan baik. Wood juga mengatakan, kualitas dari restoran sushi memengaruhi pengolahan sushi yang baik atau tidak.

“Tapi tentu tidak ada garansi ibu hamil aman mengonsumsi sushi. Demi keamanan, ibu hamil memang harus menghindari ikan mentah,” jelas dia.

Meskipun banyak yang bilang sushi harus dihindari oleh ibu hamil, nyatanya banyak jenis sushi yang masih bisa dikonsumsi kok Moms. Sushi roll yang dimasak, tempura, dan menu sushi lainnya yang telah melalui proses pemanasan minimal 67 derajat Celsius aman untuk dikonsumsi ibu hamil..

Ibu Hamil Bisa Makan Sushi Mentah

sushi, ibu hamil makan sushi

Dikutip dari Parents.com, Direktur Departemen Obstetri dan Kepala Bagian Persalinan dan Kelahiran Cornell Medical Center Dr Amos Grunebaum mengatakan bahwa mengonsumsi sushi mentah tidak apa-apa.

Menurutnya, di Jepang, ikan mentah malah dipercaya sebagai sumber nutrisi yang baik untuk bayi dalam kandungan. Tapi tentu saja ikan-ikan yang tidak memiliki kandungan merkuri tinggi.

Salmon, lanjur Dr Amos, salah satu jenis ikan yang bisa dan tidak berbahaya dikonsumsi mentah oleh ibu hamil. Salmon tambak yang umumnya digunakan untuk sushi berbeda dengan salmon liar. Salmon tambak ini jarang sekali terpapar parasit.

Salmon yang akan diolah menjadi sushi pun umumnya dibekukan saat didistribusikan ke restoran sushi. Proses pembekuan ini juga akan membunuh parasit, sama seperti saat proses pemasakan dengan suhu tinggi.

Sushi dari Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi Harus Dihindari

sushi mentah, efek ibu hamil makan sushi mentah

Beberapa jenis ikan yang digunakan untuk sushi memang mutlak harus dihindari oleh ibu hamil, meskipun sudah dimasak dengan benar.

Ikan-ikan seperti bigeye, tuna sirip kuning, ikan cucut, dan ikan marlin harus hindari karena kandungan merkurinya yang tinggi. Ikan-ikan itu juga mengandung racun logam yang bisa menyebabkan cacat lahir, cacat otak, kebutaan, dan ketulian pada bayi.

Itulah beberapa fakta mengenai sushi yang wajib Moms ketahui. Oh iya, jangan lupa juga konsultasikan dengan dokter kandungan jika kurang yakin ya Moms.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.