Newborn

NEWBORN
1 April 2019

Apakah Pisang Bisa Sebabkan Alergi Pada Bayi?

Beberapa menunjukkan gejala yang cukup serius
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kebanyakan orang tua memperkenalkan pisang sebagai MPASI pertama untuk buah hatinya.

Bayi memang menyukai rasa pisang yang manis. Terlebih lagi buah yang satu ini mengandung berbagai macam gizi dan vitamin yang sangat baik untuk perkembangan bayi.

Namun, tidak semua bayi bisa makan pisang karena mungkin memiliki reaksi alergi setelah memakannya. Mengapa bayi alergi pisang? Bagaimana cara mengatasinya?

1. Alergi Pisang Pada Bayi

Alergi pisang adalah alergi bayi yang tidak umum atau jarang ditemukan. Bayi akan mengalami alergi pisang jika sistem kekebalannya hipersensitif terhadap protein tertentu yang terdapat di dalam pisang.

Ketika bayi alergi pisang, maka ini berarti bahwa sekali saja ia mengonsumsinya, tubuhnya akan langsung menyerang asupan makanan tersebut untuk melindungi sistem pencernaan.

Caranya adalah dengan mengirimkan sel darah putih. Hal inilah yang kemudian memicu reaksi alergi eksternal pada bayi.

2. Penyebab Alergi Pisang Pada Bayi

Beberapa penyebab bayi alergi pisang antara lain adalah:

- Intoleransi protein

Seperti yang telah disampaikan di atas, alergi pisang umumnya disebabkan karena intoleransi terhadap protein di dalam pisang yang disebut chitinase.

Sistem kekebalan tubuh bayi bisa jadi hipersensitif terhadap protein ini sehingga menyebabkan reaksi alergi ketika makan pisang.

- Amina vasoaktif

Pisang mengandung zat yang dikenal sebagai amina vasoaktif yang mirip dengan histamin dan terjadi secara alami.

Jika sistem metabolisme bayi tidak dapat mengoksidasi enzim, maka amina vasoaktif pada pisang dapat menyebabkan alergi pada bayi.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

3. Alergi Pisang Berkaitan dengan Alergi Latex

“Bayi alergi terhadap lateks karena sistem kekebalan tubuhnya bereaksi terhadap protein tertentu dalam lateks. Protein itu sebenarnya sangat mirip strukturnya dengan protein yang ditemukan di beberapa makanan nabati, seperti pisang, alpukat, kiwi, pepaya, tomat, paprika, dan kentang. Ini disebut sebagai reaktivitas silang,” kata Dr. Sharma, Kepala Divisi Alergi dan Imunologi di Children’s Medical Center di Washington D.C, seperti dikutip dari Allergic Living.

Lebih lanjut, Dr. Sharma menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh mungkin mengalami reaktivitas silang dengan makanan nabati secara struktural yang mirip dengan reaksi terhadap lateks.

Berdasarkan beberapa penelitian, sekitar sepertiga hingga setengah bayi dengan alergi lateks memiliki reaksi alergi terhadap salah satu makanan nabati yang ia sebutkan, terutama buah-buahan segar (latex-fruit syndrom).

Risiko reaksi itulah yang menjadi alasan menghindari buah-buahan dan sayuran tertentu sangat disarankan terhadap pengidap alergi lateks.

4. Gejala Alergi Pisang Pada Bayi

Melansir Healthline.com, tanda-tanda alergi pertama akan muncul segera setelah bayi makan atau mencicipi pisang, tergantung pada tingkat keparahan alerginya.

Beberapa bayi juga mendapat reaksi alergi ketika menyentuh atau bersentuhan dengan pisang. Adapun beberapa tanda atau gejala alergi pisang pada bayi antara lain:

- Gatal-gatal

- Mata bengkak, gatal, atau merah

- Pilek atau bersin-bersin

- Sesak napas

- Sakit perut, muntah, atau diare

Baca Juga: Moms, Waspadai 4 Makanan Pemicu Alergi Pada Balita Ini

5. Bagaimana Cara Menangani Bayi Alergi Pisang?

Jika Moms menemukan tanda alergi pisang pada Si Kecil, segera hubungi dokter.

Bayi yang hanya mengalami reaksi kecil terhadap pisang, biasanya tetap boleh mengonsumsi pisang dengan porsi yang sangat kecil yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Karena pisang yang sudah dimasak jauh lebih aman dibandingkan pisang yang masih segar.

Namun, bayi dengan reaksi alergi yang lebih parah seperti mengalami pembengkakan di wajah, lidah, atau menderita masalah kardiovaskular, mungkin disarankan untuk tidak mengonsumsi pisang.

Jadi, Moms perlu memastikan bahwa makanan yang Moms siapkan atau dibeli untuk buah hati tidak mengandung pisang. Meskipun hanya sekadar perasa.

Moms dapat memberikan MPASI lainnya seperti wortel kukus atau ubi jalar yang lebih aman bagi bayi dengan alergi pisang.

(RGW/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait